Duel Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Samsung Galaxy J5

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 16 Mar 2016 | 18:03

Asus akhirnya memastikan kehadiran smartphone kelas menengah terbaru, Asus Zenfone Max pada akhir bulan Maret ini di pasar Indonesia. Hadir dengan harga yang cukup terjangkau, smartphone ini menawarkan spesifikasi yang cukup berkualitas tinggi, khususnya untuk bagian baterai.

Asus memasang baterai berkapasitas besar yakni 5000 mAh yang diklaim mampu bertahan hingga 3 harian lebih. Ini tentu menarik pengguna gadget Indonesia yang membutuhkan smartphone tahan lama. Tidak hanya layar, Asus juga menghadirkan kamera yang cukup baik dalam smartphone ini. Asus mencoba memenuhi semua kebutuhan pengguna modern dalam seri Zenfone Max ini.

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Sementara itu, dikelas yang sama, Samsung memiliki Samsung Galaxy J5 yang terbukti cukup populer di pasar gadget tanah air. Hal ini terasa wajar, selain harga yang terjangkau, smartphone kelas menengah ini menawarkan spesifikasi dan fitur yang cukup banyak. Sebut saja layar yang sudah dibekali teknologi Super AMOLED sehingga pengguna bisa melihat layar lebih jernih. Tidak hanya itu, Samsung juga sudah menggunakan kamera depan yang baik untuk selfie, bahkan sudah dilengkapi LED Flash.

Lalu, seperti apa bila kedua ponsel Android 2 jutaan ini, Asus Zenfone Max dan Samsung Galaxy J5 dibandingkan? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Samsung Galaxy J5   

Asus Zenfone Max Spesifikasi  Samsung Galaxy J5
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.0 inch, Super AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.0 (Lollipop) OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset  Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Adreno 306 GPU  Adreno 306
8 GB, 16 GB / 2GB Internal/RAM  8, 16 GB / 1,5GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Po 5000 mAh + Fast charging Baterai Removable Li-Ion 2600 mAh

Desain

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Bicara desain, Asus Zenfone Max tampil elegan dan besar khas phablet Zenfone series. Dimensinya relatif lebih besar, tapi tetap nyaman digenggam dan digunakan. Smartphone ini memiliki ukuran 156 x 77,5 x 10,6 dengan berat 202 gram.

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Hal berbeda ditawarkan Samsung Galaxy J5 yang hadir dengan desain modis dan lebih kompak. Smartphone ini bahkan lebih tipis sehingga nyaman digenggam dan disimpan karena body-nya hanya berukuran 142,1 x 71,8 x 7,9 mm dengan berat 146 gram.

Baca juga Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

Layar

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Untuk urusan lebar layar, Asus Zenfone Max hadir lebih lebar dengan ukuran 5,5 inci. Layar ini sudah dibekali teknologi IPS dan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Tentu semakin besar ukuran layar, semakin baik pengoperasian smartphone oleh pengguna. Apalagi, layar ini sudah dibekali pelindung anti gores Gorilla Glass 4.

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Sementara Samsung Galaxy J5 menawarkan ukuran layar yang lebih kompak yakni 5 inci. Layar ini sudah dibekali teknologi Super AMOLED dan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Layar ini terbilang unggul dengan teknologi panel Super AMOLED yang membuat tampilan gambar dan video lebih jernih dan tajam dibanding layar IPS. Sayangnya, layar ini tidak dibekali pelindung anti gores.

Mesin

Perbandingan Zenfone Max Galaxy J5

Beralih ke bagian mesin, kedua Smartphone, Asus Zenfone Max dan Samsung Galaxy J5 ternyata mengusung mesin yang tidak berbeda jauh. Kedua smartphone sudah dipasangi chipset Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor Quad-core ini berkecepatan 1,2 Ghz dan disokong GPU Adreno 306.

Perbedaan mesin kedua ponsel Android ini terletak pada RAM. Asus menggunakan RAM yang lebih besar yakni 2 GB. Sedangkan Samsung Hanya mengandalkan RAM 1.5 GB. Tentu Asus lebih unggul dengan RAM yang lebih besar. RAM yang lebih besar membuat smartphone akan bekerja lebih optimal dan lancar saat membuka banyak aplikasi sekaligus. Untuk sistem operasi, Asus Zenfone Max menggunakan sistem Android Lollipop 5.0 Zen UI. Sedangkan Samsung Galaxy J5 memakai sistem operasi Android Lollipop 5.1 Touchwiz UI.

Baca juga Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10

Memori penyimpanan

Asus dan Samsung ternyata sama-sama menyadari kebutuhan memori penyimpanan. Asus Zenfone Max dan Samsung Galaxy J5 dibekali memori internal pilihan 8 dan 16 GB. Kedua ponsel Android Quad-core ini juga sudah dibekali tambahan slot microSD untuk memori tambahan.

Konektivitas

Menyadari pentingnya komunikasi dan kebutuhan pengguna saat ini, Asus Zenfone Max dan Samsung Galaxy J5 sudah dibekali fitur 4G LTE dan koneksi standar lainnya.

Kamera

Asus cukup serius menggarap bagian kamera smartphone buatannya. Asus memasang kamera utama dengan sensor 13MP. Kamera utama ini dibekali teknologi Laser Autofocus dan Dual LED. Spesifikasi kamera ini membuat pengguna bisa membidik subjek dengan lebih cepat. Sementara Samsung juga memasang kamera utama 13MP dengan autofocus dan LED Flash.

Dibagian depan, keduanya dibekali kamera depan 5MP yang mumpuni untuk berselfie. Bedanya, Samsung Galaxy J5 sudah dibekali LED Flash di kamera depannya.

Baca juga Asus ZenFone Max VS Lenovo Vibe P1m, Manakah yang Layak Beli?

Baterai

Bicara baterai, Asus Zenfone Max tetap lebih unggul dengan baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai ini diklaim mampu bertahan hingga 38 jam pemakaian. Sedangkan Samsung Galaxy J5 menggunakan baterai 2600 mAh yang bisa bertahan 18 jam pemakaian. Namun, Baterai Samsung J5 bisa dilepas berbeda dengan baterai Asus Max yang tidak bisa dilepas.

Kesimpulan

Bicara smartphone dengan fitur lengkap, tampaknya Asus Zenfone Max cukup unggul dibanding Samsung Galaxy J5. Asus sukses membenamkan layar yang lebar, RAM lebih besar dan baterai yang tahan lama. Namun, Samsung juga memiliki layar yang lebih detail hingga kamera depan yang tak kalah bagusnya. Jadi sesuaikan kebutuhan dengan dana dan keinginanmu.

 

Baca juga artikel
Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?
Redmi Note 2 Vs Redmi Note 3, Apa Yang Beda?
Apa Yang Beda di Samsung Galaxy S6 edge VS Galaxy S7 edge?

Artikel Lainnya

Komentar