Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7, Duel Handphone 5.5 Inci

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 24 Mar 2016 | 17:35

Secara resmi, Lenovo Indonesia membawa smartphone anyarnya ke tanah air, yakni Lenovo K4 Note. Smartphone satu ini menawarkan sejumlah keunggulan untuk konsumen di Indonesia, salah satunya kehadiran teknologi TeatherMax.

Di pasar, Lenovo K4 Note secara langsung berhadapan dengan Samsung Galaxy J7 yang juga menawarkan luas layar yang sama dan harga jual yang tidak jauh berbeda. Lantas, siapakah diantara keduanya yang lebih unggul?.

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Untuk membantu kamu memilih perangkat smartphone yang paling tetap dan sesuai dengan kebutuhan, mari kita simak komparasi mengenai Lenovo K4 Note dan Samsung Galaxy J7 berikut ini:

Spesifikasi Lenovo K4 Note dan Samsung Galaxy J7

Lenovo K4 Note Spesifikasi  Samsung Galaxy J7
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.5 inch, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.1.1 (Lollipop) OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Mediatek MT6753 Chipset  Samsung Exynos 7580
Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 CPU  Octa-core 1.5 GHz Cortex-A53
Mali-T720MP3 GPU  Adreno 405
16 GB / 3GB Internal/RAM  16 GB / 1.5GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Po 3300 mAh Baterai Removable Li-Po 3000 mAh

Desain

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

 

Mengenai desain, kedua perangkat ini menggunakan material yang sama, yaitu plastik. Lenovo K4 Note sendiri mempunyai dimensi bodi sebesar 153.60 x 76.50 x 9.20 mm yang artinya lebih tebal ketimbang Galaxy J7 dengan dimensi 152.40 x 78.60 x 7.5 mm.

Sekalipun Lenovo K4 Note lebih tebal, namun ia mempunyai berat yang lebih ringan. K4 Note memiliki bodi dengan bobot seberat 158 gram, dimana pesaingnya tersebut mengusung bodi lebih berat, 177 gram.

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Secara konsep, tampilan K4 Note lebih menarik. Ia hadir dengan bodi belakang berbentuk curved, lebih estetik dan ergonomis ketimbang Samsung Galaxy J7 yang tampil identik dengan smartphone mid-range buatan Samsung lainnya.

Layar

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

 

Lenovo K4 Note tawarkan dukungan layar IPS seluas 5.5 inch dengan resolusi Full HD, 1920 x 1080 piksel. Sementara Samsung mempunyai layar Super AMOLED dengan luas yang sama, mempunyai resolusi HD 1280 x 720 piksel.

Diatas kertas, resolusi yang dimiliki smartphone Lenovo lebih tinggi ketimbang Samsung. Akan tetapi, keduanya memiliki keistimewaan tersendiri untuk memuaskan visual pengguna saat memakainya.

Lenovo K4 Note tampil dengan Vibe UI, berbekal panel IPS beresolusi tinggi yang tidak hanya memungkinkan pengguna dapat terpuaskan dengan viewing angle luas, melainkan dapat melihat konten dengan tampilan warna yang kaya.

Baca juga Lenovo K4 Note Vs Vibe S1: Godaan TheaterMax dan Harga Lebih Murah

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Sementara Samsung Galaxy J7, sekalipun ia memiliki resolusi layar yang rendah, namun ia menggunakan panel Super AMOLED yang kualitasnya dalam memproduksi warna tak perlu diragukan lagi. Terlebih, ia pun mengusung TouchWiz UI yang memberikan kemudahan akses pada pengguna.

HardwareLenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Kedua smartphone 5.5 inch di atas dijalankan pada OS Android Lollipop. Untuk urusan performa, Samsung Galaxy J7 menggunakan chipset Samsung Exynos 7580 dengan prosesor Octa Core 1.5 GHz, lebih unggul dibandingkan Lenovo K4 Note dengan chipset MediaTek MT6753 yang mempunyai prosesor Octa Core 1.3 GHz.

