Beda Spesifikasi Huawei P9 dan Huawei P8

Beda Spesifikasi Huawei P9 dan Huawei P8

Oleh Aris Wibowo on Senin, 09 Mei 2016 | 13:13

Setelah disimpan cukup lama, akhirnya Huawei merilis juga smartphone Android premium terbarunya yakni Huawei P9. Ini merupakan ponsel Android terbaru yang menghadirkan peningkatan cukup tinggi dibanding seri pendahulu yakni Huawei P8.

Huawei bahkan mengklaim smartphone terbarunya menjadi smartphone tercepat dan terbaik, apalagi dalam urusan kamera. Namun, seberapa besarkan perubahan dalam Huawei P9? Apa saja perbedaan dengan seri Huawei P8?

Desain

Huawei P9 dan Huawei P8

Huawei P8 hadir dengan tampilan cukup menarik. Smartphone ini cukup elegan tanpa ubahan yang berarti dari seri Huawei P7. Ponsel Android ini hadir dengan dimensi yang pas dan berat yang ideal sehingga nyaman digenggam.

Huawei P9 dan Huawei P8

Sementara dalam Huawei P9 terdapat desain yang elegan dan lebih segar dibanding Huawei P8. Smartphone ini bahkan menghadirkan bodi metal yang solid dan kokoh, bahkan bodi yang dihadirkan terbilang halus dengan sudut melengkung yang nyaman. Dibagian bodi belakang pun, Huawei sudah menghadirkan sensor sidik jari. Untuk dimensi, ponsel Android premium ini hadir lebih besar dibanding seri sebelumnya, namun tetap ramping sehingga nyaman dioperasikan.

Baca juga Harga Handphone Android Huawei Terbaru

Layar

Huawei P9 dan Huawei P8Huawei P8 Via WCCFTECH

Huawei tampaknya tidak melakukan ubahan berarti pada layar. Huawei P9 menggunakan layar 5.2 inci dengan sokongan teknologi IPS dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar ini tidak berbeda jauh dengan Huawei P8 yang juga menggunakan layar 5.2 inci dengan resolusi Full HD. Walaupun sekilas tidak berubah, namun ketika di tes, layar dalam Huawei P9 mampu menampilkan warna yang tajam dan jernih. Kedua layar ponsel ini juga sudah disokong pelindung anti gores untuk melindungi layar dari goresan.

Mesin

Huawei P9 dan Huawei P8

Dari bagian mesin, kedua ponsel Android premium ini hadir dengan mesin buatan Huawei sendiri. Huawei P8 menggunakan chipset Hisilicon Kirin 955. Prosesor Octa-core ini disokong RAM 3 GB dengan memori internal 32 GB atau RAM 4 GB dengan memori internal 64 GB. Tentu spesifikasi ini membuat kinerja smartphone cukup cepat dan lancar untuk bermain game.

Huawei P9 menggunakan chipset Kirin 930. Prosesor Octa-core ini akan disokong RAM 3GB dan memori penyimpanan 16 atau 64 GB. Kinerja chipset dalam Huawei P8 memang cukup cepat. Namun, chipset terbaru dalam Huawei P9 lebih cepat bahkan dibanding chipset Samsung Exynos 7420. Tak heran, beberapa pengamat menyebutkan bahwa Huawei P9 menjadi salah satu ponsel Android dengan mesin tercepat.

Untuk sistem operasi Huawei P9 dibekali sistem terbaru Android Marshmallow dengan UI Emoticon 4.1. Huawei mengklaim sistem ini akan berjalan lebih cepat dan lebih halus dalam ponsel terbarunya dibanding pendahulunya. Dalam ponsel Android terbaru ini bahkan hadir dengan teknologi power management terbaru yang membuat ponsel semakin hemat.

Sementara itu Huawei P8 masih dibekali sistem Android Lollipop dengan UI Emoticon. Smartphone ini hadir dengan software Android stock sehingga lebih minimalis.

Baca juga Rumor Huawei Honor 5C Akan Hadir Dengan Chipset Baru

Kamera

Huawei P9 dan Huawei P8

Beberapa tahun ini, Huawei fokus mengembangkan sektor kamera dalam smartphonenya. Hal ini nampak dalam Huawei P9. Huawei bahkan bekerja sama dengan Leica untuk menghadirkan kamera yang andal untuk mengambil gambar dan merekam video.

Untuk kamera, Huawei P9 mengusung kamera yang sama dengan Huawei P9.  Dibagian kamera utama terpasang dual kamera 12 MP dengan lensa Leica SUMMARIT H 1: 2.2/27 ASPH aperture f/2.2 dengan sensor BSI. Tak lupa terpasang teknologi phase-detection autofocus dan laser autofocus.

Huawei P9 dan Huawei P8

Terdapat juga dual Flash untuk membantu penerangan. Namun, ternyata salah satu dari kamera utama tersebut merupakan kamera tanpa warna atau monochrome. Sedangkan dibagian depan, Huawei P9 menggunakan kamera depan 8 MP dengan sensor BSI yang mumpuni untuk selfie.

Perubahan tersebut cukup jauh bila dibandingkan dengan Huawei P8. Ponsel Android 4G LTE ini masih menggunakan kamera utama 13 MP dengan fitur OIS, autofocus dan Duak LED. Sementara dibagian kamera depan, Huawei menggunakan kamera 8 MP.

Baterai

Huawei P8 menggunakan baterai berkapasitas 2680 mAh yang ternyata cukup mengejutkan banyak pihak karena cukup hemat walaupun berkapasitas kecil. Ponsel lama ini bahkan bisa digunakan selama 1,5 hari dalam pemakaian normal dalam sekali charge.

Belajar dari hal tersebut, Huawei memasang baterai berkapasitas 3000 mAh dalam Huawei P9. Tentu dengan baterai yang lebih besar membuat smartphone Android premium ini bisa digunakan lebih lama. Huawei juga sudah menghadirkan teknologi fast charging sehingga pengguna semakin terbantu kala mengisi baterai.

Kesimpulan

Huawei P9 memang hadir dengan peningkatan yang cukup banyak dan signifikan. Perbedaan mesin, desain dan kamera memang cukup berpengaruh. Apalagi dibagian kamera, Huawei bekerjasama dengan Leica. Namun, sayangnya harga smartphone ini masih cukup tinggi. Sementara itu, Huawei P8 tidak kalah menarik. Smartphone ini cukup baik secara kamera, mesin hingga baterai. Jadi semua kembali kekebutuhan kamu. Kamu juga bisa cek halaman Perbandingan Spesifikasi Huawei P8 VS Huawei P9.

 
Baca juga artikel
Huawei Resmi Hadirkan Ponsel Android Premium, Huawei P9 dan Huawei P9 Plus
Huawei Luncurkan Huawei Y6 Pro dengan Baterai 4000 mAh
Smartphone Huawei GX8 Rilis, Bawa Bodi Metal dan Kamera 13MP

Artikel Lainnya

Komentar