Perbandingan Kamera Zenfone 3 VS Zenfone 2

Oleh Tedi Yuni A on Kamis, 22 Sep 2016 | 12:27

Salah satu pembaharuan di ASUS Zenfone 3 adalah kameranya. Dalam tubuhnya kini tertanam ASUS PixelMaster 3.0 dengan sejumlah fitur untuk membantu pengguna mendapatkan fokus lebih cepat di berbagai kondisi, mengambil gambar lebih baik, lebih jernih, dan akurasi warna yang lebih tinggi.

Kamera ASUS Zenfone 3 menggunakan sistem TriTech auti-focus untuk mengoptimalkan pengambilan gambar,  yang mengombinasikan software ekslusif dengan tiga teknik independen mulai dari pendeteksi kontras untuk continuous focus, laser auto-focus generasi kedua dengan jarak fokus hingga 1,5 meter dan juga phase detection.

Ketiga teknologi focus ini ini jika dikombinasikan akan menghadirkan auto focus dengan kecepatan mencapai 0,03 detik dalam kondisi apapun.  Sistem mutakhir TriTech auto-focus juga memungkinkan pengguna mendapatkan auto-focus continuous pada objek yang bergerak.

Dengan adanya Electronic Image Stabilizer (EIS) untuk video dan Optical Image Stabilization (OIS) di foto, diklaim foto atau video tidak akan goyang maupun blur (tidak focus) bebas blur.

Pada ASUS Pixel Master 3.0, ASUS juga menanamkan teknologi Deep Trench Isolation yang mencegah partikel cahaya bocor dari satu pixel pada sensor ke tempat lainnya. menjadikan foto menjadi lebih detail.

Sensor pengoreksi warna yang tertanam pada Zenfone 3 akan mendeteksi obyek yang terlalu terang dan membuatnya terihat lebih natural pada hasil foto, ditambah dengan 4xSuper Resolution yang menciptakan sebuah foto tampil lebih detail dan real time HDR yang dapat memperlihatkan hasil foto HDR langsung pada layar sebelum Anda mengambilnya.

Harga di Pasaran Nama Produk Resolusi Kamera Flash Video Kamera Depan
Rp 2,675,000 Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB ROM 32GB 13 MP Ya 1080p@30fps 5 MP
Rp 4,111,000 Zenfone 3 ZE520KL RAM 4GB 16 MP Ya 1080p@30fps 8MP

Perbandingan Kamera Zenfone 3 dan Zenfone 2

Untuk mengetahui lebih jauh apa saja pembaharuan yang dilakukan pada kamera Zenfone 3, kami membandingkannya dengan generasi terdahulu, Zenfone 2.

Pertama kali masuk ke aplikasi kamera, tampak ikon mode kamera yang berubah karena memang menggunakan antar muka baru, ZenUI 3.0 yang berjalan di Android 6.0 Marshmallow. Kalau dulu ikonnya berbentuk kontak sekarang berbentuk lingkaran kecil.


mode camera pada Zenfone 3


mode camera pada Zenfone 2

Mode pengambilan gambar di Zenfone 3 jumlahnya sama dengan milik Zenfone 2, masih 20 moda terdiri dari Auto, Manual, HDR Pro, Beautification, Super resolution, Children, Low light, QR Code, Night,, Depht of field, Effect, Selfie, GIF Animation, Panorama, Miniature,Time Rewind,Smart Remove, All Smile,Time Lapse, Slow Motion.

Hanya saja ada beberapa peningkatan terutama di moda HDR yang berubah menjad HDR Pro sementara yang lainnya masih tetap sama.

ASUS menghilangkan moda pengambilan gambar PanoSphere, yang digantikan dengan Mode Children, untuk memotret balita. Menariknya, pada mode ini, ASUS menyertakan suara-suara hewan dan instrumen musik

Tentu saja fungsinya untuk menarik perhatian anak-anak agar ketika ingin di foto wajah mereka menghadap ke kamera. Selain itu ditambah shutter otomatis, yang akan secara langsung mengambil gambar ketika wajah si anak terdeteksi kamera.

Peningkatan lain yang kami temukan berada pada moda pengambilan gambar secara manual, dimana pada Zenfone 3 kini speed atau kecepatan bukaan lensanya mencapai angka 1/50000. Dengan kecepatan yang tinggi ini kita bisa membekukan obyek yang bergerak, misalnya ketika ingin motret mobil yang sedang melaju cepat, atau balapan motor dan lainnya.

Untuk speed rendahnya mencapai angka 32s, yang cocok digunakan untuk mengambil gambar long exposure, seperti memotret langit di malam hari. Dengan bantuan tripod foto, dijamin tidak akan goyang dan jangan lupa menyalakan fitur Optical Image Stabilization (OIS). Pada Zenfone 2 speed hanya berada pada rentang ½ hingga kecepatan tertinggi diangka 500.

Pengaturan ISO pada Zenfone 3


Pengaturan ISO pada Zenfone 2

Pada ISO, kepekaan kamera terhadap cahaya yang dulunya di Zenfone 2 hanya 50-800 kini pada Zenfone 3 ditingkatkan angkanya dari 50-3200. Dengan angka demikian hunting foto malam yang minim cahaya bisa diantisipasi, namun perlu diperhatikan agar penggunaannya sesuai aturan karena semakin tinggi ISO semakin banyak pula noise yang dihasilkan.

Kemudian, White Balance pada moda manual tidak mengalami peningkatan tetap pada angka 2500-6500K.

Resolusi pada kamera ASUS Zenfone 3 dan Zenfone 2

Resolusi kamera Zenfone 3

Bicara mengenai resolusi, ASUS Zenfone 3 kini memiliki resolusi kamera 16MP pada kamera belakang. Sensor kamera yang digunakan milik Sony, Exmor RS IMX298, bukaan lensa atau diagfragma F2.0 dan juga dilengkapi dengan laser/phase detection AF, optimize image stabilizer (4 axis), Dual Dual LED Flash, Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, dan HDR.

Untuk pengambilan video, ASUS Zenfone 3 dapat menghasilkan video dalam format 4K dan bisa dibilang ponsel ini sebagai ponsel dengan rekam video 4K paling murah yang saat ini ada di pasar Indonesia.

Lampu kilat pada Zenfone 3 membuat kombinasi sempurna dari cahaya putih dan kuning untuk menghasilkan foto dengan tonal alami sesuai obyek foto.

Resolusi kamera Zenfone 2

Untuk kamera depan, resolusi yang diusung adalah 8MP dengan bukaan diafragma f2.0 untuk memberikan cahaya lebih ketika foto dilokasi minim cahaya. Fitur yang diusung yakni beautification yang gunanya dapat mempercantik, dan menghalus wajah dari jerawat yang membandel.

Berikut hasil foto yang dihasilkan oleh Zenfone 3

HDR mode


HDR mode


Mode Depth of Field 


Mode Depth of Field


Flash on

Baca juga artikel:
Cara Mengaktifkan Fitur Fingerprints di ASUS Zenfone 3
ASUS ZenFone 3 5.5 ZE552KL VS Samsung Galaxy A7 (2016), Mana Lebih Unggul?
Resmi! Ini Daftar Harga ASUS Zenfone 3 di Indonesia

Artikel Lainnya

Komentar