Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy Note 7

Perbedaan Samsung Galaxy Note 5 dan Samsung Galaxy Note 7

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 03 Agu 2016 | 18:05

Samsung akhirnya mengumumkan juga phablet Android premium miliknya, Samsung Galaxy Note 7. Dalam produk ini, Samsung membawa berbagai peningkatan spesifikasi sesuai dengan peningkatan nama yang tidak menggunakan seri Note 6. Tentu hal ini menimbulkan berbagai pertanyaan mengenai sejauh mana perbedaan phablet baru ini dengan seri Galaxy Note 5?

Seperti yang dirumorkan sebelumnya, ponsel terbaru Samsung ini hadir dengan layar lengkung, S Pen baru hingga pemindai mata yang berbeda dibanding seri sebelumnya. Hadirnya layar lengkung ini semakin mempertegas bahwa seri Phablet ini mengusung konsep yang mirip dengan seri Galaxy S7. Biar tidak penasaran, berikut perbandingan dari Samsung Galaxy Note 5 dan Note 7.

Desain

Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung Galaxy Note 7

Secara keseluruhan Samsung Galaxy Note 7 bukanlah smartphone biasa melainkan sebuah phablet premium. Walaupun berdimensi besar, phablet ini tampak lebih tipis dibanding seri Note 5.

Ponsel ini memiliki dimensi 153,5 x 73,9 x 7,9 mm. Artinya Note 7 lebih kecil 2,2 mm. Ini membuat perangkat kian nyaman di tangan dan mengurangi kemungkinan ponsel ini terjatuh saat digenggam. Selain itu, ponsel ini lebih ringan dengan berat 162 gram dengan layar lengkung. Layar lengkung ini mengambil teknologi dari Galaxy S7 Edge. Berat yang berkurang ini dikarenakan penggunaan rangka metal baru.

Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung Galaxy Note 7

Bandingkan dengan Note 5 yang berdimensi 153,2 x 76,1 x 7,6 mm dan berat 171 gram. Galaxy Note 5 sebetulnya hadir dengan desain yang ideal bahkan dilengkapi bodi belakang yang melengkung. Sayangnya, Note 5 tidak anti air dan debu. Berbeda dengan seri Note 7 yang sudah dibekali iP68 sehingga bisa dibawa menyelam 1,5 meter.

Untuk port dan tombol Note 7 berada di tempat biasanya, sama seperti Note 5. Di bagian bawah, kamu akan menemukan jack audio, speaker dan S pen, yang berada di sebelah speaker. Perbedaan lainnya, phablet terbaru Samsung ini sudah dilengkapi dengan port USB tipe C.

Baca Juga Harga Handphone Android Samsung Galaxy Terbaru

Layar

Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung Galaxy Note 7

Walaupun memiliki dimensi yang lebih kecil, Samsung galaxy Note 7 tetap menghadirkan layar yang lebar. Phablet premium ini menggunakan layar 5,7 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Quad HD 2560 x 1440, sekilas tidak berbeda jauh dengan seri Note 5.

Bedanya, Note 7 hadir dengan fitur baru Always On Display. Ini akan membuat layar redup dan menampilkan waktu dan tanggal saja. Saat layar menyala, ponsel ini juga bisa menampilkan konten HDR dengan baik. Selain itu, terdapat layar lengkung dibagian pinggir. Layar ini sudah menggunakan antarmuka khas Note 7, bahkan sudah mampu digunakan bersama S Pen. Walaupun tanpa fitur-fitur tersebut, layar Note 5 tetap menjadi salah satu ponsel Quad HD terbaik yang bisa kamu pilih.

Mesin

Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung Galaxy Note 7

Bicara produk baru seperti Samsung Galaxy Note 7 tentu akan menawarkan kinerja yang cepat. Walaupun demikian bukan berarti produk lama seperti Note 5 memiliki performa lambat.

Sebagai catatan, kedua ponsel menggunakan prosesor 64-bit. Untuk versi Amerika, Samsung menghadirkan chipset Snapdragon 820 dan RAM 4 GB. Spesifikasi ini mirip dengan seri Galaxy S7, HTC 10 hingga Moto Z. Untuk versi global, note 7 menggunakan chipset Exynos 8890 dengan RAM 4 GB. Untuk note 5 menggunakan chipset Exynos 7420 dengan RAM 4 GB.

Dibagian sistem operasi, Note 7 akan menggunakan OS Android 6.0 Marshmallow. Sedangkan, Note 5 menggunakan OS Android lollipop 5.1.

Untuk memori penyimpanan, HP Android 4G terbaru ini hadir dengan memori internal 64 GB saja. Memori ini juga sudah disokong dengan slot microSD 256 GB. Berbeda dengan seri lama yang hadir dengan berbagai pilihan memori internal, namun tanpa slot microSD.

Baca Juga Samsung Galaxy Note 7 Resmi Rilis, Kapan Masuk Indonesia?

Sistem keamanan

Galaxy Note 7

Sama seperti Note 5, Samsung Galaxy Note 7 juga masih dibekali dengan pemindai sidik jari yang ditanamkan di tombol Home dibagian depan. Hanya saja, Samsung juga menambahkan pemindai iris mata.

Kamera

Samsung Galaxy Note 5 vs Samsung Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 5 hadir dengan kamera yang sama dengan seri Galaxy S6 maupun S6 Edge yakni kamera utama 16 MP dan kamera depan 5 MP. Mencoba mengulang hal tersebut, Samsung membekali varian Note 7 dengan kamera yang sama dengan seri Galaxy S7 dan S7 Edge yakni kamera utama 12 MP dan kamera depan 5 MP.

Fitur lain

Perbedaan antara Note 7 dan Note 5 berikutnya terletak pada aplikasi untuk mengambil catatan. Jika di Note 5 terdapat beberapa aplikasi seperti action memo, scrapbook, dan S Note. Dalam Note 7, Samsung menggabungkan semua aplikasi tersebut menjadi satu dalam Samsung Notes.

Baca Juga Kabarnya Samsung Galaxy A8 2016 Muncul dengan Spesifikasi Mirip Galaxy S6

Baterai

Samsung menghadirkan peningkatan baterai pada seri Note 7 yakni 3500 mAh, sedangkan Note 5 hanya 3000 mAh.

Kesimpulan

Samsung cukup serius menawarkan perubahan dalam seri Note terbaru ini. Samsung bahkan menghadirkan layar lengkung hingga pemindai mata. Tentu dengan peningkatan ini membuat Samsung Galaxy Note 7 layak menjadi penguasa dalam pasar phablet Android.

Perbandingan Spesifikasi Galaxy Note 5 dan Galaxy Note 7

Samsung Galaxy Note 5 Spesifikasi  Samsung Galaxy Note 7
4G LTE  Jaringan 4G LTE
5,7 inci Quad HD Layar  5,7 inci Quad HD
Android 5.1 OS Android 6.0
Exynos Chipset  Exynos
  CPU   
  GPU   
64GB, 32 GB / 4 GB Internal/RAM  64 GB / 4 GB
16 MP / 5 MP Kamera  12 MP / 5 MP
3000 mAh Baterai 3500 mAh
Baca juga artikel
Samsung Galaxy J2 Pro Dirilis dengan Memori Lebih Besar
Samsung Galaxy S7 Ternyata Lebih Laku di Amerika Daripada iPhone 6s
Samsung Rilis Galaxy S7 Edge Versi Olympic Games 2016

Artikel Lainnya

Komentar