Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy S7 Dari Galaxy S6

Perbedaan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy S7 Dari Galaxy S6

Oleh Ardiansyah Hana on Kamis, 25 Peb 2016 | 16:20

Pemberitaan soal teknologi masih ramai soal kehadiran flagship anyar dari raksasa Korea Selatan, Samsung. Perusahaan ini meluncurkan Galaxy S7 di ajang WMC 2016, mendapatkan sambutan positif dari para fans-nya.

Nah, apa kamu sekarang menggunakan Samsung Galaxy S6 dan berpikir untuk mengganti ponsel lama kamu dengan Galaxy S7? Sebelum itu, ada baiknya kamu mengetahui perbedaan dari masing-masing perangkat tersebut.

Spesifikasi Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S7

Samsung Galaxy S7 Spesifikasi  Samsung Galaxy S6
LTE Jaringan LTE
5.1 inch, Super AMOLED Quad HD 1440 x 2560 pixel, 16M colors, Always On Screen Layar  5.1 inch, Super AMOLED Quad HD 1440 x 2560 pixel, 16M colors
Android OS, v6 (Marshmallow) OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 / Exynos 8890 Octa Chipset  Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616

Dual Core 2.15 GHz Kryo & Dual Core 1.6 GHz Kryo
Quad Core 2.3 GHz Cortex-A53 + Quad Core 1.6 GHz Cortex-A53

CPU  Quad Core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad Core 2.1.0 GHz Cortex-A57
Adreno 530 / Mali-T880 MP12 GPU  Mali-T760MP8
32/64 GB / 4GB RAM Internal/RAM  32/64/128 GB / 3GB RAM
12 MP, f/1.7, 26mm, phase detection autofocus, OIS, LED flash & 5MP kamera depan Kamera  16 MP, f/1.9, 28mm, OIS, autofocus, LED flash & 5MP kamera depan
Non-removable Li-Ion 3000 mAh Baterai Non-removable Li-Ion 2550 mAh 

Desain

Desain Samsung Galaxy S6

Soal desain, sejatinya tak banyak perubahan diantara Samsung Galaxy S6 dan penerusnya ini. Ia masih mempertahankan penggunaan material metal dan kaca, memberikan kesan estetik dan sangat elegan.

Yang berbeda, bentuk lensa kamera di bodi belakang Galaxy S7 tidak terlalu menonjol seperti pendahulunya, serta mengadopsi bentuk curved ala Galaxy Note 5 untuk membuatnya lebih ergonomis dan lebih nyaman digenggam.

Desain Samsung Galaxy S7

Hal lain yang membuat Samsung Galaxy S7 lebih menarik yaitu adanya sertifikasi IP68. Dengan begitu, smartphone ini dapat digunakan dalam air di kedalaman 1.5 meter selama 30 menit, atau dapat digunakan di berbagai medan ekstrim karena kemampuannya yang tahan debu.

Layar
Layar Galaxy S7

Samsung Galaxy S6 diperkenalkan dengan layar seluas 5.1 inci beresolusi tinggi, sekelas Quad HD 2.560 x 1.440 pixels. Dengan adanya penggunaan resolusi tersebut, Galaxy S6 pun disebut sebagai smartphone Android dengan layar terbaik yang aada pada masa itu.

Baca juga Harga Handphone Android Samsung Terbaru

Di segi resolusi layar, Galaxy S7 masih sama, dimana ia memiliki ukuran dan resolusi layar yang sama. Akan tetapi, Samsung memberikan inovasi terkait penggunaan layar Always On, dimana layarnya dapat menyala terus menampilkan notifikasi, jam dan kalender.

Kamera

Kamera Galaxy S6

Saat Samsung Galaxy S6 meluncur, ia menjadi salah satu smartphone yang memiliki keunggulan fitur kamera berkat penggunaan sensor sekelas 16MP yang tangguh digunakan dalam memotret obyek dalam kondisi minim cahaya, serta menghasilkan gambar yang sangat natural.

Di atas kertas, resolusi yang dimiliki Samsung Galaxy S7 memang lebih rendah, dimana ia menggunakan modul sensos sebesar 12MP. Akan tetapi, Samsung memiliki alasan lain dimana sensor tersebut menggunakan teknologi dual pixel yang diklaim mampu memproduksi gambar dengan tingkat ketajaman yang baik.

