Ini Perbedaan Fitur Stories Instagram dan Stories Snapchat

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 10 Agu 2016 | 10:02

Via Adespresso

Beberapa hari lalu, Instagram baru saja meluncurkan fitur baru bernama Instagram Stories. Fitur ini memungkinkan pengguna membuat video singkat berisi dokumentasi aktivitas harian dan akan hilang dalam waktu 24 jam.

Menariknya, munculnya fitur ini mirip dengan fitur milik Snapchat. Secara fingsi, fitur Instagram ini memang mirip dengan fitur stories Snapchat. Alhasil persaingan antara Instagram dan Snapchat kian seru.

Lalu seperti apa perbedaan fitur stories dalam kedua media sosial ini? Berikut ulasannya.

Shooting Story

Aplikasi Snapchat langsung terhubung ke aplikasi kamera. Bahkan ada ikon khusus sehingga memotret foto atau merekam video baru untuk fitur story lebih mudah, hanya dengan menekan satu tombol. Sedangkan dalam Instagram, pengguna bisa mengakses kamera untuk stories dengan jalan menggeser dari arah kiri main feed. Pengguna instagram juga bisa menekan tanda plus di sudut kiri atas aplikasi. Kedua aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menambah video dengan durasi 10 detik.

Browsing Stories

Hal yang unik dari Instagram ialah pengguna bisa memilih menempatkan Stories yang dibuat di bagian depan dan tengah, Semua Stories akan muncul di bagian atas main feed dan dalam urutan teman-teman terdekat pengguna.

Stories dalam Snapchat akan bisa dilihat pada bagian kronologi terakhir yang diperbaharui di bagian atas. Yang berbeda antar kedua media sosial ini ialah bagaimana pengguna menavigasi antar stories.

Doodle dan Emoji

Tools yang ditawarkan Instagram memang lebih maju dibanding Snapchat. Sementara Snapchat hanya menggunakan alat geser untuk memilih warna, instagram menjabarkan semua warna berdampingan. Ada juga pena yang bisa diubah ukurannya. Selain itu, Instagram menghadirkan tiga alat pena berbeda yakni pen biasa, marker dan pen neon. Kesemua pen bisa digunakan untuk membuat doodle.

Dibagian emoji, Snapchat menawarkan fitur yang lebih fleksibel. Instagram hanya bisa menambahkan emoji melalui bar teks. Berbeda dengan Snapchat yang menawarkan emoji dimana saja pada gambar dibuat.

Mengirim Foto

Pengguna Snapchat dan Instagram bisa membagikan foto lama ke fitur stories. Bedanya, Instagram hanya memungkinkan pengguna membagikan foto yang diambil dalam 24 jam terakhir. Sedangkan Snapchat memungkinkan pengguna berbagai apapun tanpa batas waktu.

Privasi

Fitur Stories Snapchat dan instagram memiliki pengaturan privasi yang hampir mirip. Snapchat bisa memilih semua orang atau teman tertentu untuk bisa melihat stories. Sedangkan di instagram, Stories bisa dilihat seperti postingan lainnya.

Via: Mashable

Baca juga artikel:
Tiru Snapchat, Instagram Kini Punya Fitur Instagram Stories
Dua Fitur Baru Snapchat Buat Interaksi Antar Pengguna Kian Seru
Instagram Hadirkan Fitur Baru Penerjemah Teks

Artikel Lainnya

Komentar