Huawei P9 Lite VS Oppo F1s: Perebutan Gelar Selfie Expert di Kelas Menengah

Huawei P9 Lite VS Oppo F1s: Perebutan Gelar Selfie Expert di Kelas Menengah

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 23 Sep 2016 | 17:55

Setelah menantikan cukup lama, Huawei P9 Lite akhirnya resmi dipasarkan di Indonesia. Ponsel Android terbaru dari Huawei ini hadir untuk mengisi segmen pasar smartphone kelas menengah di Indonesia. Huawei sendiri mengandalkan sektor kamera yang berkualitas dalam seri ini untuk menarik pasar Indonesia. Huawei bahkan menggunakan kamera depan 8 MP sehingga cukup baik saat digunakan berselfie.

Hal ini tentu menarik, pasalnya di kelas yang sama, Oppo menghadirkan varian Oppo F1s. Varian ponsel Android terbaru ini hadir dengan keunggulan kamera yang juga berkualitas. Huawei bahkan menggunakan kamera depan 16 MP yang tentu saja membuat pengguna bisa selfie dengan lebih detail dan jelas.

Tentu akan sangat menarik bisa membandingkan dua ponsel Android kamera ini. Berikut ulasan perbandingan Huawei P9 lite dan Oppo F1s:

Desain

Via AndroidPit

Secara garis besar kedua ponsel hadir dengan desain elegan dan solid. Huawei P9 Lite sendiri tidak berbeda jauh dengan varian P9. Meski tidak semewah saudaranya, ponsel ini menggunakan bodi metal dan dilengkapi tombol on screen sehingga kian minimalis. Untuk dimensi, Huawei memiliki ukuran tebal 7,5 mm dan berat hanya 147 gram.

Via thegioididong

Oppo F1s juga tidak kalah mewah serta elegan dibanding varian Oppo F1. Oppo menggunakan bodi metal dan dimensinya cukup nyaman digenggam. Dibagian bawah layar, terpasang tombol Home yang juga responsive. Untuk dimensi, ponsel bodi metal ini hanya setebal 7,38 mm dan berat 160 gram.

Layar

Bicara layar, Huawei mengusung layar yang cukup kompak yakni 5,2 inci. Layar ini sudah disokong teknologi IPS dan resolusi Full HD sehingga bisa menampilkan gambar dan video yang cukup detail. Layar ini memang mengikuti tren pasar tahun 2016 ini. Layarnya juga sudah disokong anti gores.

Oppo menggunakan layar yang cukup lebar yakni 5,5 inci. Layar ini sudah disokong teknologi IPS dan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Layar ini kian unggul dengan dukungan 2,5D Curved Glass dan pelindung anti gores Gorilla Glass 4.

Dapur pacu

Membandingkan pada bagian dapur pacu, Huawei P9 Lite dan Oppo F1s hadir menggunakan mesin yang tidak jauh berbeda. Huawei menggunakan chipset Kirin 650. Prosesor Octa-core berkecepatan 1,7 Ghz ini akan disokong RAM 3 GB dan GPU Mali T830. Tentu performanya cukup baik saat multitasking. Ponsel Android selfie ini kian unggul dengan terpasangnya sistem operasi Android Marshmallow.

Menengok bagian mesin Oppo F1s, Oppo memasang chipset mediatek MT6750. Prosesor octa-core berkecepatan 1,5 Ghz ini akan disokong RAM 3 GB dan GPU Mali T860. Prosesor ini membuat kinerjanya cukup untuk membuka banyak aplikasi. Sayangnya, ponsel Android terbaru ini hanya menggunakan sistem Android Lollipop 5.1.

Memori internal

Huawei P9 Lite menggunakan memori penyimpanan 16 GB dan slot microSD. Hal ini membuat pengguna bisa menyimpan data seperti foto dengan lebih banyak. Namun, Oppo F1s hadir dengan memori internal 32 GB dan slot microSD. Pengguna bisa menyimpan file video dan musik dengan lebih banyak.

Kamera

Kedua ponsel terbaru ini memang dihadirkan untuk bersaing di pasar ponsel Android kamera. Huawei P9 Lite menggunakan kamera utama 13MP dan kamera depan 8MP. Berbagai fitur dukungan disematkan di kamera utama ini seperti sensor BSI dan autofocus terbaik.

Huawei bahkan menghadirkan berbagai mode yang  membuat kamera ini bisa memotret lebih professional. Untuk kamera depan, Huawei juga menggunakan sensor yang baik sehingga bisa menghasilkan selfie yang lebih jelas.

Oppo F1s hadir dengan kamera yang cukup superior. Smartphone 4G LTE ini menggunakan kamera utama 13MP dan kamera depan 16MP. Oppo memang fokus pada kamera depan yang kini menggunakan resolusi besar. KAmera ini membuat pengguna bisa berselfie dengan sangat detail. Oppo bahkan menghadirkan mode beauty yang membuat hasil foto selfie kian cantik.

Fitur lainnya

Pada bagian baterai, Huawei P9 Lite menggunakan baterai 3000 mAh. Sedangkan Oppo F1s menggunakan baterai 3075 mAh. Kedua ponsel juga sudah support 4G LTE dan dual SIM. Bedanya, Huawei masih menghadirkan fitur Radio FM, Oppo sudah menghilangkan fitur tersebut.

Kesimpulan

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset
Huawei P9 Lite Rp 3,350,000 LTE 2 GB 16 GB 5.2 inch 13 MP Non-removable 3000 mAh 6.0 Marshmallow HiSilicon Kirin 650
OPPO F1s RAM 3GB ROM 32GB Rp 3,100,000 LTE 1800 / 2100 / 2600 3 GB 32 GB 5.5 inch 13 MP Non-removable Li-Po 3075 mAh 5.1 Lollipop Mediatek MT6750

Dilepas dengan harga yang sama berkisar Rp3,8 juta, Huawei P9 Lite memang penantang serius Oppo F1s. Namun di atas kertas, dari sisi layar dan mesin, Huawei p9 lite lebih unggul. Ponsel Android Huawei ini memiliki layar yang lebih detail dan mesin yang lebih optimal. Sedangkan Oppo F1s unggul pada bagian layar yang lebar, memori internal yang besar hingga kamera. Oppo tampak cukup serius menghadirkan kamera depan yang berkualitas.

Baca juga artikel
Perbandingan Kamera Zenfone 3 VS Zenfone 2
Drop Test, iPhone 7 dan iPhone 6s, Seberapa Kuat iPhone Terbaru ini?
Perbandingan Phablet Samsung Terbaru, Samsung Galaxy On7 vs Samsung Galaxy J7 2016

Artikel Lainnya

Komentar