Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?

Apakah Saya Perlu Upgrade Asus Zenfone 5 ke Asus Zenfone Max?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 15 Mar 2016 | 19:25

Asus akhirnya mulai memasukan beberapa produk terbarunya ke pasar Indonesia. Salah satunya smartphone dengan baterai besar 5000 mAh, Asus Zenfone Max. Smartphone kelas menengah ini kabarnya akan segera dijual pada akhir bulan Maret dengan harga 2,6 jutaan saja.

Kehadiran smartphone ini tentu sangat ditunggu pengguna Indonesia. Pasalnya, selain menawarkan harga yang terjangkau dibanding beberapa smartphone lain dengan baterai berkapasitas besar, smartphone ini juga cukup unggul disisi kamera.

Asus Zenfone Max VS Zenfone 5

Kehadiran Asus Zenfone Max ini tentu akan melengkapi seri zenfone sebelumnya yang hadir di Indonesia. Sebut saja salah satunya Asus Zenfone 5 yang terbilang cukup laris manis di pasar Indonesia. Asus Zenfone 5 hadir dengan spesifikasi yang cukup unggul dibanding smartphone kelas menengah ke bawah lainnya. Smartphone ini bahkan sudah menggunakan mesin Intel dan RAM yang cukup besar. Ini membuat smartphone ini semakin nyaman digunakan untuk multitasking. Apalagi harga produk ini juga masih dikisaran Rp 1,8 jutaan.

Lalu bagaimana bila Asus Zenfone Max dan Asus Zenfone 5 disandingkan? Mana yang layak dipilih?

Spesifikasi Asus Zenfone Max vs Asus Zenfone 5

Asus Zenfone Max Spesifikasi  Asus Zenfone 5
LTE Jaringan HSPA
5.5 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  5.0 inch IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.0 (Lollipop) OS Android OS, v4.3 (Jelly Bean)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410 Chipset  Intel Atom Z2580
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Dual-core 2,0 GHz
Adreno 306 GPU  PowerVR SGX544MP2
8 GB, 16 GB / 2GB Internal/RAM  8, 16, 32 GB / 2GB
13MP & 5MP Kamera  8MP & 2MP
Non-removable Li-Po 5000 mAh + Fast charging Baterai Non-removable Li-Po 2110 mAh

LayarAsus Zenfone Max VS Zenfone 5

Tren layar lebar tampaknya masih menjadi perhatian Asus. Tak heran dalam Asus Zenfone Max, Asus masih mengandalkan layar lebar berukuran 5,5 inci. Layar yang lebar membuat pengguna bisa lebih maksimal dalam mengoperasikan perangkat hingga bermain game. Sayangnya, layar ini masih mengandalkan resolusi HD 1280 x 720 pixels dengan teknologi IPS. Tampilannya memang tidak sejernih Asus Zenfone 2 yang menggunakan resolusi Full HD. Walaupun demikian, layar ini sudah dilindungi fitur Corning Gorilla Glass 4.

Asus Zenfone Max VS Zenfone 5

Sementara itu, Asus Zenfone 5 hadir dengan layar yang cukup ideal yakni 5 inci. Layar ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil dibanding smartphone entry-level yang masih mengusung layar 4 incian. Spesifikasi layarnya juga tidak berbeda dari seri Max yakni masih resolusi HD 1280 x 720 pixels dengan teknologi IPS. Layar ini sudah dilindungi Corning Gorilla Glass 3. Walaupun sama-sama HD, layar Zenfone 5 tampak lebih rapat secara pixels sehingga tampilan cukup baik.

Baca juga Harga Handphone Android Asus Terbaru

MesinAsus Zenfone Max VS Zenfone 5

Asus Zenfone terkenal mengusung mesin yang bertenaga. Dalam Asus Zenfone Max, Asus memang tidak menggunakan mesin Intel melainkan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Walaupun demikian, performanya cukup baik karena disokong RAM 2 GB dan GPU Adreno 306. Tentu performanya cukup cepat dan lancar kala multitasking. Pengguna akan semakin nyaman menggunakan smartphone ini untuk bermain game atau penggunaan harian saja. Untuk sistem operasi, Asus Zenfone Max sudah dibekali sistem Android Lollipop.

