iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?

iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?

Oleh Ardiansyah Hana on Jumat, 09 Sep 2016 | 12:18

Selain iPhone 7, Apple juga merilis iPhone 7 Plus yang merupakan varian dengan layar lebih besar. Secara langsung, iPhone 7 Plus pun sangat pantas disandingkan dengan Samsung Galaxy Note 7 yang perilisannya dilakukan pada bulan Agustus lalu.

Nah, untuk kamu yang bingung memilih dua phablet premium ini, mari kita kenali apa saja perbedaan antara iPhone 7 Plus dan Samsung Galaxy Note 7.

Desain

Sejak beberapa tahun terakhir, Samsung berhenti menjiplak desain iPhone, terbukti dengan desain pada Samsung Galaxy Note 7 yang dikenal inovatif dan berbeda dari smartphone lainnya melalui penggunaan material Corning Gorilla Glass 5 pada bagian belakang dan penggunaan layar lengkung di sisi depan.

Secara tampilan, kesan elegan dan “mature” dari Galaxy Note 7 jauh lebih menarik dibandingkan iPhone 7 Plus yang tak jauh berbeda dari 6S Plus. Sementara itu, Apple melakukan perbaikan minor di sisi desain dengan penggunaan tombol home baru, tidak adanya jack audio dan sertifikasi IP67.

Kendati demikian, sertifikasi IP67 dengan ketahanan terhadap debu dan air pada kedalaman 1 meter selama 30  menit tetap tidak mempengaruhi ketangguhan Galaxy Note 7 yang memiliki sertifikasi lebih tinggi yakni IP68 yang mampu bertahan pada kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

Masih soal desain, Samsung pun menyematkan pena stylush pada Note 7 yang memang menjadi ciri khas pada seri ini. Untuk memenuhi kebutuhan pengguna profesional, alat ini akan sangat berguna, berbeda dengan iPhone 7 Plus yang seharusnya bisa menyasar kalangan profesional.

Layar

iPhone 7 Plus hadir dengan dukungan layar seluas 5,5 inch beresolusi Full HD 1080 x 1920 piksel. Lalu, kompetitornya Galaxy Note 7 membawa layar lebih besar berukuran 5,7 inch beresolusi Quad HD 1440 x 2560 piksel.

Penggunaan teknologi Super AMOLED pada layar lengkung Galaxy Note 7 memberikan tampilan kontras tinggi, terlebih Samsung pun menyematkan fitur mobile HDR sehingga tampilan layar pada kerapatan 518 ppi menjadi lebih detail.

Sementara itu, iPhone 7 Plus hadir dengan teknologi IPS yang juga digunakan pada seri sebelumnya, dengan kerapatan 401 ppi yang jauh di bawah Samsung. Mengenai layar, sudah jelas bahwa Galaxy Note 7 lebih unggul.

Performa

Galaxy Note 7 berisikan chipset Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890, tergantung regional pendistribusiannya. Sementara itu, iPhone 7 Plus menggunakan chipset Apple A10 yang diklaim memiliki performa lebih cepat 30 persen dibandingkan chipset A9.

Spesifikasi hardware lainnya, iPhone 7 Plus memasang RAM 2 GB dan Samsung Galaxy Note 7 dipasangkan dengan RAM berkapasitas 4 GB. Diatas kertas, spesifikasi tersebut dimenangkan oleh Galaxy Note 7.

Akan tetapi, parameter tersebut tidak bisa dikomparasi mengingat Galaxy Note 7 berjalan pada sistem operasi Android dan iPhone 7 Plus dijalankan pada iOS. Disini, pengguna bisa menyesuaikannya menurut kebutuhan masing-masing, juga melihat penampilan UI yang ditawarkan masing-masing perangkat.

Kamera

Sampai saat ini, Apple berhasil membuat smartphone dengan kamera terbaik. Akan tetapi, urusan performa dalam kondisi cahaya minim diambil alih oleh Samsung yang  memasang kamera bersensor 12 MP dengan fitur phase detection, Dual Pixels, OIS, aperture f/1.7 dan 1/2.6-inch sensor sehingga membuatnya powerfull untuk dipakai memotret dalam semua cahaya gelap.

