Drop Test Note 7 vs Note 5 vs iPhone 6S, Manakah yang Masih Berfungsi?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Agu 2016 | 13:57

Samsung Galaxy Note 7 memang hadir sebagai ponsel premium terbaik sejauh ini ditahun 2016. Pasalnya, selain menghadirkan layar lengkung dan desain mewah, ponsel ini mengusung teknologi yang cukup lengkap.

Samsung bahkan sudah menggunakan kaca anti gores Corning Gorilla Glass 5 yang diklaim kuat. Kaca ini diklaim 80% lebih kuat menjaga layar ponsel saat jatuh, baik dari ketinggian pinggang, kuping manusia hingga ketinggian 2 meter lebih.

Samsung Galaxy Note 7 sendiri sudah lolos tes jatuh yang menggunakan mesin. Dalam tes tersebut, ponsel premium Samsung ini berhasil selamat dari puluhan kali dijatuhkan dari berbagai sisi. Hal ini tentu memicu pertanyaan bagaimana bila ponsel Samsung terbaru ini ditandingkan dengan Samsung Note 5 yang menggunakan Gorilla Glass 4, dan Apple iPhone 6s yang menggunakan ion strengthened glass dalam tes jatuh.

Seorang Youtuber pun menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan tes jatuh antara Samsung Note 7, Samsung Note 5 dan Apple iPhone 6s. Ketiga ponsel premium ini akan dijatuhkan sesuai skenario kehidupan misal, jatuh dari saku celana, jatuh saat menelpon dan jatuh dari ketinggian atas kepala.

Dan hasilnya cukup unik. Bagian depan Samsung Galaxy Note 7 ternyata sudah retak sejak tes awal. Meski retak, ponsel Android ini masih bisa digunakan dengan baik meski dijatuhkan pada level diatas kepala. Berbeda dengan bagian belakang yang ternyata retak parah saat dijatuhkan diawal tes. Walaupun layarnya retak di semua sisi, layar Note 7 masih bisa merespon dengan baik.

Sedangkan Samsung Note 5 justru bertahan lebih baik pada tes-tes awal. Layar depan dan bodi belakang ponsel premium ini cukup baik dan tidak retak parah. Justru pada tes terakhir barulah, Samsung Note 5 mengalami kerusakan parah bahkan layarnya tidak bisa menyala dan merespon sentuhan lagi.

Hal serupa juga dialami oleh iPhone 6s. Ponsel iOS ini juga terbukti tangguh pada tes-tes awal layar dan bodi belakang ponsel ini tidak mengalami kerusakan parah. Namun, saat tes jatuh terakhir baru terlihat betapa ringkihnya layar iPhone. Ponsel ini mengalami kerusakan parah saat dijatuhkan di ketinggian atas kepala. Bahkan saking parahnya, tombol home iPhone terlepas sehingga iPhone tidak bisa digunakan sama sekali.

Memang terbukti, Samsung Galaxy Note 7 menjadi pemenang tes jatuh kali ini. Namun, ketangguhan Corning Gorilla Glass 5 sedikit diragukan. Pasalnya, Note 5 justru lebih kuat diawal-awal tes jatuh dan kerusakan tidak terlalu parah.

Baca juga artikel:
Adu Kecepatan Mesin iPhone 6s dan Samsung Galaxy Note 7, Siapa Pemenangnya?
Mana yang Layak Dipilih, Samsung Galaxy S7 Edge VS Galaxy Note 7
HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?

Artikel Lainnya

Komentar

Bima Satria 23 Agustus 2016 - 16:34
doh makjang, sayang banget hape mahal gini -_____-