Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro dan Samsung Galaxy A9 2016

Beda Spesifikasi Samsung Galaxy A9 Pro dan Samsung Galaxy A9 2016

Oleh Aris Wibowo on Senin, 04 Apr 2016 | 15:45

Setelah dirumorkan beberapa bulan lalu, Samsung, akhirnya resmi merilis smartphone terbaru, Samsung Galaxy A9 Pro. Smartphone ini hadir untuk melengkapi jajaran Samsung Galaxy A series yang terbilang cukup sukses di pasar Asia.

Ponsel Android terbaru ini diharapkan menjadi produk unggulan dalam jajaran A series tahun 2016 seperti Galaxy A3, Galaxy A5, Galaxy A7 dan Galaxy A9. Lalu, apa saja perbedaan samsung Galaxy A9 Pro dengan Samsung Galaxy A9 2016? Berikut perbandingannya.

Desain

Samsung Galaxy A9 Pro vs Samsung Galaxy A9 2016

Samsung menghadirkan desain yang mewah pada Samsung  Galaxy A9 Pro maupun Samsung Galaxy A9 2016. Sekilas desain kedua perangkat ini memang tidak berubah banyak. Samsung mengusung desain bodi mengkotak dengan sudut melengkung sehingga tetap nyaman dioperasikan. Samsung juga menghadirkan panel bodi belakang yang berlapis kaca Gorilla Glass 4. Tentu ini membuat smartphone nampak mewah dan solid. Bodi belakang ini tentu sama dengan yang terpasang pada smartphone premium Samsung lainnya.

Sayangnya, untuk dimensi, Samsung juga tidak menghadirkan ubahan yang berarti. Kedua smartphone masih menggunakan ukuran 161,7 x 80.9 x 7,4 mm dan berat 200 gram. Tentu dimensi yang ditawarkan cukup besar sehingga tidak cocok untuk disimpan disaku. Untungnya, ponsel Android kelas menengah ini cukup tipis sehingga tetap nyaman digenggam.

Masih sama seperti seri Galaxy lainnya, Samsung juga menghadirkan Fingerprint sensor yang terletak pada tombol home.

Baca juga Harga Handphone Android Samsung Terbaru

Layar

Samsung Galaxy A9 Pro vs Samsung Galaxy A9 2016

Samsung juga tidak menghadirkan perbedaan berarti pada bagian layar dalam kedua ponsel Android terbaru ini. Samsung menghadirkan layar sentuh berukuran cukup lebar yakni 6 inci. Layar ini tentu cukup nyaman untuk pengoperasian harian seperti bermain game, menonton video ataupun browsing.

Samsung juga sudah menggunakan teknologi Super AMOLED. Teknologi ini membuat layar bisa menampilkan gambar dan tampilan yang cukup jernih dan tajam. Bahkan produsen asal Korea ini membenamkan resolusi layar Full HD 1080 x 1920 pixels. Memang resolusi layar yang dihadirkan tidak setinggi resolusi QHD yang saat ini sedang tren. Namun, hal ini tidak mengurangi kualitas layar dari Samsung A series ini. Apalagi, sudah terpasang pelindung anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Mesin

Samsung juga masih menggunakan mesin kelas menengah yang sama. Samsung A9 Pro dan Samsung A9 2016 masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 652. Prosesor octa-core ini cukup memadai untuk multitasking hingga bermain game. Ponsel Android terbaru ini juga sudah dibekali GPU Adreno 510 sehingga grafis yang ditampilkan cukup detail.

Samsung Galaxy A9 Pro vs Samsung Galaxy A9 2016Via norebbo

Perbedaan kedua smartphone ini justru tampak dibagian RAM. Samsung menghadirkan RAM yang lebih besar dalam Samsung Galaxy A9 Pro yakni 4 GB. Sedangkan, Samsung Galaxy A9 2016 hanya menggunakan RAM 3 GB. Tentu dengan RAM yang lebih besar, Performa yang dibawa dalam Samsung A9 Pro lebih baik dan lebih cepat dibanding Samsung A9 2016.

Perbedaan selanjutnya, Samsung Galaxy A9 pro menggunakan sistem Android terbaru, Android 6.0 Marshmallow. Sedangkan Samsung Galaxy A9 hanya menggunakan sistem Android Lollipop. Tentu dengan sistem yang lebih baru, Ponsel Android terbaru.

Sedangkan untuk memori penyimpanan, Samsung tidak ingin mengecewakan pengguna setiannya. Kedua smartphone ini akan membawa memori internal 32 GB. Tidak hanya itu, Samsung menghadirkan slot microSD untuk menambah memori penyimpanan bila kurang. Hal ini cukup melegakan banyak pihak. Pasalnya, Samsung sempat menghilangkan slot microSD pada beberapa smartphone Androidnya.

Baca juga Adu Android 2 Jutaan: Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Kamera

Samsung Galaxy A9 Pro vs Samsung Galaxy A9 2016

Berlanjut ke bagian kamera, Samsung Galaxy A9 pro menggunakan kamera utama yang lebih besar yakni 16 MP. Kamera ini sudah dilengkapi dengan teknologi OIS, Autofocus dan LED Flash. Teknologi OIS ini membuat kamera ini bisa memotret subjek dengan lebih jelas meski dalam kondisi goyang. Kamera utama ini sudah bisa digunakan untuk merekam video Full HD. Untuk bagian kamera depan, Samsung menggunakan kamera depan 8 MP yang handal untuk selfie. Kamera depan ini juga bisa digunakan merekam video Full HD 1080p.

Sementara itu, dalam Samsung Galaxy A9 2016, Samsung menggunakan kamera 13 MP. Kameranya memang tidak sebesar kamera Samsung A9 Pro. Namun, teknologi yang dibawanya tidak berbeda jauh, seperti teknologi OIS, autofocus hingga LED Flash. Untuk kamera depan, juga terpasang kamera depan 8 MP yang sama.

Baterai

Samsung juga menghadirkan perbedaan pada bagian baterai kedua ponsel Android terbaru. Samsung Galaxy A9 Pro dibekali baterai berkapasitas 5000 mAh. Tentu ini membuat smartphone 4G LTE ini bisa bertahan lebih lama. Samsung tak lupa membenamkan fitur Fast Charging sehingga baterai bisa cepat terisi kembali. Sementara itu, Samsung Galaxy A9 2016 dibekali baterai 4000 mAh.

Kesimpulan

Samsung Galaxy A9 Pro hadir dengan perbedaan yang menjanjikan dibanding Samsung Galaxy A9 2016. Nama Pro yang dilekatkan ternyata berasal dari perubahan RAM, Kamera dan baterai. Tentu dengan perbedaan ini Samsung Galaxy A9 Pro memang lebih baik dibandingkan Samsung Galaxy A9 2016.

 

Baca juga artikel
Adu Kecepatan Chipset Samsung Galaxy S7: Exynos Vs Snapdragon
Gahar Mana Lenovo K4 Note Vs Vibe P1?
iPhone SE Vs iPhone 5s: Haruskah Saya Upgrade ke iPhone SE?

Artikel Lainnya

Komentar