HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?

HTC 10 VS Samsung Galaxy S7, Mana Yang Lebih Unggul?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 28 Apr 2016 | 18:14

HTC akhirnya menghadirkan smartphone premium terbarunya, HTC 10. Smartphone ini pun digadang-gadang menjadi penantang serius dari Samsung Galaxy S7. Apalagi, kedua smartphone ini menghadirkan chipset yang sama yakni Qualcomm Snapdragon 820.

Tentu banyak yang menduga bahwa performa kedua smartphone premium ini akan sama kuatnya. Lalu manakah yang terbaik diantara HTC 10 dan Samsung Galaxy S7, berikut perbandingannya.

Spesifikasi HTC 10 vs Samsung Galaxy S7

HTC 10 Spesifikasi  Samsung Galaxy S7
LTE Jaringan LTE
5.2 inch Super LCD5 capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.1 inch Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Android 6.0.1 Marshmallow OS Android 6.0 Marshmallow
Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 Chipset  Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820
Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo CPU  Dual-core 2.15 GHz Kryo & dual-core 1.6 GHz Kryo
Adreno 530 GPU  Adreno 530
32 GB, 64 GB / 4GB RAM Internal/RAM  32 GB, 64 GB / 4GB RAM
12MP & 5MP Kamera  12MP & 5MP
Non-removable Li-Ion 3000 mAh Baterai Non-removable Li-Ion 3000 mAh

Desain

 

HTC dan Samsung sama-sama melakukan banyak ubahan dalam desain smartphone miliknya dalam beberapa tahun ini. Namun, ternyata kedua ponsel ini tidak mengalami perubahan besar dari sisi desain dibanding seri pendahulunya. Kedua ponsel tampil dengan desain bodi premium berbodi metal.

HTC 10 tampil lebih halus dan sedikit lebih solid sehingga nyaman di tangan. Smartphone ini memiliki ukuran 145,9 x 71,9 x 9 mm dengan berat 161 gram. Dengan bodi belakang yang sedikit melengkung, membuat penguna bisa nyaman menggenggam perangkat ini.

Samsung Galaxy S7 tampil lebih mewah dengan balutan bodi metal berlapis kaca dibagian depan dan belakang. Selain itu, samsung juga menghadirkan fitur anti air dan debu IP68 yang membuat ponsel lebih aman digunakan dalam berbagai kesempatan. Ponsel premium ini memiliki ukuran 142,4 x 69,6 x 7,9 mm dengan berat 157 gram.

Layar HTC 10 menawarkan ukuran 5,2 inci dengan resolusi Quad HD 2560 x 1440 pixels. HTC juga menggunalan LCD panel bernama LCD 5. Layar ini diklaim menampilkan gambar dan video yang lebih tajam dan detail. Apalagi, terpasang juga pelindung anti gores Corning Gorilla Glass untuk menjaga layar dari goresan.

Samsung Galaxy S7 menggunakan layar berukuran 5,1 inci dengan teknologi Quad HD 2560 x 1440 pixels. Layarnya juga sudah disokong teknologi Super AMOLED yang membuat warna lebih tajam pada layar. Layar pada Samsung Galaxy S7 digadang-gadang punya susut pandang yang lebih baik.

Baca juga10 Fitur Baru Dalam HTC 10 yang Perlu Kamu Ketahui

Dapur Pacu

Ada beberapa persamaan dalam dapur pacu kedua smartphone premium ini. HTC menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 820 dengan sokongan RAM 4 GB. Mesin ini sama dengan Samsung Galaxy S7. Meski Samsung juga menghadirkan versi mesin lain, prosesor Octa-core Exynos dengan RAM 4 GB.

Kenyataannya, terdapat perbedaan performa dalam kedua smartphone ini. Namun, sejauh ini, perbedaan performa tersebut tidak mengganggu penggunaan harian. Apalagi, kedua ponsel HTC dan Samsung sudah menggunakan RAM yang sama besar. Sehingga kedua smartphone sangat cocok untuk pengguna multitasking atau bermain game. Tak lupa, kedua smartphone sudah menggunakan sistem operasi Android Marshmallow.

Memori penyimpanan

Untuk memenuhi kebutuhan penyimpanan saat ini, HTC dan Samsung menghadirkan memori internal pilihan 32 atau 64 GB. Memori ini cukup besar cocok untuk menyimpan data seperti musik, video hingga file kerja. Bila kurang, kedua produsen masih menghadirkan slot microSD.

Kamera

Samsung menghadirkan teknlogi terbaru dalam Samsung Galaxy S7. Samsung mengandalkan kamera utama 12 MP dengan teknologi Optical Image Stabilization, sensor dual pixel sehingga mampu menangkap gambar lebih tajam dan jelas. Bahkan, kamera ini bisa merekam video 4K dengan baik. Selain itu, untuk kamera depan, Samsung mengandalkan kamera depan 5 MP yang cocok untuk berselfie. Kamera ini bahkan bisa digunakan mengambil gambar dan merekam lebih cepat dibanding ponsel kamera lainnya.

HTC 10 menghadirkan peningkatan kamera yang cukup baik. Smartphone ini mengandalkan kamera utama 12 MP dengan teknologi Ultrapixel dan Optical Stabilizer. Untuk kamera depan terpasang juga kamera 5 MP. HTC bahkan menghadirkan fitur OIS  dan autofocus pada kamera depan untuk berselfie.

Kualitas Suara

HTC selama ini terkenal menghadirkan fitur multimedia yang lengkap. Dalam seri ini, HTC memasang teknologi BoomSound Hi-FI yang menawakan audio lebih jernih disokong speaker mumpuni. Sementara itu, Samsung menghadirkan speaker yang juga cukup jelas untuk penggunaan harian.

Baterai

Kedua ponsel premium, HTC 10 dan Samsung Galaxy S7 menggunakan baterai berkapasitas 3000 mAh. Keduanya juga sudah support Qualcomm Quick Charge yang membuat baterai bisa diisi ulang dengan lebih cepat. Bedanya, Samsung sudah support pula Wireless Charging.

Kesimpulan

Memilih yang terbaik antara HTC 10 dan Samsung Galaxy S7.  HTC berhasil melakukan penelitian untuk memproduksi perangkat yang tangguh dan mumpuni. HTC bahkan menghadirkan kamera yang baru dan kualitas suara yang tangguh.

Sedangkan Samsung Galaxy S7 hadir dengan layar yang lebih tajam. Selain itu, desain bodi yang dihadirkan juga cukup mewah dibanding ponsel lainnya. Untuk kamera, Samsung juga menghadirkan kamera yang baru. Bahkan kameranya diklaim sebagai kamera terbaik saat ini. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi HTC 10 VS Samsung Galaxy S7.

Tampaknya Samsung Galaxy S7 memang lebih unggul dibanding HTC 10.

 

Baca juga artikel
Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7, Duel Handphone 5.5 Inci
Duel Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Samsung Galaxy J5
Duel Phablet Layar 6 Inci, Huawei Mate 8 dan Huawei Mate 7

Artikel Lainnya

Komentar