Perbandingan Phablet Android, Samsung Galaxy J7 2016 vs Xiaomi Redmi Note 3

Perbandingan Phablet Android, Samsung Galaxy J7 2016 vs Xiaomi Redmi Note 3

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 08 Sep 2016 | 17:25

Samsung Galaxy J7 2016 dan Xiaomi Redmi Note 3 menjadi dua buah phablet Android yang cukup populer diberbagai negara. Kedua phablet hadir dengan spesifikasi yang cukup mengesankan walaupun dilepas dengan harga yang terjangkau.

Samsung Galaxy J7 2016 sendiri hadir untuk menjadi penguasa pasar smartphone kelas menengah. Ponsel ini hadir dengan daya tarik yang keren dan stylish. Samsung juga cukup memanjakan pengguna dengan kamera depan 5MP dengan LED Flash.

Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan spesifikasi yang membuat produsen lain gigit jari. Ponsel ini hadir dengan prosesor yang tangguh dan fitur keamanan fingerprint.

Lalu, manakah diantara kedua Phablet kelas menengah ini yang terbaik?

Desain

Samsung hadir dengan desain yang cukup elegan dan mewah. Samsung Galaxy J7 menggunakan bodi metal yang solid. Dibagian pinggir bodi terpasang list krom yang membuat ponsel nampak lebih cantik. Dibagian bawah layar, Samsung juga sudah menyertakan sebuah tombol home dan dua buah tombol kapasitif. 

Untuk Xiaomi, ponsel Android terbaru ini hadir dengan desain yang cukup modis pula. Ponsel ini hadir dengan bodi metal yang nyaman ditangan. Xiaomi juga sudah menempatkan sensor sidik jari pada bawah kamera belakang.

Untuk dimensi, Samsung menghadirkan desain bodi yang lebih tipis yakni  7,8 mm. Sedangkan Xiaomi hanya setebal 8,7 mm. Untuk berat, Samsung lebih berat yakni 170 gram, Xiaomi 164 gram.

Layar

Dibagian layar, Samsung sepertinya harus mengakui keunggulan  Xiaomi. Samsung Galaxy J7 menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Layar ini sudah disokong panel Super AMOLED dan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Hal berbeda, digunakan Xiaomi. Phablet Android ini menggunakan layar berukuran 5,5 inci juga. Bedanya, Layar ini menggunakan panel IPS dan resolusi layar Full HD 1920 x 1080 pixels.

Dengan spesifikasi ini, Layar Xiaomi mampu menampilkan detail yang cukup baik dibanding layar Samsung. Kedua ponsel juga sudah dibekali anti gores sehingga ponsel kian mewah dan terlindungi.

Dapur Pacu

Salah satu perhatian pembeli smartphone saat ini ialah pada bagian mesin. Kedua phablet Android terbaru ini hadir dengan mesin yang cukup bersaing. Samsung menggunakan chipset Exynos 7870. Prosesor octa-core ini akan disokong RAM 2 GB dan GPU Mali T830. Performanya sudah cukup baik untuk multitasking. Apalagi, Samsung sudah menggunakan sistem operasi yang cukup update Android Marshmallow.

Xiaomi menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 650. Prosesor ini akan disokong RAM 2 GB dan memori internal 16 GB serta versi RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB. Untuk sistem operasi, Ponsel Xiaomi ini mengandalkan sistem operasi Android Lollipop.

Memori Internal

Untuk penyimpanan data, Samsung hanya menyediakan memori internal 16 GB dan slot microSD. Berbeda dengan Xiaomi yang menghadirkan dua varian memori internal yakni 16 dan 32 GB serta slot microSD.

Kamera

Salah satu bagian yang menarik dalam kedua phablet ini ialah kamera. Pasalnya, Samsung dan Xiaomi sama-sama menghadirkan sektor kamera yang berkualitas tinggi.

Sebut saja Samsung Galaxy J7 yang menggunakan kamera utama 13 MP. Kamera ini dibekali aperture yang kecil sehingga semakin handal saat memotret kondisi gelap. Samsung juga menghadirkan LED Flash dan autofocus sehingga memotret kian mudah.

Untuk kamera, Xiaomi memasang kamera utama 16 MP. Sayangnya, kamera ini menggunakan bukaan yang besar. Dengan kamera ini, pengguna bisa memotret gambar dengan lebih tajam. Xiaomi bahkan menggunakan teknologi Phase detection autofocus dan dual LED.

Untuk kamera depan, Samsung cukup unggul dengan kamera depan 5 MP dengan LED Flash dan bukaan kecil. Xiaomi menggunakan kamera depan 5 MP dengan bukaan besar. kamera depan Xiaomi bisa merekam video Full HD dengan apik.

Baterai

Untuk penggunaan harian, Samsung menggunakan baterai berkapasitas 3300 mAh. Sedangkan Xiaomi menggunakan baterai berkapasitas 4000 mAh. Hal ini membuat phablet Xiaomi ini lebih tahan lama digunakan.

Kesimpulan

Dalam perbandingan diatas, tampak jelas bahwa Xiaomi Redmi Note 3 hadir dengan berbagai keunggulan. Ponsel Xiaomi unggul pada bagian layar, RAM dan baterai yang berkapsitas besar. Menariknya, phablet Android ini hadir dengan harga yang lebih terjangkau. Sedangkan, Samsung Galaxy J7 hadir dengan keunggulan bodi yang lebih elegan, kamera depan yang mumpuni.

Namun, jika kamu mencari ponsel Android dengan merk ternama, sepertinya Samsung Galaxy J7 memang layak dibeli. Jika kamu mencari phablet Android dengan spesifikasi yang tangguh dan harga yang terjangkau, tentu Xiaomi redmi Note 3 memang layak dipilih.

Semua kembali ke kebutuhan kamu, pilih Samsung Galaxy J7 atau Xiaomi Redmi Note 3.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera OS Version Chipset Baterai
Samsung Galaxy J7 (2016) SM-J710 Rp 3,135,000 LTE 3 GB 16 GB 5 inch 13 MP 5.1 Lollipop Qualcomm MSM8956 Snapdragon 650 Li-Ion 3300 mAh
Xiaomi Redmi Note 3 RAM 3GB ROM 32GB Rp 1,890,500 LTE band 1(2100), 3(1800), 7(2600), 38(2600), 39(1900), 40(2300), 41(2500) 3 GB 32 GB 5.5 inch 13 MP 5.1 Lollipop Mediatek MT6795 Helio X10 Non-removable Li-Po 4050 mAh

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Kelas Menengah, Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7
Adu Smartphone Paling Hits: Samsung Galaxy On7 VS Infinix Zero 3
Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3, Apa yang Istimewa?

Artikel Lainnya

Komentar