Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 16 Mar 2016 | 14:29

Masih hangat diingatan, Lenovo bulan lalu baru saja meluncurkan sebuah smartphone dengan baterai besar dan langsung mendapatkan perhatian para penggemar Lenovo di Indonesia. Smartphone Lenovo P1 Turbo memang layak menjadi incaran dan jatah produk perdana untuk Indonesia habis sebelum masa preorder ditutup.

Tak hanya mempunyai daya tahan yang tinggi dengan baterai 5000mAh, namun Lenovo P1 Turbo ini juga dibekali dengan fitur bermanfaat. Rupanya Lenovo ingin bersaing dengan Asus yang beberapa bulan sebelumnya juga meluncurkan smartphone Android dengan baterai monster berkapasitas yang sama, 5000mAh, Asus Zenfone Max.

Nah, kira-kira jika kita perbandingkan, manakah dari keduanya yang lebih layak untuk dibeli? Penasaran? Mari simak perbandingan keduanya berikut ini.

Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

Asus Zenfone Max Spesifikasi  Lenovo Vibe P1 Turbo
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.5 inch, IPS, Full HD 1920 X 1080 Pixels, Corning Gorilla Glass 3
Android OS, v5.0 (Lollipop) OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset  Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
Adreno 306 GPU  Adreno 405
8 GB, 16 GB / 2GB Internal/RAM  32 GB / 3GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Po 5000 mAh + Fast charging Baterai Li-Ion, 5.000 mAh + Turbo Charging

Desain

Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Dari sisi desain, Lenovo menghadirkan gaya khas smartphone seri Vibe, yaitu body yang sedikit curvy. Zenfone Max hadir dengan desain yang lebih melengkung atau curvy di setiap sudutnya. Dimensi Zenfone Max sedikit lebih bongsor dari Vibe P1 Turbo yakni 156 x 77,5 x 10.55 mm sedangkan Vibe P1 Turbo hanya 152,9 x 75.60 x 9.90 mm.

Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Untuk casing, bisa dikatakan Vibe P1 Turbo jauh lebih unggul dengan casing full metal jika dibandingkan dengan Zenfone Max yang hanya terbuat dari bahan plastik dengan frame metal dan back cover dengan tekstur kulit yang jauh lebih kesat dari permukaan metal.

Baca juga Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10

LayarPerbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Pada sektor layar baik Zenfone Max maupun Lenovo Vibe P1 Turbo dibekali layar 5,5 inci. Layar keduanya berjenis IPS LCD dengan proteksi Gorilla Glass. Jika ditilik lebih lanjut, Lenovo Vibe P1 Turbo memiliki layar dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini karena smartphone Android buatan Tiongkok tersebut layarnya beresolusi full HD 1920 x 1080 pixels dan sudah diproteksi Gorilla Glass 4.

Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Layar Zenfone Max hanya beresolusi HD saja alias 720p dan dilapisi Gorilla Glass 3. Bahkan jika dibandingkan dari sisi kepadatan pixels, maka Lenovo Vibe P1 menang telak dengan 401 ppi karena Zenfone Max hanya dibekali layar berkepadatan 267 ppi saja.

Performa

 Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 TurboVia Flipkart

Di sisi performa bisa dikatakan Lenovo Vibe P1 Turbo jauh lebih powerful dibandingan Zenfone Max karena ponsel Android buatan Lenovo tersebut dibekali dengan chipset Octa core 64-bit Snapdragon 615 dengan clockspeed 1.5GHz, lalu Asus Zenfone Max hanya dibekali dengan chipset Quad core 64-bit Snapdragon 410 dengan clockspeed 1.2 GHz.

Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Sementara itu, pada sisi RAM, Zenfone Max juga kalah telak dengan hanya membawa RAM 2GB, sementara Vibe P1 Turbo dibekali dengan RAM 3GB yang lebih bertenaga. Pada media penyimpanan internal, Vibe P1 Turbo juga punya kapasitas 2X lebih banyak dengan 64GB, sementara Zenfone Max hanya 32GB. Begitu pula dengan media penyimpanan externalnya, Vibe P1 Turbo punya slot microSD yang mendukung hingga 128GB, sementara Zenfone Max hanya 64GB saja.

Baca juga Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?

KameraPerbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Fitur kamera adalah satu yang tak boleh dilupakan saat membandingkan dua produk smartphone Android. Baik Lenovo Vibe P1 Turbo maupun Zenfone Max sama-sama dibekali dengan kamera utama pada bagian belakang dengan resolusi 13MP. Namun Zenfone Max sedikit lebih unggul karena dibekali dengan laser autofokus yang mampu memfokuskan gambar hanya dalam waktu 0,3 detik.

Perbandingan Zenfone Max Vibe P1 Turbo

Untuk aperture, Zenfone Max mempunyai aperture f/2.0 dan Vibe P1 Turbo f/2.2. Keduanya juga dibekali dengan dual tone LED Flash, phase detection dan berbagai fitur lain. Sementara itu kamera kedua mempunyai kekuatan 5MP, baik untuk Vibe P1 Turbo maupun Zenfone Max.

Konektivitas dan Fitur Lain

Untuk konektivitas, keduanya dibekali dengan dua slot SIM yang telah mendukung jaringan EDGE, GPRS, 2G, 3G, dan 4G LTE Cat 4 pada berbagai jenis pita dan frekuensi.

Ada pula dukungan WLAN bagi keduanya dengan hadirnya WiFi 802.11 a/b/g/n, Wifi Direct, Hotspot, Bluetooth 4.1, A2DP, GPS, microUSB 2.0 dan USB On-the-Go. Yang menarik, jika membeli Zenfone Max akan mendapatkan Asus Webstorage sebesar 5GB untuk seumur hidup.

Untuk OS, keduanya sama-sama mempergunakan Android Lollipop. Vibe P1 Turbo menggunakan Lollipop 5.1 sementara Zenfone Max Lollipop 5.0. Untuk baterai, walaupun sama-sama berkapasitas 5000mAh, namun Vibe P1 Turbo sedikit lebih baik dengan hadirnya fitur Turbo Charge yang tak ada pada Zenfone Max. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Asus Zenfone Max VS Lenovo Vibe P1 Turbo.

Nah dari perbandingan di atas, ponsel Android manakah yang lebih baik untuk dibeli? Zenfone Max unggul pada sisi kamera dengan laser autofokus, sementara Vibe P1 Turbo unggul pada sisi performa, storage, dan desain yang lebih elegan. Silahkan pilih. 

 
Baca juga artikel
Redmi Note 2 Vs Redmi Note 3, Apa Yang Beda?
Apa Yang Beda di Samsung Galaxy S6 edge VS Galaxy S7 edge?
Komparasi LG G5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+, Siapa Paling Tangguh?

Artikel Lainnya

Komentar