Dua Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran, Fujifilm X-T1 dan Olympus OM-D E-M1

Dua Kamera Mirrorless Terbaik di Pasaran, Fujifilm X-T1 dan Olympus OM-D E-M1

Oleh Ardiansyah Hana on Selasa, 05 Jan 2016 | 13:10

Kamera mirrorless disebut dapat menggantikan peran kamera DSLR. Namun, dari semua produk yang ada di pasaran, sejatinya tidak semuanya berhak disejajarkan dengan kemampuan yang dihasilan oleh kamera DSLR.

Namun, dua kamera, Fujifilm X-T1 dan Olympus OM-D E-M1, tergolong sebagai kamera mirrorless terbaik yang ada di pasaran saat ini. Bagaimana spesifikasi kedua perangkat diatas?

Fujifilm X-T1

Kamera buatan brand asal Jepang ini disebut sebagai best kamera mirrorless. Pasalnya, ia hadir dengan sensor X-Trans APS-C dengan resolusi 16.3 megapixel, dimana kemampuannya tidak sekedar mampu memproduksi gambar tajam, melainkan tingkat warna yang sangat akurat.

Tak hanya itu, karena Fujifilm X-T1 pun turut dilengkapi dengan electronic viewfinder dengan burst rate mencapai 8 fps, dipadukan buffer dengan ukuran tergolong besar, serta sokongan update software yang terus digulirkan untuk membuat sistem autofocus bekerja prima.

Mengusung desain retro yang terkesan kokoh, kamera ini pun dilengkapi dengan tilt LCD 3 inch serta weather resistant, disertai dengan berbagai tombol yang umumnya tersedia pada kamera analog.

Baca Juga Rumor: Fujifilm X70 versi Murah X100T Siap Diproduksi

Olympus OM-D E-M1

Fujifilm X-T1 memang mempunyai kemampuan untuk memproduksi hasil gambar terbaik. Namun, kamera tersebut memiliki dua kelemahan utama, yakni tidak adanya teknologi layar sentuh, serta hasil video yang biasa saja.

Akan tetapi, hal ini dapat dijawab oleh sang kompetitor, Olympus OM-D E-M1, yang selain dilengkapi layar sentuh 3 inci beresolusi 1,04 juta dot, ia pun hadir dengan dukungan mode video 1080p yang mampu menghasillkan video berkualitas baik.

Terlepas dari itu, kamera berdesain cantik ini hanya memiliki dengan sensor Micro Four Thirds 16,3 megapixel, dimana ukurannya sendiri tergolong lebih kecil dibandingkan sensor APS-C milik Fujifilm X-T1.

Yang menjadikan kamera Olympus ini lebih menarik, ia hadir dengan fitur image stabilization 5-axis, membuatnya mampu meredam guncangan yang diakibatkan oleh tangan sehingga dapat menghasilkan gambar yang tetap jelas.

Kedua kamera mirrorless kelas atas tersebut memang memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Namun, Anda dapat memilihnya sesuai selera dan kebutuhan, apakah mengutamakan brand, sensor gambar, ataupun fitur yang ditawarkan.

Soal harga, Fujifilm X-T1 dijual di pasaran seharga Rp 14 jutaan. Sedangkan pesaingnya, Olympus OM-D E-M1, dibandrol mulai Rp 11 jutaan.

 

Baca juga artikel

Fujifilm XT-1 IR, Menangkap Cahaya Infrared dan Ultraviolet Secara Langsung

Olympus Hadirkan OM-D E-M10 Mark II Di Indonesia Seharga 20 Jutaan

Rumor Spesifikasi Kamera Mirrorless Olympus E-M10 Mark II

Artikel Lainnya

Komentar

Samyang 06 Januari 2016 - 13:36
dua duanya keren!