iPhone 7 Plus vs iPhone 6s Plus, Apa Saja yang Berubah? Mana yang Terbaik?

iPhone 7 Plus vs iPhone 6s Plus, Apa Saja yang Berubah? Mana yang Terbaik?

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 09 Sep 2016 | 11:49

iPhone 7 Plus akhirnya diperkenalkan dengan sejumlah fitur terbaru termasuk hadirnya dual kamera utama dan fitur anti air. Lalu, bagaimana dengan nasib iPhone 6s Plus? Apakah ponsel iOS terbaru ini memang hadir dengan perubahan yang berarti atau justru mengecewakan?

iPhone 7 Plus hadir dengan sederet perubahan hardware dan software. Jika kamu ingin sesuatu yang lebih segar tentu iPhone terbaru ini memang pilihan terbaik. Namun, jika kamu memiliki iPhone 6s plus jangan terlalu risau. Pasalnya, Apple juga akan menggulirkan sejumlah update sehingga iPhone generasi tahun lalu ini kian baik digunakan.

Lalu, bagaimana bila kedua ponsel iOS layar lebar ini dibandingkan? Apa saja yang berubah? Mana yang terbaik?

Desain

Apple memang tidak melakukan banyak perubahan desain dalam seri iPhone 7 Plus. Walaupun demikian, tetap saja desain perangkat ini lebih segar dengan pilihan warna baru. Secara keseluruhan, kedua ponsel hadir dengan bodi metal yang sama. Tidak hanya itu, dimensi pun juga sama tak berubah.

iPhone 7 Plus hadir dengan pilihan warna baru yakni black dan jet black. Sedangkan warna space grey dihilangkan. Namun, masih bisa ditemukan dalam seri iPhone 6s plus. Perbedaan yang mencolok dalam dua ponsel premium ini ialah hilangnya port 3,5 mm audio jack. Apple menghadirkan Lightning port dan adaptor tambahan untuk menggunakan headphones biasa.

Apple juga sudah menggunakan stereo speaker baru sehingga mampu menghasilkan suara yang lebih baik. Perubahan lainnya ialah Apple menghadirkan fitur anti air dan debu IP67. Jadi sepertinya, iPhone 7 Plus memang unggul dari sisi desain dibanding iPhone 6s Plus.

Layar

Pada bagian layar, kedua ponsel ini memang tidak terlalu banyak berubah. Apple menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Bedanya Apple sudah menggunakan teknologi wide color gamut yang membuat layar iPhone 7 plus lebih terang 25% dibanding iPhone 6s Plus.

Kedua layar ponsel Premium ini juga hadir dengan teknologi tinggi lainnya seperti 3D Touch yang membuat pengguna bisa menekan layar untuk melakukan navigasi yang berbeda-beda.

Mesin

Apple iPhone 7 Plus menawarkan mesin performa tinggi. Apple memasang prosesor quad-core A10. Dapur pacu ini menawarkan performa yang sangat cepat. Bila dibandingkan dengan prosesor dual core A9 dalam iPhone 6s plus, prosesor A10 lebih cepat 40 %. Prosesor ini juga diklaim lebih hemat daya hingga 15%. Untuk GPU, Apple memasang Hexa-core GPU yang lebih cepat 50% dibanding GPU lama.

Dengan spesifikasi ini jelas terlihat peningkatkan performa yang jauh. Apple tampaknya serius menjadikan iPhone 7 Plus sebagai phablet premium yang berkualitas.

Untuk sistem operasi, iPhone terbaru menggunakan iOS 10. Sistem ini juga akan segera hadir untuk perangkat iPhone 6s plus. Sekilas tidak ada perubahan berarti dalam sistem iOS baru dengan iOS 9. Namun, sistem yang baru diklaim mampu berinteraksi lebih baik. Tidak hanya itu, dengan hadirnya tombol home yang sensitive membuat iPhone 7 Plus semakin unik dan mudah digunkan.

Memori Penyimpanan

Apple juga menghadirkan memori internal yang lebih lega dalam iPhone terbaru ini. iPhone 7 plus hadir dengan pilihan memori mulai dari 32 GB, 128 GB hingga 256 GB. Bandingkan dengan iPhone 6s plus yang hanya dibekali memori internal 16 GB, 64 GB hingga 128 GB.

Kamera

Kamera iPhone 7 Plus memang menjadi ubahan paling serius dan penting dibanding iPhone 6s Plus. Dalam perangkat ini, Apple menggunak duak kamera 12 MP dengan teknologi OIS dan 4 LED Flash. Hal berbeda bila dibandingkan iPhone lama yang menggunakan kamera 12 MP dual LED dan OIS.

Kamera kedua dalam kamera utama iPhone 7 Plus bahkan dibekali fitur zoom yang mumpuni yakni 2 x optical zoom dan 6x digital zoom. Dengan tambahan 4 LED membuat LED lebih terang hingga 50% dan menjangkau lebih jauh. selain itu, kamera ini juga diklaim bisa fokus lebih cepat dan lebih hemat daya.

Untuk kamera depan, Apple menggunakan kamera utama 7 MP sedangkan versi lama hanya menggunakan kamera depan 5 MP.

Baterai

Hingga saat ini belum jelas baterai yang digunakan dalam iPhone 7 Plus. Namun, dipastikan Apple menggunakan baterai yang lebih hemat dibanding iPhone 6s plus.

Kesimpulan

Sepertinya, iPhone 7 Plus memang hadir dengan fitur yang lebih canggih dan inovatif dibandingkan iPhone 6s Plus. Produsen Apple berhasil menghadirkan mesin yang lebih gahar dan kamera yang lebih baik. Kedua sektor inilah yang membuat pengguna iPhone 6s plus harus gigit jari. Namun, untuk sektor layar dan bodi, sepertinya iPhone 7 plus tidak menghadiran perubahan yang besar.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera OS Version Chipset Baterai
Apple iPhone 7 Plus 32GB Rp 12,100,000 LTE 1800 / 1900 / 2100 2 GB 32 GB 5.5 inch 12 MP 10 Apple A10 Fusion Non-removable Li-Po 2900 mAh
Apple iPhone 6s Plus 16GB Rp 6,200,000 LTE 1800 / 2100 / 2600 2 GB 16 GB 5.5 inch 12 MP 9, upgradable to iOS 10 Apple A9 Non-removable Li-Po 2750 mAh

Baca juga artikel:
iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?
Haruskah Upgrade Dari iPhone 6 ke iPhone 7?
Inilah Kelebihan iPhone 7 Dibandingkan iPhone Lama

Artikel Lainnya

Komentar