Ini Beda Xiaomi Redmi 2 Dari Redmi 3 Kalau Mau Upgrade Ponsel

Ini Beda Xiaomi Redmi 2 Dari Redmi 3 Kalau Mau Upgrade Ponsel

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 10 Peb 2016 | 14:18

Xiaomi rilis Redmi 3 di awal 2016 sebagai penerus Redmi 2. Buat yang mau upgrade smartphone Redmi 2 ke Redmi 3 nantinya, mesti tahu sejauh apa pengembangan yang dilakukan Xiaomi. Lalu apa saja bedanya?

Desain dan Layar

Desain kedua smartphone Xiaomi ini cukup berbeda. Redmi 3 hadir dengan desain lebih kokoh dengan bahan bodi metal di bagian cover bodi sehingga berkesan mewah. Sementara itu, Redmi 2 hadir dengan desain yang lebih minimalis dengan bodi terbuat dari bahan plastik.

Untuk dimensi, Redmi 3 hadir dengan dimensi besar yang lebih tipis dengan tebal hanya 8.5 mm dan berat 144 gram. Berbeda halnya dengan Redmi 2 yang hadir dengan dimensi lebih kecil namun dengan tebal 9,4 mm dan berat 133 gram.

Perbedaan lain dalam kedua smartphone juga tampak dari letak kamera belakang. Xiaomi mengubah posisi kamera pada Redmi 2 yang semula terletak di tengah, kini menjadi berada di bagian atas kiri dalam Redmi 3.

Beranjak ke bagian layar, Xiaomi menggunakan layar yang lebih lebar dalam seri terbaru ini. Xiaomi menggunakan layar berukuran 5 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Layar ini hadir dengan kerapatan pixels 294 ppi. Sedangkan pada varian lama, masih menggunakan layar 4,7 inci dengan resolusi HD 1280 x 720 pixels. Layar ini unggul dengan pixels yang lebih padat yakni 312 ppi. Tak heran, layar Redmi 2 mampu menampilkan gambar yang lebih baik.

Kedua layar ini juga sudah dibekali fitur anti gores dari Corning Gorilla Glass sehingga smartphone semakin terlindungi.

Hardware

Redmi 3 menggunakan mesin yang lebih gahar dibanding Redmi 2. Smartphone 4G ini dibekali chipset qualcomm Snapdragon 616. Prosesor octa-core berteknologi 64-bit ini akan disokong RAM 2 GB dan GPU Adreno 405. Performa yang dihadirkan tentu maksimal dan lebih cepat dibanding Redmi 2 yang masih menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 410. Prosesor Quad-core ini bahkan masih didukung RAM 1GB dan GPU Adreno 306. Spesifikasi ini terbilang kelas menengah namun masih memadai untuk multitasking dan harian.

Pada bagian memori penyimpanan, Xiaomi menghadirkan memori yang lebih besar yakni 16GB disokong oleh slot microSD 128GB yang terletak di slot SIM 2. Sementara itu, versi lama hanya terpasang memori internal 8GB dan slot microSD 32 GB. Tampaknya, Xiaomi Redmi 3 didesain khusus untuk pengguna modern yang sering menyimpan data di perangkat smartphone.

Baca juga Simak Perbedaan Xiaomi Redmi 3 dengan Pendahulunya Redmi 2 Prime

Pada bagian sistem operasi, Redmi 3 menggunakan sistem lebih baru yakni Android 5.1 Lollipop. Sedangkan Redmi 2 masih menggunakan sistem lama Android KitKat. Walaupun demikian, kedua smartphone sudah menggunakan user interface MIUI 7 di Redmi 3 dan MIUI 6 di Redmi 2. Tentu saja, User interface yang lebih baru ini memberikan pengalaman lebih cepat dan ringan. Sehingga pengguna smartphone Xiaomi lebih maksimal menggunakan perangkatnya.

Kamera

Redmi 3 hadir dengan peningkatan fitur yang cukup signifikan. Xiaomi menghadirkan kamera utama yang lebih baik yakni kamera 13MP dari versi Redmi 2 yang hanya 8MP. Kamera utama 13MP ini sudah disokong 5 physical lens dengan aperture f/2.0 hingga teknologi PDAF atau Phase Detection AutoFocus.

Dengan teknologi PDAF ini, pengguna bisa mengambil fokus foto lebih cepat dibanding autofocus pada seri lama. Xiaomi juga menghadirkan fitur HDR dalam kamera Redmi 3. Fitur HDR ini pengguna bisa mengambil gambar hingga merekam dengan lebih baik dan jelas. Kedua kamera sudah bisa digunakan untuk merekam video Full HD dengan baik.

Dibagian depan, Xiaomi Redmi 2 hanya mengandalkan kamera depan 2MP. Sedangkan Redmi 3 menggunakan kamera depan 5MP. Kamera depan 5MP ini sudah dibekali teknologi face recognition hingga intelligent self portrait sehingga semakin maksimal untuk berselfie.

Baterai

Bagian ini juga menjadi bagian yang diubah oleh Xiaomi. Menyadari kebutuhan gadget saat ini, Xiaomi memasang baterai yang cukup besar dalam Redmi 3 yakni berkapasitas 4100 mAh. Sedangkan Redmi 2 hanya dibekali baterai 2200 mAh. Baterai baru di Redmi 3 ini bahkan diklaim meningkatkan daya pakai smartphone hingga 80% dibanding seri sebelumnya.

Spesifikasi Xiaomi Redmi 2 vs Xiaomi Redmi 3

Xiaomi Redmi 3 Spesifikasi  Xiaomi Redmi 2
LTE Jaringan LTE
5.0 inh, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  4,7 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v5.1 (Lollipop) OS Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Qualcomm MSM8939v2 Snapdragon 616 Chipset  Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.2 GHz Cortex-A53 CPU  Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Adreno 405 GPU  Adreno 306
16GB/2GB Internal/RAM  8GB/1GB & 16GB/2GB
13MP & 5MP Kamera  8MP & 2MP
Non-removable Li-Ion 4100 mAh Baterai Li-Po 2200 mAh

Kesimpulan

Xiaomi tampak serius menggarap varian Redmi 3 untuk bersaing di tahun 2016 ini. Desain yang lebih segar menggunakan bahan metal menjadi salah satu kelebihan ponsel ini dibanding ponsel kelas menengah lainnya. Selain itu, Xiaomi juga menggunakan mesin yang lebih powerful serta RAM 2GB yang kini memang sedang tren dan diincar banyak pengguna smartphone. Banyak pengguna yang menganggap RAM 2GB sangat mumpuni untuk penggunaan harian.

Selain itu, Redmi 3 hadir dengan memori yang lebih besar. Ponsel Android 4G ini bahkan menggunakan kamera dengan teknologi PDAF yang membuat fokus kamera semakin cepat dalam memotret sebuah subjek. Terakhir, baterai yang ditawarkan juga cukup besar membuat pengguna tidak perlu risau kehabisan daya disaat-saat darurat. Oh iya kamu juga bisa klik di perbandingan spesifikasi Xiaomi Redmi 2 dan Xiaomi Redmi 3.

Jadi, Redmi 3 menjadi pilihan yang paling tepat dan lebih lengkap dibanding Redmi 2.

  

Baca juga artikel
Lenovo Lemon 3, Android 5 Inci Pesaing Xiaomi Redmi 3
Xiaomi Redmi 3 Resmi Dirilis dengan Snapdragon 616
Tablet Xiaomi Mi Pad 2 Versi Windows 10 Resmi Dirilis

Artikel Lainnya

Komentar