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Mengenai kecepatan performa, Galaxy J7 menjadi pemenang. Akan tetapi, Lenovo K4 Note memiliki keunggulan pada sektor RAM, dimana ia mempunyai RAM 3 GB yang dua kali lipat lebih besar ketimbang Galaxy J7 dengan RAM 1.5 GB.

Diluar dari itu, kedua perangkat ini tawarkan kapasitas internal storage yang sama, 16 GB, serta dapat diekspansi melalui slot microSD yang bisa menampung hingga 128 GB.

Kamera

Lenovo K4 Note Vs Samsung Galaxy J7

Soal kamera, keduanya tawarkan sensor sebesar 13 MP pada bagian belakang. Yang lebih menarik, K4 Note dibekali fitur dual LED flash, lebih unggul ketimbang Galaxy J7 yang hanya mempunyai satu LED flash saja.

Sementara untuk kamera selfie, K4 Note dan Galaxy J7 dibekali sensor 5 MP. Di sini, kemampuan kamera depan Galaxy J7 lebih baik dibandingkan smartphone Lenovo berkat penggunaan lampu flash pada kamera depannya.

Baca juga iPad Pro 9.7 inci Vs iPad Air 2, Apa Bedanya?

Konektivitas

Dalam fitur konektivitas, kedua perangkat ini sama-sama sudah dilengkapi dengan fitur dual SIM 4G LTE, Bluetooth, Wi-Fi 802.11 b/g/n, GPS dan microUSB 2.0.

Yang lebih menarik, Lenovo K4 Note sudah membekali dirinya dengan fitur Near Field Communication (NFC) yang memang sudah menjadi fitur wajib pada smartphone keluaran terbaru.

Fitur Pendukung

Selain ulasan spesifikasi teknis di atas, kedua perangkat ini dilengkapi dengan sejumlah fitur unggulan agar bisa menarik hati konsumen.

Untuk Lenovo K4 Note, ia menawarkan dukungan fingerprint sensor untuk menambah sektor keamanan, fitur Virtual Reality berkat penggunaan teknologi TheaterMax, serta teknologi audio pintar dari Dolby Atmos.

Sementara pesaingnya, Samsung Galaxy J7, ia hanya dilengkapi fitur pendukung yang juga terdapat pada smartphone mid-range lain buatannya, meliputi Ultra Power Saving Mode, Quick Launch untuk mengakses fitur kamera dan Smart Manager.

Baterai

Soal baterai, Lenovo K4 Note tawarkan baterai non-removable berkapasitas 3.300 mAh. Sementara itu, Samsung Galaxy J7 mempunyai kapasitas baterai yang sedikit lebih kecil, 3.000 mAh saja.

Mengenai kapasitas baterai, sejatinya tidak terdapat perbedaan yang besar. Akan tetapi, Galaxy J7 mempunyai baterai yang bisa dilepas pasang, memudahkan pengguna untuk melakukan hard reset dan tentu saja bisa menggantinya dengan mudah jika baterai mulai rusak.

Kesimpulan

Untuk kamu yang membutuhkan smartphone berlayar besar, kedua perangkat diatas bisa kamu pilih. Pertimbangannya, kamu yang ingin merasakan sensari VR, fingerprint sensor, audio berkualitas dan multitasking yang cepat, idealnya kamu memilih Lenovo K4 Note.

Sementara itu, kamu yang mempunyai hobi selfie, baterai yang mudah dilepas pasang, performa cepat dan layanan purna jual yang baik, Samsung Galaxy J7 tentu saja bisa kamu pilih. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Samsung Galaxy J7 SM-J700F vs Lenovo K4 Note.

Mengenai harga, K4 Note saat ini sudah dijual secara pre-order seharga Rp 2.899.000, dimana kamu akan memperoleh bonus berupa VR Kit. Sementara itu, harga jual termurah dari Samsung Galaxy J7 adalah Rp 3.100.000.

 
Baca juga artikel
iPhone SE Vs iPhone 5s: Haruskah Saya Upgrade ke iPhone SE?
Google Cardboard VS Samsung Gear VR, Mana yang Bagus?
Duel Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Samsung Galaxy J5

Artikel Lainnya

Komentar