Haruskah Upgrade Dari iPhone 6 ke iPhone 7?

Oleh Ardiansyah Hana on Jumat, 09 Sep 2016 | 12:27

Kehadiran iPhone 7 sangat ditunggu-tunggu para Apple Fanboy, juga oleh para user yang memang penasaran dengan kehebatan yang ditawarkan oleh seri iPhone terbaru ini.

Apple sendiri menawarkan berbagai inovasi untuk menarik calon pengguna baru dan pengguna iPhone seri lama seperti iPhone 6 untuk upgrade perangkatnya. Lantas, apakah layak mengganti smartphone kesayangan tersebut dengan iPhone 7?

Untuk kamu yang saat ini menggunakan iPhone 6, mari kita kenali perbedaan yang ditawarkan iphone 7 berikut ini:

Tak Ada Jack Headphone

Salah satu perbedaan yang paling mendasar dari iPhone 7 dari seri lama termasuk iPhone 6 adalah dihilangkannya jack headphone. Hal ini sangatlah beralasan dimana Apple ingin membuat pengguna lebih efisien dengan mendengarkan musik secara wireless.

Selain memberikan pengalaman lebih seru, Apple ternyata memberikan sepasang EarPods dan adaptor 3.5mm-to-Lightning untuk memudahkan pengguna agar tetap bisa menggunakan headphone lamanya.

Alasan diatas sejatinya tidak mudah diterima mengingat penggunaan adaptor yang kurang praktis dan berpengaruh pada kebiasaan pengguna saat memakai headphone 3.5mm. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk merasakan pengalaman baru saat mendengarkan musik.

Peningkatan Kamera

Alasan lain untuk upgrade dari iPhone 6 ke iPhone 7 adalah peningkatan kemampuan kamera belakang dan depan. Pada bagian belakang, seri iPhone teranyar ini hadir dengan sensor 12 MP yang dilengkapi aperture f/1.8, optical image stabilisation dan 6 elemen lensa. Secara teknis, iPhone 7 bisa menghasilkan gambar yang lebih superior ketimbang pendahulunya tersebut.

Sementara di sisi depan, Apple pun memberikan peningkatan dimana iPhone 6 hanya memiliki sensor 1.2 MP sedangkan seri barunya ini hadir dengan sensor 7 MP yang dilengkapi auto image stabilisation. Tentunya, kamera depan tersebut akan lebih mampuni untuk dipakai berfoto selfie.

Performa Lebih Kencang

Pada iPhone 7 terdapat chipset Apple A10 Fusion yang diklaim jauh lebih bertenaga dan hemat baterai dibandingkan chipset Apple A8 yang dipakai iPhone 6. Kendati demikian, hal ini tentu saja tak terlalu berpengaruh jika pengguna hanya memakai aplikasi standar, misalnya e-mail dan sosial media.

Akan tetapi, performa tinggi akan dibutuhkan oleh user yang memiliki produktivitas tinggi atau menyukai game, dimana iPhone 7 hadir dengan dukungan RAM 2 GB yang bekerja lebih gesit untuk urusan multitasking dibandingkan iPhone 6 dengan RAM 1 GB saja.

Pilihan Memori Besar

iPhone 6 hadir dengan tiga varian kapasitas memori, yakni 16 GB, 64 GB dan 128 GB. Sementara itu, iPhone 7 menawarkan varian memori terkecil yang kapasitasnya lebih besar, mulai dari 32 GB, 128 GB dan 256 GB. Dengan varian terkecil tersebut, tentu saja pengguna bisa menyimpan data lebih besar dibandingkan varian kapasitas terkecil pada iPhone 6.

Varian Warna Lebih Beragam

Pada saat pengguna membeli iPhone 6, pengguna hanya mendapatkan pilihan warna sedikit karena smartphone tersebut hanya menawarkan tiga varian saja, seperti Space Gray, Silver dan Gold.

Sementara itu, iPhone 7 hadir dengan lebih banyak pilihan warna, diantaranya kelimanya tersebut adalah warna Jet Black, Black, Silver, Gold dan Rose Gold. So, kamu tentu saja memiliki lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan warna smartphone dengan penampilan dan kepribadian kamu.

Inovasi Tombol Home

Cara menekan tombol home pada iPhone 7 memang sama dengan pengalaman yang dirasakan ketika memakai iPhone seri lama, termasuk iPhone 6. Akan tetapi, Apple kini menyematkan teknologi sensitifitas tekanan yang menghasilkan taptic feedback, membuat tombol bergetar saat ditekan pengguna.

Tahan Air dan Debu

iPhone 7 hadir dengan sertifikasi IP67 yang membuatnya tahan terhadap debu dan air selama 30 menit di kedalaman 1 meter. Dengan begitu, kamu pun bisa menggunakan perangkat ini dengan bebas untuk mengambil foto di dalam air. Tentu saja, kemampuan ini tidak terdapat pada iPhone 6.

Speaker Lebih Berkualitas

Kemampuan iPhone 6 dalam memproduksi suara memang patut diacungi jempol. Namun, Apple tak puas dengan hal tersebut, dibuktikan dengan penambahan speaker stereo pada iPhone 7 ini.

Melalui penambahan speaker stereo, iPhone 7 mampu menyajikan suara dengan kualitas lebih dinamis. Untuk kamu yang suka mendengarkan musik melalui smartphone, hal ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk menggantinya dengan iPhone 7.

Kualitas Warna Layar

Secara teknis, iPhone 6 dan 7 hadir dengan panel seluas 4.7 inch yang memiliki resolusi 750 x 1334 piksel. Namun, ada hal penting yang membuatnya berbeda dimana iPhone 7 disertai dengan wide color gamut display.

Wide color gamut display membuat produksi warna menjadi lebih kaya dan realistis. Tentu saja, hal ini akan berpengaruh pada tampilan yang membuatnya lebih sedap dipandang karena mendekati warna aslinya.

Baterai Lebih Awet

Baterai menjadi permasalahan perangkat iPhone, termasuk iPhone 6 yang hanya mengandalkan baterai berkapasitas 1810 mAh saja. Apple sendiri mengklaim bahwa kekuatan baterai pada iPhone 7 akan lebih awet dua jam ketimbang iPhone 6S, otomatis jauh lebih awet lagi jika dibandingkan dengan iPhone 6.

Nah, beberapa perbedaan diatas merupakan upgrade yang diberikan Apple terkait iPhone 7. Apakah kamu harus mengganti iPhone 6 dengan seri terbaru ini?

Tentu saja, kamu yang menyukai aktivitas fotografi, gaming, multimedia dan memiliki produktivitas tinggi harus menggantinya dimana Apple akan memberikan kenyamanan dan keleluasaan terkait beberapa kebutuhan tersebut.

Nama 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera OS Version Chipset Baterai
Apple iPhone 7 Plus 32GB LTE 1800 / 1900 / 2100 2 GB 32 GB 5.5 inch 12 MP 10 Apple A10 Fusion Non-removable Li-Po 2900 mAh
Apple iPhone 6s Plus 16GB LTE 1800 / 2100 / 2600 2 GB 16 GB 5.5 inch 12 MP 9, upgradable to iOS 10 Apple A9 Non-removable Li-Po 2750 mAh
 

Baca juga artikel:
iPhone 7 Plus VS Samsung Galaxy Note 7, Apa Perbedaannya?
iPhone 7 Plus dan 5 Smartphone Canggih Dengan Dual Camera
iPhone 7 dan iPhone 7 Plus Resmi Dirilis dengan Desain dan Kamera Baru Hingga Fitur Anti Air

Artikel Lainnya

Komentar