Sangat disayangkan, kamera belakang iPhone 7 Plus masih sama dengan kamera iPhone 6S, yakni sensor 12 MP yang dilengkapi dengan OIS. Namun untuk menarik perhatian user, Apple memasang sensor tambahan berukuran 12 MP untuk membantu pengambilan fokus, serta True Tone LED flash agar bisa menghasilkan gambar dengan warna natural.

Melalui adanya fitur tersebut, Apple iPhone 7 Plus lebih mampuni untuk dipakai memotret karena hasilnya tampak lebih realistis ketimbang hasil gambar dari Galaxy Note 7. Akan tetapi, penggunaan aperture f/1.7 pada Note 7 membuatnya lebih powerfull saat dipakai dalam kondisi minim cahaya.

Sistem Operasi

Sistem operasi pada kedua perangkat ini sangat berbeda, dimana iPhone 7 Plus dijalankan pada iOS 10 sementara Galaxy Note 7 menggunakan sistem operasi Android Marshmallow.

Secara konsisten, Samsung terus memperbaiki UI pada setiap perangkatnya agar meningkatkan kecepatan dan memiliki fungsi lebih. Di sisi lain, Apple terus membawa sejumlah fitur Android, membuat perangkat ini fleksibel dan memiliki performa lebih tinggi.   

Dengan tampilan UI yang tentu saja berbeda, pengguna bisa menentukan smartphone pilihan sesuai kebutuhan. Diluar hal tersebut, iPhone 7 Plus lebih menarik karena sudah menyematkan sistem operasi paling baru, berbeda dengan Note 7 yang masih memakai OS Marshmallow yang saat ini seharusnya sudah mendapatkan upgrade ke Android Nougat.

Memori

Samsung hadir dengan dukungan memori internal berkapasitas 64GB yang bisa diekspansi melalui slot microSD hingga 256 GB.

Berbeda dengan iPhone 7 Plus, memori internal dengan tiga varian kapasitas, yakni 32, 128 dan 256 GB yang ditawarkannya tidak bisa ditambahkan. Berbeda dengan Note 7 yang memiliki memori internal fleksibel, kamu sebaiknya menentukan pilihan yang paling sesuai kebutuhan saat memiliki varian memori pada iPhone 7 Plus.

Fitur Tambahan

Selain penggunaan home button baru, iPhone 7 Plus hadir dengan dukungan fitur sensor sidik jari serta headphone wireless yang siap memudahkan pengguna untuk mendengarkan musik kesukaan.

Sementara itu, Note 7 juga memiliki fitur sensor sidik jari, ditambah pemindai mata yang tidak dimiliki iPhone 7 Plus. Sekalipun masih mengandalkan jack audio 3.5mm dan belum meninggalkannya seperti Apple, namun Samsung hadir dengan fungsi pengisian baterai wireless yang tidak dimiliki iPhone 7 Plus.

Kesimpulan

Secara kualitas, kedua perangkat ini bisa disejajarkan, karena selain menawarkan layar besar juga menggunakan desain premium yang sesuai dengan pasarnya. Akan tetapi, keduanya memiliki perbedaan, dimana iPhone 7 Plus lebih unggul pada segi kamera dan sistem operasi, sedangkan Note 7 lebih fleksibel, elegan dan memiliki kaya fitur.

Untuk itu, kamu yang ingin meminang salah satu diantara kedua smartphone diatas bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan. Jika mencari smartphone yang pas untuk menunjang pekerjaan, Samsung Galaxy Note 7 merupakan pilihan pintar, sedangkan iPhone 7 Plus sangat pas untuk menunjang kebutuhan multimedia.

Nama 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera OS Version Chipset Baterai
Apple iPhone 7 Plus 32GB LTE 1800 / 1900 / 2100 2 GB 32 GB 5.5 inch 12 MP 10 Apple A10 Fusion Non-removable Li-Po 2900 mAh
Samsung Galaxy Note 7 N930 LTE 700 / 800 / 850 / 1700 / 1900 4 GB 64 GB 5.7 inch 12 MP 6.0.1 Marshmallow Exynos 8890 Non-removable Li-Po 4000 mAh
 

Baca juga artikel:
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dirilis dengan Desain dan Kamera Baru Hingga Fitur Anti Air
Duel Ponsel Premium, Samsung Galaxy Note 7 dan iPhone 6s Plus
Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy Note 7

Artikel Lainnya

Komentar