Kamera Galaxy S7

Tak hanya itu, Galaxy S7 pun hadir dengan aperture lebih rendah, f/1.7, membuatnya lebih unggul saat digunakan dalam kondisi minim cahaya, serta mampu menangkap fokus dalam waktu empat kali lebih cepat.

Sementara soal kamera depan, keduanya tidak memiliki perubahan yang berarti. Jika Galaxy S6 menawarkan modul kamera depan berukuran 5 MP dengan aperture f/1.9, Galaxy S7 masih menggunakan sensor yang sama namun, memiliki aperture f/1.7 yang tentu saja dapat menghasilkan gambar selfie berkualitas lebih baik.

Hardware dan Software

Spesifikasi Galaxy S7

Urusan performa, Galaxy S6 saat diluncurkan memanfaatkan chipset Exynos 7420 Octa yang kemampuannya sendiri disandingkan sejajar dengan Qualcomm Snapdragon 810. Pada smartphone barunya ini, Samsung membenamkan chipset Qualcomm Snapdragon 820 atau Exynos 8890 Octa yang tentu saja kemampuannya lebih tinggi dibandingkan pendahulunya.

Baca juga Komparasi LG G5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+, Siapa Paling Tangguh?

Soal penggunaan RAM, Galaxy S7 pun menggunakan memori lebih besar, 4GB, tentu saja memungkinkan kinerja multitasking jauh lebih hebat ketimbang Galaxy S6 dengan RAM yang hanya berukuran 3GB saja.

Spesifikasi Galaxy S7

Tak hanya itu, Samsung pun kini mengembalikan slot microSD yang sebelumnya hilang pada Galaxy S6. Melalui hybrid SIM yang juga dapat dijadikan tempat penyimpanan microSD, nantinya pengguna dapat mengekspansi kapasitas memori hingga 200GB.

Tak hanya peningkatan hardware, Galaxy S7 pun memiliki tampilan antarmuka yang lebih simpel melalui penggunaan TouchWiz generasi terbaru. Namun, sama dengan sebelumnya bahwa Samsung masih menempelkan banyak aplikasi bawaan, yang sebagian besar aplikasi tersebut terdapat pula pada Galaxy S6.

Baterai

Baterai Galaxy S7Via GSMarena

Ketimbang Galaxy S6 yang memiliki baterai 2.550 mAh, seri terbaru ini hadir dengan dukungan baterai berkekuatan 3.000 mAh. Selain kapasitasnya lebih besar, smartphone ini pun dijalankan pada sistem operasi Android 6.0 Marsmallow yang disebut memiliki manajemen daya yang baik, membuatnya jauh lebih baik dibandingkan pendahulunya.

Perlu kamu ketahui, Samsung saat ini masih menggunakan model microUSB 2.0, belum menggunakan USB type-C seperti yang digunakan flagship buatan kompetitornya.

Di luar dari desain yang nyaris sama, Samsung memberikan banyak sekali peningkatan performa dan fitur, membuat kamu yang berniat mengganti smartphone lama kamu sangat layak menggantinya dengan Samsung Galaxy S7.

Saat ini, Samsung sudah membuka pemesanan untuk kamu yang ingin membeli Galaxy S7. Untuk harganya, perangkat ini akan dijual seharga Rp 9,5 jutaan. Dahulu ketika Samsung Galaxu S6 masuk Indonesia harganya juga sama. Untuk pemasanan ini, Samsung memberikan bonus berupa perangkat virtual reality Samsung Gear VR khusus untuk para pemesannya.

Di Singapura, harga generasi S7 series ini dibandrol dengan harga 998 dollar Singapura atau sekitar Rp 9,5 jutaan dan untuk Galaxy S7 edge 1.098 dollar Singapura atau berada dikisaran Rp 10,5 jutaan.

 

Baca juga artikel
LG G5 Tantang Samsung Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge di MWC 2016
Samsung Galaxy S7 & S7 edge Selain "Always ON" Juga Bisa di Ajak Menyelam
Kumpulan Tips & Trik Fitur Samsung Galaxy S6 Edge+ Yang Jarang Diketahui

Artikel Lainnya

Komentar