Adu Aplikasi Perpesanan: WhatsApp VS Facebook Messenger

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 31 Des 2015 | 10:22

WhatsApp dan Facebook Messenger menjadi aplikasi perpesanan yang cukup populer di dunia. Padahal kedua aplikasi ini hadir dengan fungsi dasar yang sama yakni untuk mengirim pesan. Namun, setiap aplikasi memiliki kelebihan tersendiri hingga layanan yang menarik. Biar kamu tidak penasaran, Berikut sajikan perbandingan WhatsApp dan Facebook Messenger.

Facebook Messenger

Kelebihan

Facebook Messenger menjadi salah satu aplikasi yang cukup berkembang. Aplikasi yang berawal dari media sosial ini tawarkan user interface yang bersih dan mudah dipahami. Aplikasi ini bahkan mampu memberikan informasi kontak yang cukup lengkap. Kamu juga bisa berkirim pesan secara individual hingga gryp. Kamu bahkan bisa mengirim pesan dengan tambahan file gambar, sticker, hingga suara. Kamu bahkan bisa melakukan panggilan telepon melalui Facebook Messenger dengan mudah. Menariknya, sejak 2015 kemarin, kamu tidak perlu menggunakan akun facebook untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Kekurangan

Salah satu kelemahan dari aplikasi ini ialah sekali masuk, kamu tidak bisa keluar. Facebook Messenger tidak menghadirkan tombol logout. Alhasil untuk bisa keluar atau mengganti akun dari aplikasi ini agak sedikit ribet. Kamu harus masuk ke settings > applications> manage applications. Setelah itu pilih aplikasi Facebook Messenger dan tap clear data.

Kelemahan lainnya, kamu juga tidak bisa mengatur notifikasi. Selain itu, kamu harus menggunakan nama asli untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Download Facebook Messenger

Baca juga: Facebook Messenger Lebih Populer di Amerika, Kalahkan WhatsApp

WhatsApp

Kelebihan

WhatsApp menjadi salah satu aplikasi layanan perpesanan yang cukup populer di dunia. Bahkan kabarnya aplikasi ini lebih banyak mengirim pesan dibanding kiriman SMS di seluruh dunia. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu harus menggunakan nomer telephone untuk membuat akun baru.

Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mengirim pesan kesemua orang secara gratis yang menggunakan aplikasi WhatsApp di perangkat mereka. Kamu bisa berkirim pesan secara individu ataupun grup. Kamu juga bisa mengirim video, gambar dan suara. Kamu bahkan bisa menshare lokasi. Kamu juga bisa menambahkan emoction. Menariknya, aplikasi ini support free voice calls.

Kekurangan

Karena menggunakan nomer telepon, kamu tidak bisa sembarangan log out dari aplikasi ini. Selain itu, tidak ada sticker ataupun mini game dalam WhatsApp.

Download WhatsApp

Kesimpulan

Sebetulnya, kedua aplikasi perpesanan diatas sama – sama kuat. Namun, untuk urusan kemudahan sepertinya WhatsApp lebih unggul. Apalagi, aplikasi ini sudah digunakan cukup banyak orang dan memiliki fitur gratis yang banyak.

Baca juga artikel
Tips Memaksimalkan Windows 10 Untuk Gaming
Xiaomi Siap Hadirkan Redmi 3 Mesin Octa-Core
Game HD Terbaik 2015 yang Perlu Kamu Mainkan Ketika Liburan

Artikel Lainnya

Komentar