Meski Lawas, Nexus 6 Masih Mampu Menandingi Galaxy Note 5

Meski Lawas, Nexus 6 Masih Mampu Menandingi Galaxy Note 5

Oleh Alena Yulitta on Kamis, 17 Sep 2015 | 10:44

Hingga saat ini Nexus 6 buatan Motorola sudah cukup berumur bagi ukuran smartphone, yaitu hampir setahun, namun masih bisa menandingi kehebatan Galaxy Note 5 yang masih berumur dua mingguan. Kedua perangkat ini bia disandingkan sebagai perangkat yang selevel, berikut perbandingan Nexus 6 dengan Note 5 seperti yang dikupas di  Androidcentral.

Desain

Kedua perangkat memiliki desain yang sungguh menarik dengan bahan utama metal untuk pembuat casing, Nexus 6 menghadirkan desain lama yang elegan yaitu casing berbahan plastik belakang dengan lengkung yang elegan sementara Samsung mempergunakan lapisan kaca untuk semua bagian Note 5. Keduanya menghadirkan keeleganan pada level yang sama dengan cara yang berbeda.

Layar

Pada sisi layar, secara mengejutkan ternyata Nexus 6 sedikit lebih baik dari Note 5, yaitu berbentang 5,96 inci dengan 5,7 inci pada Note 5. Keduanya memiliki resolusi yang sama yaitu Quad HD dan jenis layar AMOLED. Nexus 6 membawa layar AMOLED biasa dengan kepadatan 493ppi dan perlindungan Gorilla Glass 3, sementara Note 5 hadir dengan layar Super AMOLED dengan 518ppi dan perlindungan Gorilla Glass 4. Sekilas, Nexus 6 memang masih cukup perkasa untuk menandingi layar pada Note 5, apalagi bagi pengguna yang menginginkan layar denan ukuran yang besar.

Motorola Nexus 6

Hardware

Di sisi hardware, lagi-lagi keduanya tak terpaut jauh. Galaxy Note 5 menghadirkan octa core 64-bit Exynos 7420 dengan 4 core 2,1GHz dan 4 core 1,5Ghz. Sementara Nexus 6 membawa Snapdragon 805, yang walaupun masih quad core, namun sudah mempunyai clockspeed tinggi, 2,7GHz. Bahkan dua-duanya juga sudah menjalankan andriod 5.1.1 Lollipop.

Baca juga: Bocoran Nexus 5 Semakin Terungkap Jelas

Memory

Note 5 hadir dengan RAM 4GB sementara Nexus 6 sedikit lebih kecil, 3GB. Untuk internal storage, keduanya menawarkan varian yang sama yaitu 3GB dan 64GB tanpa kehadiran slot memori. Perlu diketahui, Note 5 sudah mempergunakan internal storage UFS 2.0 yang mampu menyediakan kecepatan write/read yang super cepat.

Kamera

Di sisi kamera kedua perangkat sudah memiliki fitur perekaman video 4K dengan kamera beresolusi 16MP, f/1.9, OIS, autofocus, dan phase detection pada Note 5, sementara Nexus dibekali dengan kamera 13MP, f/2.0, OIS, dan dual LED ring flash. Untuk kamera depan Note 5 punya sensor 5MP dengan aperture f/1.9, sementara Nexus 6 punya sensor 2MP.

Fitur Lain

Baik Note 5 dan Nexus 6 sudah mendukung LTE dan berbagai konektivitas standar Android serta berbagai kelengkapan sensor. Keduanya juga punya fitur fast charging dan Qi wireless charging. Note 5 sedikit unggul dengan powermat wireless dan fast wireless charging. Untuk baterai, keduanya mengadopsi non-removable baterai, namun Nexus 6 punya kapasitas baterai lebih besar yaitu 3220mAh, sedangkan Note 5 3000mAh.

 

Baca juga artikel

Huawei Produksi Nexus, Ini Bocoran Wujudnya!

Nexus 6 Sudah Bisa Beli Online di Indonesia

Desain LG Nexus 5 Terbaru Mulai Menampakkan Diri

Artikel Lainnya

Komentar