Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10

Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 16 Mar 2016 | 14:00

Asus Indonesia akan memasarkan smartphone seri ZenFone Max di Indonesia pada akhir Maret nanti. Secara spesifikasi, perangkat ini sangatlah menarik dan mampu disandingkan dengan smartphone lain yang lebih dulu ada di pasaran, yakni Xiaomi Redmi Note 2 Prime.

Di sini, terdapat sejumlah hal yang membuat keduanya dapat disejajarkan, seperti luas layar yang sama yakni 5.5 inci, penggunaan RAM sebesar 2 GB, serta ukuran sensor kamera yang sama yaitu 13MP dan 5MP.

Untuk membantu kamu mempertimbangkan produk mana yang paling cocok dipilih, yuk kita simak komparasinya!

Spesifikasi ASUS ZenFone Max dan Redmi Note 2 Prime

Asus Zenfone Max Spesifikasi  Redmi Note 2 Prime
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.5 inch, IPS, Full HD
Android OS, v5.0 (Lollipop) OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset  Mediatek MT6795 Helio X10
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Octa-core 2.2 GHz Cortex-A53
Adreno 306 GPU  PowerVR G6200
8 GB, 16 GB / 2GB Internal/RAM  32 GB / 2GB
13MP & 5MP Kamera  13MP & 5MP
Non-removable Li-Po 5000 mAh + Fast charging Baterai Removable Li-Po 3060 mAh

DesainPerbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Mengenai desain, keduanya tampil setara. Untuk Asus ZenFone Max, ia dibalut material plastik dengan aksen pinggiran metal dan back cover beraksen kulit. Sementara pesaingnya, Xiaomi Redmi Note 2 Prime, memiliki bodi dengan bahan plastik, tampil cantik dengan banyak pilihan warna.

Perbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Memiliki dimensi bodi berukuran 152 x 76 x 8.25 mm dan berat 160 gram, Redmi Note 2 Prime tampil lebih ringan dan tipis ketimbang ZenFone Max yang mengusung dimensi 77.5 x 156 x 10.55 dan berat 220 gram. Kendati demikian, hal ini dapat kita maklumi karena ZenFone Max memiliki baterai berukuran besar.

Baca juga Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?

LayarPerbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Keduanya hadir mengusung layar dengan luas yang sama, yaitu 5.5 inch. Namun soal kualitas, keduanya tampil jauh. ZenFone Max sendiri hadir dengan resolusi HD 720p, sementara Redmi Note 2 Prime mengusung layar dengan resolusi lebih tinggi dua kali lipat, 1080p.Perbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Untuk penampilan layar, Redmi Note 2 Prime menjadi pemenang. Akan tetapi, penggunaan Corning Gorilla Glass 4 pada ZenFone Max membuatnya tak kalah menarik karena memberikan perlindungan ekstra terhadap goresan benda tajam dan tidak dimiliki pesaingnya tersebut.

HardwarePerbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

 

Kedua smartphone ini dijalankan pada sistem operasi yang sama, Android Lollipop. Selain itu, keduanya pun memiliki tampilan antarmuka khas, yakni MIUI 7 pada Redmi Note 2 Prime dan ZenUI pada ZenFone Max sehingga mampu memberikan pengalaman tersendiri pada pengguna.

Soal performa, Redmi Note 2 Prime menjadi pemenang. Ia dijalankan pada chipset MediaTek Helio X10 dengan prosesor Octa Core, jauh lebih bertenaga ketimbang ZenFone Max yang menggunakan chipset lawas, Qualcomm Snapdragon 410.

Lebih dari itu, kinerja multitasking di keduanya hampir sama karena penggunaan RAM berukuran 2 GB. Sementara itu, Redmi Note 2 Prime menawarkan internal storage berkapasitas 32 GB dan ZenFone Max tawarkan kapasitas memori internal sebesar 16 GB.

Baca juga Redmi Note 2 Vs Redmi Note 3, Apa Yang Beda?

KameraPerbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Sekalipun Redmi Note 2 Prime unggul di sektor performa, namun kemampuan kamera ZenFone Max patut diacungi jempol. Keduanya dilengkapi kamera utama berukuran 13 MP.

Akan tetapi, produk dari Xiaomi ini hanya menawarkan fitur kamera standar seperti LED flash dan autofocus, berbeda dengan ZenFone Max yang dilengkapi fitur advanced seperti dual-color Real Tone flash, laser autofocus dan fitur pengambilan gambar ala kamera profesional lainnya.

Perbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Hal tersebut pun berlaku di kamera depan, dimana kamera 5 MP pada Redmi Prime hanya dilengkapi fitur yang minim, sedangkan ZenFone Max disertai fitur seperti Pixel Master, HDR, wide angle dan aperture f/2.0.

Konektivitas dan Baterai

Soal konektivitas, kedua smartphone di atas memiliki kemampuan yang sama. Keduanya dilengkapi dengan dual slot SIM card yang dapat dijalankan pada jaringan 4G LTE.

Di luar dari itu, ada pula fitur seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth, microUSB, GPS, Wi-Fi direct dan USB on-the-go. Sementara untuk baterai, Redmi Note 2 Prime hanya mengusung baterai berkapasitas 3.060 mAh saja, jauh lebih kecil ketimbang ZenFone Max yang mempunyai baterai berkapasitas sebesar 5.000 mAh.

Baca juga Apa Yang Beda di Samsung Galaxy S6 edge VS Galaxy S7 edge?

Perbandingan spesifikasi zenfone max xiaomi redmi note 2 prime

Lebih jauh dengan baterai pada ZenFone Max, baterai tersebut diklaim dapat bertahan selama 37 jam dalam mode bicara, serta dapat dijadikan powerbank untuk mengisi gadget lain karena kapasitasnya yang sangat jumbo.

Kesimpulan

Melalui komparasi di atas, kamu pun sudah mengetahui apa saja perbedaan antara Xiaomi Redmi Note 2 Prime dan ASUS ZenFone Max sehingga bisa memutuskan produk mana yang ingin dibeli.

Untuk kamu yang mementingkan performa dan kualitas layar, tentu saja Redmi Note 2 Prime dapat dipilih. Sementara untuk kamu yang ingin smartphone dengan kamera powerful, baterai berkapasitas jumbo dan desain stylish, ASUS ZenFone Max menjadi yang terbaik.

Saat ini, keduanya sudah hadir di pasar Indonesia. Untuk Redmi Note 2 Prime, kamu dapat memilih bandrol termurah yang diinformasikan Pricebook, seharga Rp 1.840.000.

Lalu untuk ASUS ZenFone Max, perusahaan ini akan mulai memasarkan pada akhir bulan Maret secara offline dan online dengan harga Rp 2.599.000. Cek juga halaman Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max VS Xiaomi Redmi Note 2 Prime.

 

Baca juga artikel
Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy S7 Dari Galaxy S6
Komparasi LG G5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+, Siapa Paling Tangguh?
Adu Ponsel Baru 2016, Xiaomi Redmi 3 vs Lenovo Lemon 3

 

Artikel Lainnya

Komentar