Apa Beda MediaTek Helio P10 Dari MediaTek P20 yang Baru Dirilis?

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 25 Peb 2016 | 16:42

MediaTek P20

Tidak hanya smartphone baru yang diperkenalkan dalam ajang MWC 2016 Barcelona kemarin, MediaTek memanfaatkan ajang pameran teknologi ini untuk memperkenalkan chipset terbarunya, MediaTek Helio P20.

Ini merupakan penerus dari chipset MediaTek Helio P10 yang dirilis pada Juni tahun lalu. Meskipun hanya berjarak 8 bulan dari versi sebelumnya, Chipset MediaTek terbaru ini diharapkan lebih baik baik disi sisi performa dan daya baterai. Kabarnya, chip ini baru akan digunakan di smartphone pada paruh kedua tahun 2016.

MediaTek sendiri melakukan perubahan yang cukup baik dalam MediaTek Helio P20 dibanding seri P10. Dalam chip ini, MediaTek lebih fokus pada peningkatan efisiensi power. Chip ini hanya menggunakan daya 25 persen lebih rendah dibanding seri P10. Walaupun lebih hemat daya, MediaTek menjamin performanya tetap lebih unggul.

MediaTek P20

Performa chipset ini cukup baik pasalnya menggunakan prosesor octa-core ARM Cortex A53 dengan kecepatan prosesor hingga 2,3 Ghz. Dari sisi grafis, Prosesor ini menggunakan GPU baru yakni Mali T800 yang memiliki kecepatan 900 Mhz. GPU ini menjadi salah satu GPU terkuat dari ARM. Yang menarik, prosesor ini akan didukung memori RAM berteknolgi LPDDR4X yang merupakan RAM berdaya rendah pertama di dunia untuk sebuah chip mobile.

MediaTek helio P20 hadir dengan teknologi RAM paling mutakhir. Bahkan diperkirakan RAM pada chipset MediaTek P20 ini memiliki peningkatan bandwidth 70% dan konsumsi daya 50% lebih hemat dibanding teknologi LPDDR3. Performa chip ini bisa tercapai dengan menurunkan tegangan operasi hingga 0,6V.

Baca juga 3 Smartphone Paling Baru dengan MediaTek Helio X10

MediaTek Helio P20 tampaknya akan sangat cocok digunakan di smartphone kelas menengah hingga smartphone premium. Chip ini mendukung layar resolusi Full HD 60fos. Selain itu, chipset MediaTek terbaru ini mampu menjalankan kamera yang memiliki sensor 24 MP dibelakang dan 13 MP didepan hingga kamera dual 13 MP. Chip ini jga bisa digunakan untuk merekam video hingga 4K dan 2K pada 30fps.

MediaTek P20

Chip MediaTek P20 ini mendukung jaringan 4G LTE cat 6 dan teknologi carrier aggregation untuk mendapatkan kecepatan download hingga 300 Mbps dan upload 50 Mbps. Alhasil, pengguna smartphone akan semakin dimanjakan untuk berselancar di dunia maya. Chip ini juga mendukung dual SIM, dual standby. Terakhir, chip ini juga sudah support wifi, Bluetooth dan Radio FM.

Masih harus menunggu hingga pertengahan 2016, untuk mengetahui performa sebenarnya chipset MediaTek P20.

 

Baca juga artikel
Mengenal Prosesor MediaTek dan Keunggulannya
Mediatek Ungguli Snapdragon dengan Chipset Deca Core
MediaTek MT6797 Helio 20 vs Snapdragon 810: Siapa Nantinya Paling Tangguh?

Artikel Lainnya

Komentar