HTC 10 VS LG G5, Mana yang Lebih Superior?

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 14 Apr 2016 | 16:10

HTC baru saja mengeluarkan flagship barunya, HTC 10. Produsen ini secara langsung mengeluarkan produk untuk bisa bersaing dengan Samsung dan LG yang belum lama merilis flagship barunya.

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Disandingkan dengan LG G5 yang saat ini mulai dijual ke pasar, HTC 10 memiliki banyak kemiripan. Ia hadir dengan inovasi yang bisa disejajarkan dengan smartphone modular tersebut.

Lantas, manakah yang lebih menawan? HTC 10 atau LG G5? Simak ulasannya berikut ini:

HTC 10 Spesifikasi  LG G5
LTE Jaringan LTE
Super LCD5 5.2 inch Quad HD Layar  IPS 5.3 inch Quad HD, Always On
Android OS, v6 Marshmallow OS Android OS, v6 Marshmallow
Qualcomm Snapragon 820 Chipset  Qualcomm Snapragon 820
Dual Core 2.15 GHz Kryo & dual core 1.6 GHz Kryo CPU  Dual Core 2.15 GHz Kryo & dual core 1.6 GHz Kryo
Adreno 530 GPU  Adreno 405
32/64 GB, 4GB RAM Internal/RAM  32/64 GB, 4GB RAM
12MP & 5MP Kamera  16MP, 8MP & 8MP
Non-removable 3000 mAh Baterai Removable 2800 mAh

Desain

HTC 10 mengusung bodi berbahan metal, dengan sisi melengkung yang stylish, serta dilengkapi dengan sensor sidik jari yang diapit oleh tombol kapasitif. Di sini, HTC tidak menambahkan speaker BoomSound pada bagian depan, berbeda dengan seri terdahulunya.

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Melalui dimensi bodi berukuran 145.9 x 71.9 mm dengan sisi lengkung berukuran 3mm dan 9 mm, bobot smartphone ini hanya sebesar 161 gram saja. Sekalipun di sisi depan tidak terdapat speaker BoomSound, namun ia tetap memiliki sektor audio mampuni, kini bernama BoomSound Hi-Fi.

Sementara pesaingnya, LG G5, memiliki desain modular dan menggunakan material metal, dilengkapi dengan baterai removable di bagian bawah, serta memungkinkan pengguna untuk menambahkan berbagai perangkat tambahan dari koleksi LG Friends di sisi bawah tersebut.

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

G5 mempunyai dimensi bodi sebesar 149.4 x 73.9 x 7.7mm dan berat 159 gram, sedikit lebih lebar dan besar ketimbang HTC 10. Mengenai sensor sidik jari, kamu dapat menemukannya di bagian belakang dekat kamera.

Di sini, kamu yang menyukai smartphone bergaya simple namun menawan dapat memilih HTC 10. Sementara kamu yang ingin tampilan berbeda, LG G5 menjadi pilihan yang sangat pas.

Baca juga Harga Handphone Android HTC Terbaru

Layar

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Mengenai layar, HTC 10 mengusung panel Super LCD 5 berukuran 5.2 inch, memiliki resolusi Quad HD dengan kerapatan 565 ppi. LG G5 tawarkan layar lebih besar, 5.3 inch, mengusung resolusi yang sama, dengan kerapatan 554 ppi.

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Sekalipun kerapatan layar pada LG G5 lebih rendah, namun G5 mempunyai fitur Always On, memungkinkan pengguna dapat melihat notifikasi seperti jam, kalender dan informasi lainnya melalui layar yang terus menyala, dimana hal ini tidak terdapat pada HTC 10.

Kamera

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Di sektor kamera, HTC melakukan perbaikan terkait kinerja sektor fotografi yang dikeluhkan pengguna pada flagship terdahulunya. Di HTC 10, kamu dapat menemukan sensor 12 MP UltraPixel di bagian belakang, dilengkapi aperture f/1.8, laser autofocus dan dual tone LED flash.

Bersamaan dengan itu, ada pula kamera depan dengan sensor 5 MP, dilengkapi dengan aperture f/1.8, autofocus dan optical image stabilisation, membuatnya mampu menangkap gambar selfie dengan sangat baik.

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Lalu di LG G5, tersedia sensor dual kamera berukuran 16 MP dan 8 MP dengan lensa wide angle 135 derajat, disertai dengan laser autofocus, optical image stabilisation dan LED flash. Di sisi depannya, ada kamera 8 MP yang lebih mumpuni ketimbang kamera selfie milik HTC, namun tidak dilengkapi dengan OIS.

Hardware

spesifikasi LG G5 vs HTC 10

Kedua smartphone premium ini sama-sama menyertakan chipset paling kuat saat ini, Qualcomm Snapdragon 820, dilengkapi dengan RAM berukuran 4 GB untuk menopang kinerja multitasking, serta internal storage berukuran 32 GB dan opsi 64 GB khusus untuk HTC 10.

Yang menarik, LG mempunyai slot memori eksternal yang memungkinkan pengguna dapat menambahkan microSD, membuatnya lebih unggul ketimbang HTC 10 yang tidak memiliki fitur tersebut.

Berbicara baterai dan fitur konektivitas, HTC 10 tawarkan baterai berkapasitas 3.000 mAh dengan dukungan USB Type-C dan Quick Charge 3.0, sementara LG G5 mengusung fitur yang sama namun kapasitas baterainya sedikit lebih kecil, 2.800 mAh saja.

Sekalipun kapasitas baterai pada LG G5 lebih kecil, namun baterainya yang removable menjadi nilai lebih, membuat pengguna dapat mengganti baterai dengan sangat mudah, berbeda dengan HTC 10 yang bergaya unibody.

Baca juga Yang Perlu Kamu Tahu Mengenai Spesifikasi HTC 10

Softwarespesifikasi LG G5 vs HTC 10

Kedua flagship ini dijalankan pada sistem operasi terbaru, Android 6.0 Marhsmallow. Kendati demikian, keduanya mempunyai tampilan UI berbeda, dimana HTC 10 mengusung Sense UI, sementara LG G5 tampil dengan Optimus UX.

Optimus UX sendiri saat ini menghilangkan app launcher, sementara HTC 10 memodifikasi tampilan stock Android dengan lebih unik, namun tetap menghadirkan esensi sesungguhnya menggunakan sistem operasi Android.

Kesimpulan

Di awal kemunculannya, LG G5 menyita perhatian semua orang melalui desain modular yang tidak ditawarkan oleh flagship lainnya. Untuk kamu yang menyukai hal baru, tentu saja perangkat ini dapat menjadi pilihan.

Sementara itu, HTC 10 tawarkan desain menawan dengan banyak sentuhan premium, namun penggunaanya masih konvensional seperti smartphone kebanyakan. Untuk kamu yang menyukai tampilan simpel namun fungsi yang kaya, HTC 10 bisa kamu pilih. Kamu juga bisa cek halaman perbandingan spesifikasi LG G5 vs HTC 10.

Diluar itu, keduanya menghadirkan performa yang tidak jauh berbeda karena penggunaan chipset yang sama, serta memiliki kemampuan kamera yang sama-sama baik, mampu mendukung hobi para fotografer mobile dengan mampuni.

 

Baca juga artikel
Beda Spesifikasi Huawei P9 dan Huawei P8
Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro dan Samsung Galaxy A9 2016
Perbedaan Spesifikasi iPhone SE dan iPhone 6s

Artikel Lainnya

Komentar