Duel Phablet Layar 6 Inci, Huawei Mate 8 dan Huawei Mate 7

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 06 Jan 2016 | 12:42

Tahun 2015 memang telah berlalu. Namun, tren yang sempat booming di tahun tersebut tampaknya masih akan terus berlanjut di tahun baru ini. Huawei pun sudah menyiapkan senjata andalan untuk menghadang kelas phablet layar lebar. November lalu, Huawei bahkan telah merilis Huawei Mate 8 yang tawarkan spesifikasi cukup menjanjikan dibanding phablet lainnya. Namun, bagaimana dengan Huawei Mate 7 yang sama – sama menggunakan layar 6 inci? Apa saja perbedaan kedua perangkat Android ini? Berikut uraian lengkapnya.

Spesifikasi

Huawei Mate 7 Spesifikasi  Huawei Mate 8
LTE Jaringan LTE
6 inch, IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors Layar  6 inch, IPS-NEO LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Android OS, v4.4.2 (KitKat) OS Android OS, v6.0 (Marshmallow)
HiSilicon Kirin 925 Chipset  HiSilicon Kirin 950
Quad-core 1.8 GHz Cortex-A15 & quad-core 1.3 GHz Cortex-A7 CPU  Quad-core 2.3 GHz Cortex-A72 + quad-core 1.8 GHz Cortex A53
Mali-T628 GPU  Mali-T880 MP4
16GB/32GB, 2GB/3GB RAM Internal/RAM  32GB/64GB/128GB, 3GB/4GB RAM
13MP & 5MP Kamera  16MP & 8MP
Non-removable Li-Po 4100 mAh Baterai Li-Po 4000 mAh

Desain
                                                                                                                     Huawei Mate 7

Dari sisi desain, sejatinya kedua ponsel tidak mengalami perbedaan yang signifikan. Huawei masih mengandalkan bodi aluminium dengan rangka metal yang kokoh. Dari sisi dimensi, kedua phablet juga tampil sama dengan ukuran 157,1 x 80,6 x 7,9 mm. Perbedaan hanya tampak dari desain bezels dari Huawei Mate 8 yang lebih tipis dibanding Huawei Mate 7. Selain itu, dibagian belakang kedua phablet sudah terpasang fingerprint scanner.

Layar


Huawei Mate 8

Dari sisi layar Huawei Mate 8 dan Huawei mate 7 mengusung layar yang tidak berbeda jauh. Huawei Mate 8 menggunakan layar berukuran 6 inci dengan teknologi IPS – NEO dan resolusi Full HD. Perbedaan lainya ialah tersemat pula teknologi 2.5D. Teknologi ini membuat layar semakin nyaman digunakan.

Baca Juga Smartphone Android Lollipop, Pilih Xiaomi Mi 4i atau Asus Zenfone 2

Huawei mate 7 menggunakan layar berukuran 6 inci. Layar ini akan disokong teknologi IPS dan resolusi Full HD. Layar ini sudah sangat mumpuni untuk penggunaan harian seperti browsing, bermain game dan menonton video. Huawei juga sudah melapisi layar kedua phablet dengan fitur anti gores Gorilla Glass.

Mesin

Beralih ke bagian mesin, Huawei menghadirkan perubahan yang cukup baik. Huawei mengganti mesin Huawei Mate 7 yang menggunakan Chipset Kirin 925, dengan mesin yang lebih baru dan lebih powerful chipset Kirin 950 dalam Huawei Mate 8. Prosesor octa-core terbaru ini menghadirkan performa tinggi dikelasnya dan diklaim tetap hemat baterai.

Dalam Huawei Mate 7, Prosesor octa-core sebelumya didukung oleh pilihan RAM 2 / 3 GB serta GPU mali T628. Sedangkan dalam prosesor octa-core di Huawei Mate 8 terpasang RAM 3 / 4 GB serta GPU Mali T880.

Untuk sistem operasi, Huawei Mate 8 tawarkan sistem operasi yang lebih baru yakni Android 6.0 Marshmallow. Huawei Mate 7 sendiri menggunakan sistem operasi Android 4.4 yang bisa diupdate ke Android Lollipop.

Memori

Untuk penyimpan data, Huawei menggunakan memori internal 32 , 64 dan 128 GB dalam Huawei Mate 8. Sedangkan dalam Huawei Mate 7 hanya terpasang memori internal 16 dan 32 GB. Bila memori internal masih kurang, kamu masih bisa menggunakan slot micro sd.

Kamera

Selain mesin, Huawei juga menghadirkan ubahan pada sisi kamera. Huawei menghadirkan kamera yang lebih berkualitas dalam Huawei Mate 8. Dalam phablet ini terpasang kamera 16 MP dengan sokongan HDR, OIS, Phase detection hingga dual LED flash. Untuk kamera depan, terpasang kamera depan 8 MP.

Untuk Huawei Mate 7, masih terpasang kamera utama 13 MP dengan autofocus dan LED Flash. Pada kamera depan, terpasang kamera 5 MP.

Baterai

Untuk bagian baterai, Huawei Mate 8 menggunakan baterai yang lebih kecil yakni 4000 mAh saja. Sedangkan Huawei Mate 7 menggunakan baterai sebesar 4100 mAh. Alasan dari pengurangan baterai ini ialah Huawei Mate 8 diklaim semakin hemat daya.

Kesimpulan

Dengan perubahan yang menonjol di sisi mesin dan kamera, Huawei Mate 8 terbukti sebagai phablet yang menjanjikan performa premium. Jadi, tampaknya untuk kamu yang masih memiliki phablet lama Huawei, segera upgrade ke Huawei Mate 8. Untuk perbandingan spesifikasi lebih lengkap kamu bisa klik disini.

 

Baca juga artikel

LG V10 vs iPhone 6s Plus, Duel Phablet Premium

Perbandingan Motorola Droid Turbo 2 dengan Samsung Galaxy S6

Ini Beda Xiaomi Redmi Note 3 dengan Redmi Note 2

Artikel Lainnya

Komentar

Samyang 06 Januari 2016 - 13:33
ga di sangka, keren keren banget hape huawei