Duel Ponsel Kelas Menengah, Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7

Duel Ponsel Kelas Menengah, Foxconn Luna vs Samsung Galaxy A7

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 08 Sep 2016 | 12:47

Pasar Indonesia kembali kedatangan produsen gadget baru asal Korea yakni Foxconn. Untuk bersaing di pasar Indonesia, produsen ini pun mendatangkan smartphone baru yakni Foxconn Luna. Menariknya ponsel ini hadir dengan desain dan fitur yang tangguh layaknya ponsel premium, iPhone. Ponsel ini bahkan sudah menggunakan mesin baru hingga kamera yang mumpuni sesuai kebutuhan pasar Indonesia.

Ponsel Android terbaru ini pun disebut siap menghadang ponsel kelas menengah lainnya termasuk Samsung Galaxy A7. Pasalnya, kedua ponsel dilepas dengan rentang harga yang tak jauh berbeda yakni 4-5 jutaan.
Lalu, manakah antara kedua ponsel Android terbaru ini yang layak kamu pilih? Berikut perbandingannya.

Desain

Bicara desain Foxconn Luna hadir dengan bodi metal aluminium yang modis. Sekilas desain bodinya mirip dengan desain iPhone. Bodi metal ini cukup kuat membungkus seluruh bodi smartphone karena merupakan logam 8 CNC sehingga nyaman digenggam.

Hal ini tidak berbeda jauh dengan Samsung Galaxy A7. Ponsel Android Samsung ini juga menggunakan bahan dasar metal di seluruh bodinya. Tidak hanya itu, dibagian bawah layar juga terpasang tombol home fisik berbentuk oval. Disisi kanan dan kiri tombol home juga terpasang tombol kapasitif back dan multitasking. Samsung Galaxy series ini hadir dengan dimensi yang cukup ramping yakni 7,3 mm saja.

Layar

Ponsel terbaru Foxconn ini menggunakan layar berukuran 5,5 inci. Layar ini sudah disokong resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan panel IPS. Dengan layar yang cukup lebar, pengguna bisa mudah menikmati konten multimedia seperti foto dan video. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa browsing dan bermain game dengan mudah berkat sokongan multitouch.

Samsung Galaxy A7 sendiri menggunakan layar yang tidak berbeda jauh yakni berukuran 5,5 inci. Layar ini sudah disokong panel AMOLED dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar ini juga cukup detaik menampilkan gambar dan video. Samsung juga sudah menggunakan anti gores Corning Gorilla Glass 3 agar layar tidak mudah tergores.

Mesin

Untuk bagian dapur pacu, Foxconn Luna menggunakan mesin yang cukup tangguh. Ponsel Android terbaru ini menggunakan chipset Snapdragon 801. Prosesor high end ini berkecepatan 2,5 Ghz dan akan disokong RAM 3 GB. RAM yang besar ini memudahkan pengguna dalam multitasking hingga bermain game. Foxconn juga sudah menggunakan sistem operasi yang paling baru yakni Android Marshmallow.

Menengok mesin Samsung Galaxy A7, Samsung menggunakan mesin yang juga mumpuni. Meski menggunakan prosesor buatan sendiri, Exynos 7580 tidak membuat smartphone ini kalah cepat dengan ponsel Android kelas menengah lainnya. Dibagian RAM, ponsel ini menggunakan RAM 3 GB. Tidak hanya itu, ponsel Android terbaru ini juga menggunakan OS Android 5.1 Lollipop yang bisa diupdate ke Marshmallow.

Memori Internal

Foxconn mencoba memenuhi kebutuhan pengguna saat ini dengan menghadirkan memori internal berkapasitas 64 GB. Hal berbeda dihadirkan Samsung yang hanya menggunakan memori internal 16 GB saja. kedua ponsel juga sudah disokong slot microSD untuk memori tambahan.

Kamera

Dibagian kamera, Foxcoon Luna dan Samsung Galaxy A7 menggunakan kamera utama yang sama yakni 13 MP. Meski sama, kamera Samsung tentu akan lebih unggul dalam menghadirkan foto dan video dibanding kamera dar Foxconn. Kamera utama Luna dibekali aperture f/2.0 dan dual LED Flash sehingga kamera bisa memotret dalam kondisi gelap dengan lebih baik. Berbeda dengan kamera Samsung yang dibekali aperture kecil dan sensor low light sehingga kian mumpuni saat memotret dan merekam malam hari. Menariknya, Samsung juga menghadirkan optical image stabilization, autofocus, Face detectiondan LED Flash.

Beda lainnya, Foxconn menggunakan kamera depan 8 MP, sedangkan kamera depan samsung hanya menggunakan kamera 5 MP. Dengan kamera depan ini, Foxconn mengklaim kamera depan ini bisa memotret selfie dengan lebih jelas dan lebih tajam dibanding kamera depan 5 MP lainnya. Foxconn bahkan menggunakan lensa wide angle yang sangat cocok untuk pecinta selfie, termasuk fitur instant face beauty yang dapat mengedit wajah dengan cepat.

Baterai

Smartphone Foxconn Luna akan menggunakan baterai berkapsitas 2900 mAh. Baterai ini terasa standar untuk penggunaan harian. Samsung Galaxy A7 2016 sendiri hadir dengan baterai berkapasitas 3300 mAh. Samsung kian unggul dengan teknologi Fast Charging.

Kesimpulan

Dilepas dikelas yang sama, Foxconn Luna dan Samsung Galaxy A7 2016 hadir dengan spesifikasi yang tidak jauh berbeda. Dari sisi mesin, Foxconn terbilang unggul dengan penggunaan chipset dan sistem operasi yang unggu. Tidak hanya itu, ponsel Android marshmallow ini sudah menggunakan memori internal yang besar dan kamera depan mumpuni. Samsung sendiri unggul pada sisi layar, kamera utama yang lebih tajam dan baterai yang lebih besar.

Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera OS Version Chipset Baterai
Foxconn Luna Tidak ada harga LTE 3 GB 64 GB 5.5 inch 13 MP 6.0 Marshmallow Snapdragon 801 Li-Po 3000mAh
Samsung Galaxy A7 (2016) SM-A710F Rp 3,900,000 LTE 3 GB 16 GB 5.5 inch 13 MP 5.1.1 Lollipop Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 Non-removable Li-Ion 3300 mAh

Baca juga artikel:
Duel Ponsel Selfie, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus
Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?
HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?

Artikel Lainnya

Komentar