Tips Mengecek Smartphone yang Tidak Mau Menyala

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 16 Sep 2016 | 15:30

Terkadang kamu terbangun dari pagi dan menemukan smartphone dalam kondisi mati. Jika kehabisan baterai, tentu kamu tinggal mencharge smartphone agar menyala. Namun, kadang-kadang ketika sudah di charge ternyata ponsel tidak mau menyala juga. Kamu jangan panik. Hal ini sering dijumpai oleh pengguna smartphone lainnya. Berikut ini Pricebook sajikan beberapa alasan dan tips mengecek smartphone yang tidak mau menyala.

Coba Charge Smartphone

Coba ingat kapan terakhir kali kamu mencharge smartphone. Alasan pertama smartphone yang tidak mau menyala tentu karena baterai yang kosong. Ingat, kamu harus mencharge smartphone beberapa menit agar ponsel bisa menyala kembali. Jika masih tidak mau menyala, coba lepas baterai smartphone dan kembali pasang dan charge smartphone. Jika masih belum bisa menyala, cek charger milikmu apakah masih berfungsi normal atau tidak.

Cek Layar

Ponsel kamu mungkin saja sudah menyala, namun layar ponsel yang tidak bekerja. Cara termudah untuk mengecek hal tersebut ialah kamu menekan lama tombol power untuk mematikan dan menyalakan ponsel. Coba dengar dengan seksama apakah ada suara atau getaran saat ponsel dinyalakan atau dimatikan. Jika memang ada, bisa dipastikan, ponsel milikmu sudah menyala hanya saja layarnya yang bermasalah.

Apakah Kamu Menjatuhkan Ponsel atau Ponsel Terkena Air?

Jika ponsel kamu terjatuh atau terkena air, bisa saja membuat ponsel tidak mau menyala. Jika ponsel jatuh atau terkena air bisa menyebahkan komponen didalam ponsel rusak bahkan menyebabkan konslet sehingga ponsel tidak bisa menyala sama sekali. Jika terkena air, kamu bisa sesegera mungkin melepas baterai ponsel dan mengeringkan smartphone. Jika sudah kering, coba pasang kembali baterai dan coba charge ponsel. Bila memang masih tidak bisa menyala, artinya ponsel harus di service.

Apakah Ada Bug Dalam Smartphone?

Terkadang kamu menemukan notifikasi aneh dalam smartphone. Saat kamu klik oke, ponsel malah merestart sendiri atau lebih parah lagi langsung mati. Ponsel pun tidak bisa menyala kembali. Jika memang demikian, ada bug atau masalah dalam software smartphone. Untuk solusinya, kamu bisa melakukan update sistem atau mengganti firmware. Kamu juga bisa melakukan factory reset untuk bisa mengembalikan ponsel menyala.

Semoga tips diatas bermanfaat.

Baca juga artikel:
5 Tips Dinginkan Smartphone yang Overheating
Tips Mengatasi Ponsel Android Overheat Akibat Bermain Pokemon Go
Tips Optimalkan Sistem Operasi Terbaru di Ponsel Android

Artikel Lainnya

Komentar