Huawei P9 vs iPhone 6s, Apple Dapat Pesaing Berat

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 23 Agu 2016 | 18:47

Huawei P9 menjadi ponsel premium yang cukup impresif bulan April ini. Dia bahkan hadir dengan teknologi yang cukup lengkap dan canggih di kelasnya. Tak heran, banyak pengamat yang menyebut smartphone ini sebagai produk Apple-nya Cina. Huawei bahkan berani menjanjikan bahwa produknya bisa bersaing dengan smartphone terbaru Samsung hingga Apple.

Lalu, bagaimana bila ponsel Huawei ini disandingkan dengan ponsel Apple? Untuk itu, berikut perbandingan Huawei P9 dan Apple iPhone 6s berdasarkan spesifikasi yang mereka miliki.

Spesifikasi Huawei P9 dan Apple iPhone 6s

Huawei P9 Spesifikasi  Apple iPhone 6s
LTE Jaringan LTE
5.2 inch Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors Layar  4.7 inch LED-backlit IPS LCD, capacitive touchscreen, 16M colors
Android 6.0 Marshmallow OS iOS 9
HiSilicon Kirin 955 Chipset  Apple A9
Quad-core 2.5 GHz Cortex-A72 & quad-core 1.8 GHz Cortex-A53 CPU  Dual-core 1.84 GHz Twister
Mali-T880 MP4 GPU  PowerVR GT7600
32 GB, 64 GB / 3GB, 4GB Internal/RAM  16 GB, 64 GB, 128GB / 2GB
Dual 12MP (rear) & 8MP Kamera  12MP & 5MP
Non-removable Li-Ion 3000 mAh Baterai Non-removable Li-Po 1715 mAh battery

Desain

Huawei P9 hadir dengan desain elegan, tampak cantik dan mewah dengan balutan bodi kotak berbalut rangka dan bodi metal. Pesaingnya, iPhone 6s hadir dengan desain elegan khas iPhone. iPhone tidak membawa perubahan banyak dibanding seri iPhone lamanya. Namun, kalau diperhatikan Huawei P9 dan Apple iPhone 6s hadir dengan rangka aluminium dan pilihan warna bodi mirip.

Perbedaan justru terletak pada penempatan fingerprint sensor. Huawei menempatkan sensor sidik jari tersebut di bagian bodi belakang, di bawah kamera utama. Sementara Apple memasang sensor dalam tombol Home di bawah layar utama. Tentu, sensor sidik jari dari Apple lebih mudah digunakan karena terletak di depan, dibanding Huawei yang ada dibagian belakang.

Dari sisi dimensi, ternyata Huawei P9 hadir lebih ramping hanya 6,95 mm dibanding iPhone 6s yang tebalnya 7,1 mm. Untuk berat, iPhone masih ringan dengan 143 gram dan Huawei 144 gram.

Layar

iPhone 6s hadir dengan layar berukuran 4,7 inci dengan teknologi IPS dan resolusi HD 1334 x 750 pixel. Layar ini terbilang masih nyaman digunakan. Apalagi, Apple juga sudah menambahkan teknologi 3D Touch. Teknologi ini membuat setiap penekanan pada layar, menghadirkan opsi tertentu. Tentu layar ini semakin mudah dioperasikan. Layar ini juga cukup jernih kala digunakan browsing dan bermain game.

Bandingkan dengan Huawei P9 yang menggunakan layar lebih besar. Huawei memasang layar berukuran 5,2 inci. Layar ini disokong resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Sayangnya, layar ini tidak dibekali 3D Touch. Huawei hanya menghadirkan fitur 3D Touch ini dalam seri P9 Plus. Layar Huawei ini juga masih menggunakan teknologi IPS bukan AMOLED. Walaupun demikian, layar ini sudah cukup baik untuk menampilkan gambar dan video.

Baca juga: Video Adu Daya Tahan Baterai Asus ZenFone Max vs iPhone 6s Plus

Mesin

Huawei P9 digadang-gadang menggunakan mesin yang berkualitas dan berperforma tinggi untuk pasar ponsel Android premium. Huawei memasang chipset buatan sendiri yakni Hisilicon Kirin 955. Prosesor Octa-core ini memiliki kecepatan 2,5 Ghz dan semakin maksimal dengan dukungan RAM 3 GB dan memori 32 GB. Ada juga versi RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Performa prosesor yang diusung sangat cocok untuk multitasking. Bahkan dari hasil tes, chipset Huawei ini lebih cepat dibanding chipset Snapdragon dan Exynoss.

Apple juga menggunakan chipset buatan sendiri yakni Apple A9 dengan M9 Motion co-prosesor. Prosesor ini akan disokong dengan RAM 2 GB dan pilihan memori internal 16, 64 dan 128 GB. Sayangnya, Apple tidak menghadirkan slot microSD. Untuk performa, iPhone 6s terbilang cukup handal untuk multitasking dibanding generasi iPhone lama.

Untuk sistem operasi, tentu sangat sulit membandingkan sistem iOS 9.3 dan Android 6.0. Menariknya, iOS terbukti lebih cepat dan lebih halus saat dioperasikan.

Kamera

Huawei menghadirkan kamera berkualitas tinggi dalam ponsel Android premium terbarunya. Huawei mengandeng produsen kamera Leica untuk menyempurnakan kamera belakang Leica. Terpasang dual kamera utama 12 MP dengan sensor yang diklaim 28% lebih besar dan lebih baik dibanding sensor kamera Huawei P8. Sensor ini membuat kamera bisa menangkap foto lebih terang, jelas dan detail. Kamera ini juga bisa menangkap foto dan merekam video dalam kondisi gelap sekalipun. Untuk kamera depan, Huawei memasang kamera 8 MP.

Apple juga menghadirkan sistem kamera yang baru dalam iPhone 6s. Kamera ini cukup baik dengan sensor 12 MP dengan aperture f/2.2 dan true tone flash. Kamera ini bahkan bisa membuat foto animasi pendek dengan mudah. Sayangnya, tidak ada fitur image stabilization dalam ponsel iOS ini. untuk kamera depan, Apple hanya menggunakan kamera selfie 5 MP saja.

Baterai

Huawei P9 menggunakan baterai 3000 mAh yang cukup besar untuk penggunaan harian. Sementara Apple iPhone 6s hanya menggunakan baterai 1715 mAh saja.

Kesimpulan

Tak bisa dibohongi, Huawei P9 memang hadir sebagai ponsel Android premium terbaik. Dari berbagai sektor seperti layar, mesin, RAM hingga kamera, Huawei lebih unggul dibanding Apple. Namun, untuk sistem operasi, ternyata iOS tetap hadir lebih cepat dan lebih halus untuk penggunaan harian. Tidak hanya itu, dengan harga yang sedikit lebih murah, Huawei P9 memang layak dipilih.

Baca juga artikel:
HTC 10 VS LG G5, Mana yang Lebih Superior?
Adu Kecepatan Chipset Samsung Galaxy S7: Exynos Vs Snapdragon
iPad Pro 9.7 inci Vs iPad Air 2, Apa Bedanya?

Artikel Lainnya

Komentar