Perbedaan Spesifikasi iPhone SE dan iPhone 6s

Perbedaan Spesifikasi iPhone SE dan iPhone 6s

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 30 Mar 2016 | 18:31

Beberapa waktu lalu, Apple resmi memperkenalkan varian baru iPhone SE yang hadir dengan desain kompak dan mesin powerful. Smartphone ini bahkan digadang-gadang siap menjadi pesaing tangguh ponsel Android di kelas menengah. Hal ini bukan omong kosong. Pasalnya Apple membenamkan sebagian spesifikasi iPhone 6s pada perangkat iOS terbaru ini.

Dalam iPhone SE, Apple membawa chipset A9 yang powerful disokong RAM 2 GB hingga kamera 12 MP khas iPhone 6s dibagian belakang. Tidak hanya itu, iPhone SE hadir dengan desain yang kompak layaknya iPhone 5s. Tentu desain kompak dan spesifikasi yang mumpuni membuat ponsel iOS terbaru ini penantang serius di smartphone kelas menengah.

Tentu ini membuat bingung bagi kamu yang hendak membeli perangkat iPhone. Apalagi harga iPhone SE cukup terjangkau dibandingkan iPhone 6s. Lalu, apa saja perbedaan kedua perangkat Apple ini selain ukuran layar dan desain? Berikut uraiannya.

iPhone SE tanpa 3D Touch

iPhone SE dan iPhone 6s

Apple kembali menghadirkan layar 4 inci dalam iPhone SE. Layar ini dianggap masih mumpuni untuk penggunaan harian. Meski layarnya lebih kecil dibanding iPhone 6s yang berukuran 4.7 inci, Apple tetap menghadirkan fitur retina display, namun dengan spesifikasi lain yang lebih rendah. Misalnya, layar ini hanya menggunakan resolusi 640 x 1136 pixels berbeda dengan kakaknya yang menggunakan resolusi 750 x 1334 pixels.

Selain itu, dalam layar iPhone SE juga tidak terdapat fitur 3D Touch layaknya layar iPhone 6s. Artinya iPhone terbaru ini tidak bisa mendeteksi tekanan jarimu. Tidak hanya itu, dalam iPhone SE tidak terdapat Quick Actions.

Selain itu, dalam iPhone SE tidak terdapat Taptic Engine. Taptic Engine merupakan sebuah vibration motor modern. Komponen ini membuat fitur 3D Touch dalam iPhone 6s semakin sempurna. Salah satu alasan dihilangkannya fitur 3D Touch dan Taptic engine tentu karena dimensi iPhone SE lebih kecil sehingga tidak banyak ruang tersisa. Walaupun tanpa fitur tersebut, layar 4 inci ini cukup responsive dan nyaman digunakan.

Baca juga 5 Ponsel Android Penantang iPhone SE

iPhone SE menggunakan sensor Touch ID lama

iPhone SE dan iPhone 6s

Sama seperti seri iPhone lainnya, iPhone SE juga dibekali touch ID sensor yang bisa membaca sidik jari. Touch ID ini terletak sama di tombol Home. Sayangnya, saat digunakan sensor dalam iPhone SE lebih lambat dibanding iPhone 6S. Hal ini terjadi karena Apple menggunakan sensor touch ID lama. Sensor ini kabarnya sama seperti sensor dalam Apple iphone 5s.

Kamera depan lebih rendah

Seperti yang sudah dibahas di atas, iPhone SE menggunakan kamera utama yang sama dengan iPhone 6s yakni 12 MP. Kamera utama ini dibekali teknologi phase detection autofocus, dual LED dan sensor image baru. Namun untuk kamera depan, iPhone SE tidaklah terlalu mengesankan bahkan sedikit mengecewakan. Pasalnya smartphone iOS ini hanya mengandalkan kamera depan 1,2 MP f2.4. Berbeda dengan iPhone 6s yang menggunakan kamera depan 5 MP f2.2.

Tentu kamera depan iPhone 6s jauh lebih baik kala digunakan berfoto selfie. Walaupun demikian, kedua smartphone memiliki fitur display light untuk penerangan kala selfie.

Tidak ada memori 128 GB

Apple sudah sejak lama menghadirkan perangkat tanpa memori eksternal. Tak heran, Apple menghadirkan memori internal besar pada perangkatnya. Dalam iPhone misalnya, kamu bisa menemukan memori internal mulai 16, 32 hingga 128 GB. Sayangnya, dalam iPhone SE, Apple tidak menghadirkan pilihan memori 128 GB. Ini tentu mengecewakan bagi pengguna iPhone yang sering menyimpan data di smartphone.

Apple hanya menghadirkan pilihan memori 16 GB dan 64 GB dalam iPhone SE. Sedangkan iPhone 6S memiliki memori 16, 64 dan 128 GB.

Baca juga iPhone SE Vs iPhone 5s: Haruskah Saya Upgrade ke iPhone SE?

iPhone SE Lebih Hemat Baterai

iPhone SE kabarnya menghadirkan baterai yang lebih hemat. Padahal iPhone SE ini hanya menggunakan baterai berkapasitas 1642 mAh. Bandingkan dengan iPhone 6s yang menggunakan baterai berkapasitas 1715 mAh. Menariknya kala digunakan browsing, iPhone SE bisa bertahan hingga 13 jam, sedangkan iPhone 6s hanya 11 jam saja. Lebih hematnya iPhone SE ini disebabkan layar dan resolusi layar yang lebih kecil.

Koneksi iPhone SE tidak sebaik iPhone 6s

Kebanyakan smartphone saat ini sudah menggunakan fitur jaringan 4G LTE. iPhone SE juga sudah support LTE Advanced connectivity. Teknologi ini juga terdapat dalam iPhone 6s. Namun, ternyata untuk kecepatan data, iPhone 6s lebih cepat. Tidak hanya itu, smartphone terbaru iOS ini tidak dibekali antena MiMO sehingga jaringan Wifi dalam iPhone SE tidak terlalu jauh.

Kesimpulan

iPhone SE hadir dengan desain kompak dan spesifikasi yang berkelas. Apple memang menghadirkan iPhone ini untuk menarik perhatian pengguna iPhone generasi lama seperti iPhone 4 dan iPhone 5, yang mengingkan ponsel berfitur iPhone 6s. Tentu dengan harga yang lebih terjangkau tidak semua fitur dalam iPhone 6s bisa dirasakan dalam iPhone SE. Jadi, semua kembali ke kebutuhan kamu. Bila dana terbatas tentu iPhone SE sudah sangat mumpuni. Namun, bila dana berlebih, iPhone 6s tentu pilihan yang sebanding.

 
Baca juga artikel
Apple iPhone SE, Spesifikasi dan Harganya Siap Libas Ponsel Menengah
Apple Event Munculkan iPhone SE, iPad Pro 9,7’ dan Produk Anyar Lain
Tips iOS 9: Cara Setting iPhone Sebagai Wifi Hotspot Dalam 1 Menit

Artikel Lainnya

Komentar