Lenovo K4 Note Vs Vibe S1: Godaan TheaterMax dan Harga Lebih Murah

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 24 Mar 2016 | 16:45

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Awal tahun ini, Lenovo merilis sebuah smartphone kelas menengah dengan spesifikasi mumpuni, Lenovo K4 Note. Smartphone ini menawarkan layar yang lebar, RAM yang besar dan dual kamera beresolusi tinggi dan teknologi TheaterMax.

Spesifikasi ini tentu cukup menggiurkan bagi pengguna gadget tanah air yang memiliki budget terbatas. Menariknya, dikelas yang sama, Lenovo memiliki Lenovo Vibe S1 yang dirilis akhir tahun 2015 lalu. Smartphone ini juga tidak kalah mumpuni dalam hal spesifikasi. Lenovo sudah menghadirkan desain tipis serta RAM 3 GB hingga kamera depan berkualitas tinggi. Lantas manakah yang layak dibeli diantara dua smartphone Lenovo dengan RAM 3 GB ini?

Spesifikasi Lenovo K4 Note dan Lenovo Vibe S1

Lenovo K4 Note Spesifikasi  Lenovo Vibe S1
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.0 inch, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.1.1 (Lollipop) OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Mediatek MT6753 Chipset  Mediatek MT6752
Octa-core 1.3 GHz Cortex-A53 CPU  Octa-core 1.7 GHz Cortex-A53
Mali-T720MP3 GPU  Mali-T760MP2
16 GB / 3GB Internal/RAM  32 GB / 3GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 8MP
Non-removable Li-Po 3300 mAh Baterai Non-removable Li-Po 2420 mAh

Desain

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Menyasar pasar kelas menengah, Lenovo memang terus menghadirkan produk baru. Dalam Lenovo K4 Note, Lenovo menghadirkan smartphone berkualitas dengan desain elegan dan solid. Desain bodinya cukup unik dengan bodi kotak bersudut melengkung pada sisi atas dan bawah layar. Selain itu, dibagian belakang, Lenovo juga sudah menghadirkan fingerprint sensor yang terletak dibagian bawah kamera utama. Untuk dimensi, smartphone ini memiliki ukuran 153,6 x 76,5 x 9,2 mm dan berat 158 gram.

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Sementara itu, Lenovo menghadirkan desain yang lebih mewah dan tipis dalam seri Lenovo Vibe S1. Smartphone ini hadir dengan rangka metal yang solid dan kuat. Smartphone ini hadir dengan bentuk bodi kotak dengan sudut melengkung yang khas sehingga nyaman digunakan. Smartphone ini memiliki ukuran 143,3 x 70,8 x 7,8 mm dan berat 132 gram. Tak bisa dipungkiri desain bodi smartphone Vibe S1 ini lebih kompak dibanding K4 Note.

Baca juga Harga Handphone Android Lenovo Terbaru

Layar

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Lenovo menghadirkan konsep phablet dalam Lenovo K4 Note. Smartphone ini menggunakan layar 5.5 inci. Layar lebar ini sudah disokong dengan teknologi IPS dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Tentu layar ini cukup memadai untuk penggunaan harian seperti bermain game, browsing dan multimedia. Tak hanya itu, layar ini juga sudah dibekali anti gores Corning Gorrila Glass 3 sehingga layar tidak mudah tergores bila disimpan sembarangan.

Berbeda dengan Lenovo Vibe S1 yang menggunakan layar hanya 5 inci. Layar ini juga sudah dibekali teknologi IPS dan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Yang menarik, walaupun layarnya lebih kecil, layar ponsel Android kelas menengah ini lebih tajam dan lebih jernih. Tak berbeda, Lenovo juga memasang anti gores Corning Gorilla Glass 3. Yang terpenting kedua layar ini terbilang responsive kala digunakan harian maupun bermain game.

Mesin

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Lenovo menghadirkan smartphone kelas menengah dengan RAM 3 GB. Hal ini dilakukan untuk memuaskan pengguna indonesia yang mulai membutuhkan smartphone RAM besar untuk multitasking aplikasi dan bermain game. Dengan RAM yang besar, kedua smartphone Lenovo ini tentu semakin cepat digunakan dan semakin tidak mudah lag.

Untuk chipset, Lenovo k4 Note menggunakan chipset Mediatek MT6753. Prosesor octa-core ini memiliki kecepayan 1.3 Ghz. Kinerjanya tentu cukup cepat dengan sokongan RAM 3 GB dan GPU Mali T720. Yang menarik, Lenovo juga menyediakan versi RAM 2 GB dalam Lenovo K4 Note. Jadi cek sebelum membeli.

Sedangkan Lenovo Vibe S1 menggunakan chipset mediatek MT6752. Prosesor octa-core ini memiliki kecepatan 1.7 Ghz. Kinerjanya cukup optimal dengan sokongan RAM 3 GB dan GPU Mali T760. Sekilas, performa kedua smartphone ini tidak jauh berbeda. Namun, untuk urusan grafis, Lenovo Vibe S1 sedikit lebih unggul dengan GPU yang lebih baik.

Kedua smartphone Lenovo RAM 3 GB ini sudah menggunakan sistem operasi Android Lollipop. Alhasil, pengguna bisa merasakan pengalaman navigasi yang cukup halus dan cepat.

Baca juga Lenovo Bawa K4 Note Berfitur Sidik Jari dan VR ke Pasar Indonesia

Memori

Untuk kamu yang gemar menyimpan data di smartphone, Lenovo K4 Note hanya dibekali memori internal 16 GB dan slot microSD. Sedangkan, Lenovo Vibe S1 dibekali memori internal 32 GB dan slot micro SD. Memori internal Lenovo Vibe S1 tebilang besar untuk sebuah ponsel Android kelas menengah.

Kamera

Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note

Lenovo juga terkenal menghadirkan smartphone dengan kamera yang cukup berkualitas untuk penggunaan harian. Kedua smartphone Lenovo ini menggunakan kamera utama 13 MP. Kamera ini sudah dibekali teknologi phase detection autofocus, dan dual LED. Bedanya, Lenovo K4 Note hanya dibekali kamera depan 5 MP. Sedangkan, Lenovo Vibe S1 dibekali kamera depan 8 MP + 2 MP. Tentu saja kamera depan Lenovo Vibe S1 cukup baik untuk penggunaan selfie.

Baterai

Lenovo K4 Note hadir dengan baterai yang mumpuni berkapasitas 3000 mAh. Sedangkan Lenovo Vibe S1 hanya menggunakan baterai 2420 mAh.

Kesimpulan

Kedua smartphone Lenovo ini memang cukup memadai dari segi spesifikasi dan harga. RAM yang besar tentu menjadi daya tarik kedua ponsel Android Lollipop ini. Namun, Sepertinya Lenovo K4 Note memang unggul dibanding Lenovo Vibe S1. Lenovo K4 Note hadir dengan layar yang lebar, mesin powerful dan baterai yang besar. Lenovo bahkan menghadirkan fingerprint sensor dan teknologi Dolby Audio dalam seri K4 Note. Apalagi, harga Lenovo K4 Note hanya 2,8 juta dengan bonus VR Glasses dan Lenovo Vibe S1 berkisar 3,8 juta. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Lenovo Vibe S1 vs Lenovo K4 Note.

 

Baca juga artikel
Lenovo Virtual Reality Challenge Tantang Developer Lokal Buat Game Berbasis VR
Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo
Lenovo Rilis Duo Vibe K5 dan Vibe K5 Plus Secara Diam-diam

Artikel Lainnya

Komentar