Adu Android 2 Jutaan: Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Adu Android 2 Jutaan: Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 14 Apr 2016 | 11:22

Beberapa waktu lalu, Lenovo Indonesia resmi membawa smartphone seri K4 Note ke pasar tanah air, dijual dengan harga Rp 2 jutaan, tawarkan spesifikasi menarik yang dirasa mampu mengikuti keinginan konsumen saat ini.

Di rentang harga yang sama, sejatinya ada banyak produk yang bisa disandingkan dengan Lenovo K4 Note. Namun, saat ini kami mempertimbangkan Xiaomi Mi 4i karena sejumlah alasan, salah satunya karena kepopuleran produk di kalangan pengguna smartphone di tanah air.

Nah, untuk kamu yang bingung memilih smartphone Android 2 jutaan yang tepat, sebaiknya menyimak ulasan komparasi berikut ini lebih dulu:

Spesifikasi Lenovo K4 Note dan Xiaomi Mi 4i

Lenovo K4 Note Spesifikasi  Xiaomi Mi 4i
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5 inch IPS Full HD 1920 x 1080 pixel
Android OS, v5.1.1 (Lollipop) OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Mediatek MT6753 Chipset  Qualcomm Snapdragon 615
Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 CPU  Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53
Mali-T720MP3 GPU  Adreno 405
16 GB / 3GB Internal/RAM  16 GB, 32 GB / 2GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Po 3300 mAh Baterai Non-removable Li-Po 3120 mAh

Desain

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Mengenai desain, kedua Android 2 jutaan diatas mengusung material yang sama, yakni polycarbonate. Akan tetapi, kamu yang mengutamakan kenyamanan lebih baik memilih Xiaomi Mi 4i yang ukurannya lebih ringkas ketimbang Lenovo K4 Note.

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Untuk dimensi bodinya, Lenovo K4 Note mengusung bodi berukuran 153.6 x 76.5 x 9.19 mm dan bobot seberat 158 gram. Sementara pesaingnya Mi 4i mempunyai bodi dengan dimensi 138.1 x 69.59 x 7.8 mm dan berat 130 gram.

Layar

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Perbedaan dimensi bodi diatas mempengaruhi luas layar terhadap keduanya. Untuk K4 Note, ia tawarkan layar sentuh seluas 5.5 inch yang mempunyai resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Melalui resolusi yang sama pula, Mi 4i hadirkan layar dengan ukuran yang lebih kecil, yakni 5 inch saja.

Baca juga Adu Kecepatan Chipset Samsung Galaxy S7: Exynos Vs Snapdragon

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Untuk kamu yang membutuhkan perangkat berlayar lebar, tentu saja dapat memilih K4 Note. Sementara kamu yang mengutaman kualitas, Mi 4i dapat dipilih, dimana dengan resolusi yang sama membuat smartphone ini hadirkan kualitas ketajaman yang lebih baik, serta lebih ergonomis saat digenggam.

Diluar dari itu, keduanya memiliki tampilan antarmuka khas. Untuk Mi 4i, ia menggunakan MIUI, sementara Lenovo K4 Note mengusung Vibe Ui yang keduanya sama-sama tampil menarik.

Hardware

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Keduanya dijalankan pada sistem operasi Android Lollipop. Soal kecepatan performa, Mi 4i lebih unggul, dimana ia mengusung chipset Snapdragon 615 berisikan prosesor Octa Core 2.5 GHz, lebih cepat ketimbang Lenovo K4 Note dengan chipset Mediatek MT6753 dan prosesor Octa Core 1.3 GHz.

Soal kemampuan multitasking, Lenovo K4 Note menjadi pemenang. Ia hadirkan dukungan RAM 3 GB, 50% lebih cepat dibandingkan Mi 4i yang hanya mengusung RAM 2 GB saja.

Xiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Sekalipun keduanya dibekali dengan internal storage berkapasitas 16 GB, lagi-lagi Lenovo K4 Note lebih unggul karena ia dilengkapi slot microSD, dimana Mi 4i tidak memilikinya.

KameraXiaomi Mi 4i vs Lenovo K4 Note

Dalam sektor fotografi, keduanya tak memiliki banyak perbedaan. Baik itu K4 Note maupun Mi 4i, kedua Android 2 jutaan tersebut sama-sama mengandalkan sensor kamera belakang berukuran 13 MP, yang dilengkapi dengan fitur dual-tone LED flash.

Hal diatas pun berlaku pada kamera depan yang sama-sama mengusung sensor berukuran 5 MP, memungkinkan para penggunannya dapat mengambil gambar selfie dengan kualitas yang baik.

Baca juga Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7, Duel Handphone 5.5 Inci

Konektivitas dan Baterai

Baik itu Lenovo K4 Note maupun Xiaomi Mi 4i, keduanya sama-sama menawarkan fitur dual SIM yang dapat dijalankan pada jaringan 4G LTE. Lainnya, kedua smartphone tersebut dilengkapi WiFi, Bluetooth, microUSB 2,0 dan USB on-the-go.

Lebihnya, K4 Note tawarkan fitur NFC yang tidak ada pada Mi 4i, memungkinkan pengguna dapat melakukan metode pembayaran secara wireless, serta melakukan transfer data dengan lebih cepat.

Mengenai sektor baterai, kapasitas yang dimiliki keduanya tak jauh berbeda. Sama-sama mengusung baterai non-removable, K4 Note tawarkan baterai berkapasitas 3.300 mAh, sedangkan Mi 4i mengusung baterai 3.120 mAh saja.

Fitur Pendukung

Sehubungan dengan waktu peluncuran keduanya yang berbeda, Lenovo K4 Note tawarkan fitur terbaru yang menjadi kebutuhan mobile sekarang. Ia hadir dengan dukungan Virtual Reality berkat penggunaan teknologi TheaterMax.

Sementara itu, Mi 4i tidak mempunyai fitur diatas, hanya tawarkan dukungan teknologi pemrosesan layar seperti Full Lamination dan Sunlight Display yang bekerja untuk mengoptimalkan kontras saat dipandang di bawah paparan sinar matahari.

Mengenai sektor audio, K4 Note memiliki dua buah speaker yang menggunakan teknologi Dolby Atmos, sementara speaker pada Mi 4i dilengkapi teknologi Smart PA yang bekerja untuk mengamplifikasi suara dan meningkatkan kualitas output.

Kesimpulan

Bagi kamu yang membutuhkan smartphone ringkas dengan kualitas layar, kamera dan kecepatan performa yang baik, smartphone terakhir yang dibawa Xiaomi secara resmi ke Indonesia ini dapat kamu pilih.

Lalu, untuk kamu yang membutuhkan smartphone dengan layar lebar, performa RAM gesit dan mengusung fitur-fitur terkini, smartphone Lenovo K4 Note dapat menjadi pilihan yang ideal. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Xiaomi Mi 4i 16GB vs Lenovo K4 Note.

Untuk harganya, saat ini Xiaomi Mi 4i dijual dengan harga termurah Rp 2,135,000, sementara Lenovo K4 Note baru dijual secara pre-order dengan bandrol lebih tinggi, Rp 2,899,000.

 
Baca juga artikel
Gahar Mana Lenovo K4 Note Vs Vibe P1?
Lenovo K4 Note Vs Vibe S1: Godaan TheaterMax dan Harga Lebih Murah
iPhone SE Vs iPhone 5s: Haruskah Saya Upgrade ke iPhone SE? 

Artikel Lainnya

Komentar