Asus Zenfone Max VS Zenfone 5

Berbeda dengan Asus Zenfone 5. Smartphone Android ini masih mengandalkan chipset Intel Atom Z2580. Prosesor Dual-core ini cukup tangguh dengan sokongan RAM 2 GB dan GPU PowerVR SGX544. Performanya tentu sangat unggul. Mesin intel yang dipasang sangat cocok untuk multitasking dan bermain game. Sayangnya, mesin ini sedikit lebih panas kala digunakan lama-lama. Walaupun demikian, ini tidak mengurangi performa smartphone ini. Apalagi, untuk sistem operasi, smartphone Android ini sudah bisa diupdate ke Android Lollipop yang awalnya masih Android 4.3 Jelly Bean.

Memori internal

Asus juga menyadari kebutuhan pengguna modern saat ini yang sering menyimpan data pada perangkatnya. Maka dalam kedua smartphone, baik Asus Zenfone Max dan Asus Zenfone 5, Asus menghadirkan memori internal versi 8 dan 16 GB. Bila memori itu masih kurang, pengguna masih bisa menggunakan slot microSD. Yang menarik, Asus Zenfone 5 hadir dengan pilihan memori lebih tinggi yakni 32 GB.

KameraAsus Zenfone Max VS Zenfone 5

Asus beberapa tahun ini memang fokus dalam mengembangkan kamera berkualitas pada smartphone miliknya. Asus Zenfone Max sendiri kabarnya masih menggunakan teknologi premium yang dibawa Asus Zenfone 2. Ponsel Android 4G ini menggunakan kamera utama 13 MP. Kamera ini sudah dilengkapi laser autofocus hingga dual LED Flash. Laser autofocus ini diklaim membuat kamera bisa menangkap subjek lebih cepat dan lebih baik dibanding autofocus biasa. Sementara itu, dibagian kamera depan, Asus Zenfone Max menggunakan kamera 5 MP untuk selfie.

Baca juga Asus Zenfone Max: Smartphone dengan Baterai Monster Harga Cuma Rp2,6 Juta

Asus Zenfone Max VS Zenfone 5

Asus Zenfone 5 hadir dengan kamera yang cukup baik dikelasnya. Asus masih mengandalkan kamera utama 8 MP dengan autofocus dan LED Flash. Sementara untuk kamera depan, terpasang kamera 2 MP.

Konektivitas

Saat ini koneksi internet 4G LTE telah menyebar ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Asus Zenfone Max Sudah menggunakan fitur 4G LTE. Sedangkan Asus Zenfone 5 masih mengandalkan fitur 3G HSPA.

BateraiAsus Zenfone Max VS Zenfone 5

Untuk urusan baterai, tentu Asus Zenfone Max lebih unggul. Ponsel quad-core ini sudah dibekali baterai 5000 mAh. Asus bahkan berani mengklaim smartphone ini bisa bertahan lebih dari 3 hari. Yang menarik, smartphone ini bahkan bisa dijadikan powerbank untuk mengisi perangkat lainnya.

Asus Zenfone 5 sendiri hanya dibekali baterai 2110 mAh. Kapasitas ini terbilang standar untuk smartphone kelas menengah.

Kesimpulan

Dilepas dengan rentang harga yang tidak terlampau jauh, Asus Zenfone Max tampak cukup unggul dibanding Asus Zenfone 5. Asus Zenfone Max memiliki layar yang lebar, kamera berkualitas hingga baterai besar. Namun, bila bicara performa, Asus Zenfone 5 yang dibekali mesin intel tampaknya tidak kalah gahar. Apalagi, kedua smartphone sudah mengusung RAM 2 GB yang cukup memadai untuk penggunaan harian. Cek juga halaman perbandingan spesifikasi Asus Zenfone Max VS Asus Zenfone 5.

 

Baca juga artikel
Asus Zenfone Max Mulai Dipasarkan di Indonesia Akhir Maret 2016
Video Adu Daya Tahan Baterai Asus ZenFone Max vs iPhone 6s Plus
Review Asus Zenpad 8.0 Z380KL: Kombinasi Antara Kekuatan dan Kecantikan

Artikel Lainnya

Komentar