Adu Kamera iPhone 6s vs Galaxy S6 vs Xperia Z5, Siapa Unggul?

Adu Kamera iPhone 6s vs Galaxy S6 vs Xperia Z5, Siapa Unggul?

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 04 Nov 2015 | 11:24

Kita pasti ingin tahu lebih bagus mana kamera Xperia Z5, Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6s. Pasalnya ketiganya hadir membawa pembaharuan yang canggih di sektor kamera. Ketiganya juga berlomba untuk mendapatkan gelar smartphone terbaik.

iPhone 6s dijadikan kandidat setelah Apple akhirnya memperbaharui sektor kameranya. Apple mengganti kamera utama 8 MP dengan kamera 12 MP dengan aperture f/2.2 dan kemampuan rekam video 4K. Tak hanya itu, iPhone 6s juga hadir dengan LED baru yang lebih terang. Sayangnya, hanya dalam seri iPhone 6s plus saja yang dibekali fitur OIS.

Samsung juga menghadirkan kamera baru dalam seri Galaxy S6. Samsung menggunakan kamera utama 16 MP dengan aperture f/1.9 dan sensor 16:9. Samsung juga menghadirkan fitur OIS atau Optical Image Stabilization yang cukup membantu menstabilkan gambar.

Baca juga: Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Sementara itu, Sony Xperia Z5 hadir dengan kamera 23 MP dengan mode 4:3 dan 20 MP dengan mode 16:9. Sony juga menghadirkan fitur baru yakni Electronic Image Stabilization.

Untuk mengetahui mana dari ketiga smartphone di atas yang memiliki kamera terbaik, GSMarena melakukan beberapa pengujian. Dalam video pengujian tersebut, ketiga smartphone digunakan untuk memotret dari pagi, siang dan sore hari. Dalam pengujian pertama, ada dua subjek foto yakni pemandangan gedung bertingkat dan potret sebuah gedung. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa detail warna dan bayangan hasil foto ketiga ponsel. Pengujian berikutnya pada siang hari terik untuk mengetahui dynamic range masih menggunakan subjek pemandangan gedung-gedung.

Menjelang sore, pengujian masih berlanjut, ketiga smartphone, iPhone 6s, Samsung S6 dan Sony Z5, kembali memotret di kondisi redup cahaya. Ini untuk memastikan ISO dan flash bekerja dengan baik.

Dan hasilnya, Sony Xperia Z5 hadir dengan sebagai pemenang dalam tes-tes tersebut. Sony mampu menyajikan kedalaman warna dan bayangan dengan lebih baik dibanding Samsung S6 ataupun iPhone 6s. Memang untuk memotret kala sore, Samsung Galaxy S6 tampak lebih detail. Untuk melihat perbandingan spesifikasi lebih lengkap bisa klik disini.

Video Sony Xperia Z5 vs Samsung Galaxy S6

Video Sony Xperia Z5 vs iPhone 6s Plus

 

Baca juga artikel

Asus Zenfone 2 Laser vs Meizu M2: Pilih Kamera atau Kapasitas Baterai

Perbandingan Rekaman Video 4K, iPhone 6s vs Nikon d750

Adu Spesifikasi Smartphone Nexus 5X Versus OnePlus 2

Artikel Lainnya

Komentar