Duel Ponsel Selfie, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus

Duel Ponsel Selfie, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus

Oleh Aris Wibowo on Jumat, 02 Sep 2016 | 08:52

Selfie masih menjadi fenomena tersendiri bagi pengguna gadget di Indonesia. Tidak heran berbagai produsen menghadirkan ponsel dengan kamera depan mumpuni. Bahkan beberapa ponsel Android kamera yang masuk Indonesia kini hadir dengan kamera depan resolusi tinggi dan fitur LED Flash sehingga selfie kian mumpuni.

Diantara banyak produk, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus menjadi dua ponsel selfie yang layak dimiliki. Pasalnya, selain menawarkan performa mesin mumpuni, dua ponsel ini menggunakan kamera depan berkualitas tinggi. Oppo dan Vivo bahkan menggunakan kamera depan berkekuatan 16 MP untuk selfie. Keduanya dilepas dengan harga yang juga tidak terlalu jauh. Lalu manakah yang terbaik diantara kedua ponsel Android kamera tersebut?

Desain

Dari sisi desain, kedua ponsel kamera ini hadir dengan desain yang cukup modis dan elegan. Ponsel ini juga sudah menggunakan bodi material metal yang solid dan kuat. Sekilas, desain keduanya juga mirip iPhone 6. Yang berbeda hanyalah dari detail bodi dan garis bodi dalam kedua smartphone. Kedua ponsel juga sudah menghadirkan tombol home yang mirip.

Untuk dimensi, Oppo F1 Plus hadir dengan dimensi yang lebih ringkas 151,8 x 74,3 x 6,6 mm dengan berat 145 gram. Vivo X7 Plus hadir dengan dimensi yang lebih besar yakni 158,9 x 78 x 7,5 mm dengan berat 183,5 gram. Tentu desain Oppo F1 Plus nampak lebih unggul karena lebih ramping dan kompak sehingga cukup nyaman saat digunakan berselfie.

Layar

Pada bagian layar, Oppo F1 Plus dibekali layar berukuran 5,5 inci. Layar ini sudah menggunakan panel AMOLED dan resolusi Full HD 1080p. Bandingkan dengan layar Vivo X7 Plus yang hadir dengan layar lebih besar yakni 5,7 inci. Layar ini sudah disokong panel Super AMOLED dan resolusi Full HD 1080p. Dengan kedua layar tersebut, pengguna bisa berselfie dengan cukup nyaman. Namun, kalau diperhatikan lebih detail, Oppo F1 Plus memiliki layar yang lebih unggul karena mampu menampilkan warna lebih tajam dan pelindung anti gores Gorilla Glass 4. Dengan pelindung ini, Layar tampak kian mewah dan terlindungi.

Mesin

Meski ponsel Android terbaru ini dihadirkan untuk pecinta selfie, smartphone Android terbaru ini hadir dengan performa tinggi. Hal ini nampak dengan terpasangnya chipset dan RAM yang cukup berkinerja tinggi. Kedua ponsel bahkan sudah menggunakan RAM besar yakni 4 GB sehingga menjanjikan performa cepat dalam membuka berbagai aplikasi maupun game.

Untuk dapur pacu, kedua ponsel Android 4G LTE, Oppo F1 Plus dan Vivo X7 Plus menggunakan mesin yang berbeda. Oppo memasang chipset Mediatek MT6755 P10. Sedangkan Vivo memasang chipset Qualcomm Snapdragon 652. Tentu secara performa spesifikasi Vivo X7 Plus lebih unggul dibandingkan Oppo F1 Plus.

Tidak hanya mengandalkan spesifikasi yang gahar, kedua ponsel selfie ini juga menghadirkan memori internal yang lebih besar yakni 64 GB. Bila dirasa kurang, kamu masih bisa menambahkan slot microSD.

Untuk sistem operasi, kedua ponsel Android kamera ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop. Hal ini membuat pengguna bisa menggunakan aplikasi dan game terbaru dengan mudah.

Kamera

Untuk bagian kamera, ponsel selfie terbaru ini hadir dengan sektor kamera berkualitas. Dibagian kamera depan, Oppo dan Vivo menggunakan sensor 16 MP. Sayangnya, Oppo tidak menghadirkan LED Flash sehingga kurang mumpuni untuk memotret selfie dikala malam. Oppo hanya mengandalkan Flash screen. Vivo sendiri hadir dengan LED Flash.

Kamera selfie Vivo X7 Plus

Dibagian kamera belakang, Oppo hanya menggunakan kamera belakang 13 MP. Untuk Vivo menggunakan kamera utama 16 MP sehingga kamera bisa menangkap gambar dengan lebih baik.

Fitur Unggulan Lain

Selain menghadirkan sektor kamera yang memukau, kedua ponsel Android 4G LTE ini hadir dengan fitur yang cukup memukau. Oppo dan Vivo bahkan sudah menggunakan sensor fingerprint untuk mengunci layar dan data di smartphone dengan mudah. Vivo juga hadir dengan baterai berkapasitas besar yakni 4000 mAh. Bandingkan dengan Oppo F1 Plus yang hanya menggunakan baterai 2850 mAh. Bedanya, Oppo menggunakan VOOC Fast charge sehingga baterai bisa terisi dengan lebih cepat dan mudah.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga yang cukup berimbang, Oppo F1 Plus ternyata sedikit kalah dari Vivo X7 Plus. Oppo hanya unggul pada bagian layar yang lebih tajam, fitur edit foto yang lengkap hingga fitur fast charge. Bandingkan dengan Vivo yang mengusung layar yang lebih lebar, mesin lebih cepat dan kamera belakang yang mumpuni. Sayangnya hingga saat ini Vivo X7 Plus belum dirilis resmi untuk pasar Indonesia. Dan Oppo F1 Plus sudah lebih dulu dirilis sehingga cukup laris manis dipasaran. Kini semua kembali ke kebutuhan kamu.

OPPO F1 Plus
  • 3.8/5
  • 1 reviews
  • 3 threads
Harga termurah

Rp 4,750,000

Vivo X7 Plus
  • 0/5
  • 0 reviews
  • 0 threads
Harga termurah

Tidak ada harga



Nama Harga di Pasaran 4G Network RAM Internal Ukuran Layar Resolusi Kamera Baterai OS Version Chipset
Vivo X7 Plus Tidak ada harga LTE 4 GB 64 GB 5.7 inch 16 MP Non-removable Li-Ion 4000 mAh 5.1 Lollipop Qualcomm MSM8976 Snapdragon 652
OPPO F1 Plus Rp 4,750,000 LTE 1800 / 2100 / 2600 4 GB 64 GB 5.5 inch 13 MP Non-removable Li-Po 2850 mAh 5.1 Lollipop Mediatek MT6755 Helio P10
 

Baca juga artikel:
Adu Smartphone Paling Hits: Samsung Galaxy On7 VS Infinix Zero 3
Xiaomi Redmi Note 4 VS Redmi Note 3, Apa yang Istimewa?
Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7

Artikel Lainnya

Komentar