Beda Layanan Musik Streaming Spotify dengan Joox dan Apple Music

Beda Layanan Musik Streaming Spotify dengan Joox dan Apple Music

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 30 Mar 2016 | 17:55

Spotify baru saja masuk ke Indonesia. Namun, layanan musik streaming yang bisa dinikmati ada banyak, misalnya seperti Joox dan Apple Music yang sudah lebih dulu masuk ke Tanah Air.

Nah, bagaimana dengan layanan Joox dan Apple Music? Apakah Spotify dapat menyalip dua layanan yang sudah ada tersebut?

Joox MusicJoox

Joox Music merupakan aplikasi musik streaming yang dibuat oleh Tencent, developer yang juga membuat aplikasi WeChat. Lebih dulu masuk ke Malaysia dan Hong Kong, aplikasi ini meluncur di Indonesia pada Oktober 2015 lalu.

Sama halnya dengan Spotify, Joox Music mempunyai beberapa pilihan kualitas audio yang bisa kamu dengarkan. Sementara itu, kualitas audio paling tinggi mempunyai ukuran maksimal 10 MB saja.

Tak kalah dengan Spotify, Joox Music juga memilki berbagai macam fitur menarik. Pertama, ia dilengkapi dengan fitur Timer yang akan mematikan aplikasi secara otomatis saat pengguna tertidur. Lalu, ada pula fitur Offline Play untuk mendengarkan musik tanpa tersambung ke internet, juga Radio yang berisikan playlist dari para pelaku industri musik di Indonesia.

Penambahan konten pada Joox Music juga terlihat menarik. Misalnya fitur Editor’s Player yang berisikan sejumlah lagu berdasarkan rekomendasi dari orang-orang yang berada di industri musik, dimana isinya akan berubah sesuai hari, mengikuti tema harian atau momen yang terjadi di Indonesia.

Tak ketinggalan, Joox Music juga dilengkapi fitur Local Flavor. Fitur ini berisikan konten dari musisi lokal tanah air, memungkinkan pengguna dapat mengetahui informasi dari musisi seperti perilisan lagu baru, serta berkaraoke ria menggunakan bantuan fitur Lyrics.

Disamping memungkinkan kamu mendengarkan musik secara streaming, Joox Music juga dapat dijadikan sebagai pemutar musik. Aplikasi ini dapat mengenali file musik yang ada di dalam smartphone pengguna, memungkinkan kamu tak perlu menggunakan banyak aplikasi untuk mendengarkan musik.

Joox Music tersedia untuk pengguna yang memakai perangkat Android dan iOS. Untuk menikmati layanan premium, kamu diharuskan membayar Rp 49 ribu. Selain itu, kamu pun dapat menikmatinya secara gratis dengan login melalui akun WeChat.

Baca juga Harga Paket Streaming Musik Spotify di Indonesia

Apple MusicApple Music

Saingan Spotify kedua adalah Apple Music, meluncur ke tanah air sejak tahun 2015 lalu, memiliki banyak pengguna, terhitung sebanyak 10 juta pengguna menggunakan Apple Music premium dalam enam bulan peluncurannya.

Sama halnya dengan Spotify, Apple Music memiliki fitur playlist yang menarik. Di sini, kamu dapat mendengarkan lagu dengan musik yang variatif, direkomendasikan oleh staf Apple dan orang-orang di industri musik.

Selain itu, kamu pun dppat mendengarkan lagu-lagu terbaik dari album lama para musisi atau band, memberikan referensi baru pada pengguna dalam mendengarkan musik, sekaligus menjadi nilai tambah ketimbang aplikasi musik streaming Spotify dan Joox.

Sama halnya dengan Spotify, Apple Music juga memiliki kemampuan pintar, mengenali jenis musik yang paling sering didengarkan pengguna. Dengan begitu, layanan ini akan merekomendasikan playlist dan album yang sesuai dengan selera kamu melalui menu For You.

Sementara itu, koleksi lagu yang kamu beli di iTunes pun dapat terintegrasi dengan baik melalui Apple Music, memiliki kemampuan yang lebih baik dan dilaporkan telah menghilangkan bug yang sebelumnya dikeluhkan pengguna Apple Music di awal-awal layanan ini muncul.

Tak hanya itu, Apple juga menambahkan fitur menarik bernama Apple Music Connect. Di sini, Apple memungkinkan musisi dan penggemar memiliki kedekatan tanpa batas, memanfaatkan jejaring sosial seperti Twitter, SoundCloud dan Instagram sebagai medium untuk musisi dalam mengupload demo atau konten eksklusif.

Bagi pengguna iPhone, Apple Music telah terintegrasi ke dalam perangkat. Yang menarik, kamu pengguna Android pun dapat menikmati layanan ini dengan baik, dapat diunduh lewat Google Play Store.

Memberikan masa trial gratis selama tiga bulan, kamu harus berlangganan sebesar Rp 69 ribu perbulan untuk menikmati layanan ini. Selain itu, ada pula paket Family Sharing, memungkinkan kamu dan keluarga untuk menikmati layanan streaming musik hingga enam Apple ID seharga Rp 109 ribu saja.

Jika dibandingkan dengan Spotify, kedua aplikasi di atas memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Disamping ketiganya memungkinkan kamu mendengarkan musik secara offline, namun ketiganya dilengkapi dengan berbagai fitur pintar yang dapat disesuaikan menurut kebutuhan pengguna.

Mengenai biaya, Spotify dan Joox Music menawarkan biaya berlangganan yang sama harganya, sementara Apple Music tidak memiliki opsi berlangganan gratis dan menawarkan biaya berlangganan yang sedikit lebih tinggi.

Untuk itu, kamu yang ingin menggunakan aplikasi musik streaming dengan pilihan playlist yang kaya, kamu dapat memilih Spotify. Sementara itu, kamu yang ingin menikmati musik dengan playlist bertema unik dapat memilih Apple Music dan Joox Music ideal untuk digunakan oleh kamu yang ingin mendengakan musik-musik baru dari musisi lokal.

 
Baca juga artikel
Mengenal Fitur Musik Streaming Online Spotify
6 Pemutar Musik Android Terbaik Maret 2016
14 Pemutar Musik Android Unik dengan Lirik dan Format Audio Lengkap

Artikel Lainnya

Komentar