Adu Kecepatan Chipset Samsung Galaxy S7: Exynos Vs Snapdragon

Oleh Aris Wibowo on Senin, 28 Mar 2016 | 13:03

Tahun lalu, awalnya Samsung Galaxy S6 akan hadir dalam dua versi, yakni Exynos 7420 dan Qualcomm Snapdragon 810. Namun, hanya versi chipset Exynos saja yang muncul, pasalnya saat itu itu chipset Qualcomm diterpa masalah overheat sehingga membuat beberapa produsen enggan menggunakan prosesor seri 810.

Sementara di tahun 2016 ini, Samsung telah resmi melepas smartphone premium terbarunya, Samsung Galaxy S7 ke pasaran. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi tinggi, termasuk penggunaan mesin yang hadir dalam dua versi chipset yakni Exynos 8890 prosesor octa-core untuk versi internasional dan Qualcomm Snapdragon 820 prosesor Quad-core untuk versi Amerika. Kembalinya dua versi chipset dalam Samsung Galaxy S7 diharapkan bisa memuaskan penggunanya. Maka tentu menarik mengetahui mana diantara kedua versi chipset ini yang terbaik?

Galaxy S7 Exynos Vs Snapdragon

Performa

Sebelum Samsung menghadirkan versi mesin yang berbeda untuk pasar Amerika, smartphone Samsung selalu menggunakan mesin yang bertenaga. Bahkan dalam varian Samsung Galaxy S7, produsen asal Korea ini kembali menghadirkan mesin yang tangguh dan cocok untuk multitasking.

Menurut data, chipset Qualcomm lebih rendah nilai benchmarks dan multicorenya dibanding Exynos. Hal ini terasa wajar mengingat Exynos memiliki kecepatan 4 x 2.3 Ghz dan 4 x 1.5 Ghz, Sedangkan Snapdragon hanya memiliki kecepatan 2 x 2.1 Ghz dan 2 x 1.59 Ghz.

Baca juga Harga Handphone Samsung Galaxy Terbaru

Galaxy S7 Exynos Vs Snapdragon

Untuk Samsung Galaxy S7 yang menggunakan chipset Qualcomm juga sudah dibekali GPU Adreno 530 hingga memori RAM berkecepatan 1.8 Mhz. Bandingkan dengan yang versi Exynos dibekali GPU Mali T880 dan RAM berkecepatan 1.7 Ghz.

Tak heran, dengan jumlah core yang lebih banyak, samsung Galaxy S7 dengan chipset Exynos sedikit lebih boros daripada versi Qualcomm Snapdragon 820.

Adu Kecepatan Chipset Exynos dan Qualcomm dalam Samsung Galaxy S7

Setelah memahami performa tertulis dari kedua versi Samsung Galaxy S7, saatnya dilakukan tes kecepatan pada kedua versi. Dalam sebuah video tes kecepatan tampak sebuah Samsung Galaxy S7 versi Qualcomm di sisi kiri layar dan sebuah Samsung Galaxy S7 versi Exynos di sisi kanan.

Sebelum melakukan tes, beberapa aplikasi bloatware dihapus dari perangkat sehingga tes kecepatan makin berimbang. Dan tes pun dimulai dengan jalan kedua perangkat dipaksa membuka banyak aplikasi. Samsung Galaxy S7 dipaksa bekerja maksimal dari browsing, membuka aplikasi-aplikasi streaming seperti YouTube dan Netflix, hingga memainkan beberapa game dengan grafis yang cukup baik mulai game Angry Birds hingga game Clash of Clan.

Hasilnya Samsung Galaxy S7 dengan chipset Exynos 8890 beKerja lebih cepat 38 detik dibanding Samsung Galaxy S7 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 820.

Berikut video perbandingan kinerja kedua chipset tersebut.

 

 
Baca juga artikel
Kamera Samsung Galaxy S7 Edge Kalahkan Kamera Sony Xperia Z5
Rumor: Samsung Siapkan Galaxy S7 Mini Untuk Hadang iPhone 4 inci
Sistem di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge Makan Memori 8GB

Artikel Lainnya

Komentar