Asus ZenFone Max VS Lenovo Vibe P1m, Manakah yang Layak Beli?

Asus ZenFone Max VS Lenovo Vibe P1m, Manakah yang Layak Beli?

Oleh Ardiansyah Hana on Rabu, 16 Mar 2016 | 14:44

Di ranah smartphone dengan baterai besar, kali ini pasar Indonesia akan diramaikan oleh kehadiran Asus ZenFone Max. ZenFone Max sendiri secara langsung berhadapan dengan Lenovo Vibe P1m yang juga tawarkan keunggulan yang sama. Lantas, diantara keduanya, smartphone manakah yang paling unggul dan layak beli? Mari kita simak komparasinya berikut ini:

Desain

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Mengenai desain, keduanya tampil minimalis. Untuk ZenFone Max, ia dibalut frame beraksen metal, dipadukan bodi belakang dengan tekstur kulit sehingga membuatnya nyaman digenggam karena tidak licin.

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Sementara pesaingnya, Lenovo Vibe P1m, ia memiliki sudut melengkung yang memberikan kesan lebih ergonomis, berpadu dengan pinggiran chrome sehingga mempercantik penampilannya.

Baca juga Perbandingan Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1 Turbo

Layar

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Soal layar, keduanya tampil berbeda. Untuk ZenFone Max, ia hadir dengan panel IPS seluas 5.5 inch, mempunyai resolusi HD 1280 x 720 piksel yang juga diproteksi dengan Corning Gorilla Glass 4.

 

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Untuk Lenovo Vibe P1m, ia tampil dengan layar yang lebih kecil, berukuran 5 inch. Layar tersebut hadir dengan resolusi HD 1280 x 720 piksel, tampil lebih tajam ketimbang ZenFone Max yang memiliki resolusi sama dengan layar lebih luas, namun tidak dilengkapi Gorilla Glass 4.

Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Lenovo Vibe P1m

Asus Zenfone Max Spesifikasi  Lenovo Vibe P1 Turbo
LTE Jaringan LTE
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.0 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.0 (Lollipop) OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset  Mediatek MT6735P
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
Adreno 306 GPU  Mali-T720MP2
8 GB, 16 GB / 2GB Internal/RAM  16 GB / 2GB
13MP & 5MP Kamera  8MP & 5MP
Non-removable Li-Po 5000 mAh + Fast charging Baterai Non-removable Li-Po 4000 mAh

HardwarePerbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Keduanya smartphone diatas hadir dengan dukungan sistem operasi Android Lollipop. Untuk dukungan chipsetnya, Asus ZenFone Max ditopang Qualcomm Snapdragon 410 dengan prosesor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 dan GPU Adreno 306.

Pesaingnya, Lenovo Vibe P1m ditunjang dengan chipset Mediatek MT6735P dengan prosesor Quad-core 1.0 GHz Cortex-A53 dan GPU Mali-T720MP2.

Melalui penggunaan chipset di atas, keduanya mampu memberikan performa yang imbang, tidak ada perbedaan yang mencolok. Begitu pula urusan multitasking, dimana Vibe P1m dan ZenFone Max sama-sama mengusung RAM 2 GB.

Yang berbeda, ZenFone Max menawarkan dua varian internal storage, yakni berkapasitas 8 GB dan 16 GB. Sementara Vibe P1m hanya hadir dengan satu pilihan saja, yakni 16 GB.

Baca juga Asus ZenFone Max vs Xiaomi Redmi Note 2 Prime: Duel Snapdragon 410 vs Helio X10

Kamera

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Untuk urusan fotografi, ZenFone Max menjadi pemenang. Ia dilengkapi kamera utama dengan sensor sebesar 13 MP, dilengkapi fitur laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash, HDR dan mode video 1080p.

Perbandingan ZenFone Max Vibe P1m

Pesaingnya, Vibe P1m, hanya menawarkan kamera utama 8 MP yang dilengkapi LED flash, tentu saja kemampuannya dalam membidik gambar dan video kalah bagus ketimbang ZenFone Max. Sementara untuk urusan selfie, kedua smartphone ini sama-sama didukung dengan kamera berukuran 5 MP yang ditempatkan di bagian depan.

Konektivitas

Dalam sektor konektivitas, baik itu ZenFone Max maupun Vibe P1m dinilai setara. Keduanya hadir tawarkan dua buah slot SIM card yang mendukung jaringan 4G LTE untuk memberikan pengalaman terbaik pada pengguna saat mengakses internet.

Di luar itu, fitur pendukung seperti Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth, GPS, microUSB v2.0 dan USB On-The-Go sama-sama dihadirkan oleh keduanya.

Baca juga Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?

Baterai

Berbicara baterai, hal ini merupakan nilai jual utama dari kedua smartphone di atas. Untuk ZenFone Max, ia dilengkapi baterai non-removable berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim dapat dipakai selama 38 jam waktu bicara.

Kompetitornya, Vibe P1m hadir dengan baterai yang sedikit lebih kecil dibandingkan ZenFone Max, yakni 4.000 mAh. Akan tetapi, kapasitas baterai tersebut dirasa sangat besar jika disandingkan dengan smartphone lain yang ada di pasaran.

Kesimpulan

Kedua smartphone ini dapat menjawab kebutuhan pengguna, dibuktikan dengan penawarkan baterai berkapasitas besar yang siap menemani penggunannya ketika beraktivitas.

Namun untuk urusan lainnya, Asus ZenFone Max dan Lenovo Vibe P1m memiliki perbedaan. Masalah layar misalnya, dimana ZenFone Max lebih unggul karena mengusung layar lebih luas, namun dijawab oleh Lenovo Vibe P1m yang tawarkan layar dengan resolusi lebih tajam.

Mengenai performa, keduanya hadir setara. Begitu pula urusan akses data karena kedua smartphone di atas sudah dilengkapi dengan kemampuan mengakses jaringan 4G LTE.

Saat ini, Lenovo Vibe P1m sudah dijual di pasar Indonesia dengan harga termurah yang ada di pasaran sebesar Rp 1.850.000. Untuk Asus ZenFone Max, rencanannya ia akan dipasarkan pada akhir bulan Maret mendatang seharga Rp 2.599.000.

Selain kamu dapat mempertimbangkan keduanya melalui ulasan di atas, kamu pun dapat mempertimbangkan produk yang akan kamu beli berdasarkan review layanan purna jual yang selama ini dirasakan oleh konsumen tanah air. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Asus Zenfone Max VS Lenovo Vibe P1m.

 
Baca juga artikel
Redmi Note 2 Vs Redmi Note 3, Apa Yang Beda?
Apa Yang Beda di Samsung Galaxy S6 edge VS Galaxy S7 edge?
Komparasi LG G5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+, Siapa Paling Tangguh?

Artikel Lainnya

Komentar