Pertempuran Sony Xperia Z5 Premium vs Samsung Galaxy S6 Edge+

Oleh Alena Yulitta on Rabu, 09 Sep 2015 | 10:34

Sony Xperia Z5 VS Samsung Galaxy S6 Edge+

Sekarang ini yang sedang terjadi adalah perang perangkat Android kelas high end di mana banyak bermunculan smartphone baru dengan fitur keren, antara lain iPhone 6S dan 6C, Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge, LG G4, dan Xperia Z5 Premium yang merupakan kakak dari Xperia Z5. Kali ini yang akan dibahas adalah pertarungan Sony Xperia Z5 Premium melawan Galaxy S6 Edge+.  Berikut pertarungan mereka yang dirangkum dari beberapa sumber.

Perbandingan Layar

Di sisi layar, Xperia Z5 Premium dibekali dengan sebuah layar 5,5 inci dengan resolusi 4K 3840 x 2160 sehingga menjadi smartphone pertama di dunia dengan resolusi sebesar itu (Z5 hanya 5,2 inci dengan res full HD 1920 x 1080 pixels).

Samsung S6 Edge+ mendobrak pasaran dengan sebuah layar berukuran 5,7 inci dengan panel berjenis Super AMOLED dan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels. Terlihat bahwa walaupun Z5 Premium mempunyai layar yang lebih kecil, namun mempunyai resolusi yang lebih besar.

Baca juga: Khusus Pasar Jepang, Sony Hadirkan Xperia Z5 Compact Premium

Perbandingan Desain

Galaxy S6 Edge+ hadir dengan desain yang sangat apik, terbalut metal dan lapisan kaca pelindung pada kedua sisinya, sehingga terlihat sangat “premium” dan mewah, namun terkesan licin, sebab bagian belakang juga dilapisi dengan Gorilla Glass. Samsung Galaxy S6 Edge+ sungguh tipis dengan ketebalan hanya 6,9 mm dan berat 153gram. Namun perangkat ini mempunyai panjang 154,4mm dan lebar 75,8mm sehingga mungkin terlihat menonjol saat dikantongi.

Sementara itu Xperia Z5 Premium hadir dengan desain Omnibalance. Tombol Home bundar digantikan dengan bentuk oval dan body dengan dimensi 154,4 x 75,8 x 7,8mm serta berat 180gram, sehingga jelas terlihat walaupun Z5 Premium berlayar lebih kecil, namun bodynya sedikit lebih tebal dan lebih berat.

Perbandingan Hardware

Ini pertarungan yang paling sengit karena S6 Edge+ dibekali dengan prosesor buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7420 dengan RAM 4GB dan pilihan storage 32GB dan 64GB tanpa kehadiran slot MicroSD.

Baca juga: Sony Hadirkan Update OS 5.1.1 Ke Xperia Z, ZL, ZR dan Tablet Z

Pada Xperia Z5 Premium, Sony lebih suka mempergunakan Snapdragon 810 yang juga dipergunakan pada HTC One M9 dan Xperia Z3+ dengan RAM 3GB, storage 32GB dan slot microSD. Di sisi hardware, Samsung lebih cerdik mempergunakan chipset octa core mereka sendiri yang dibuat dengan teknologi 14nm daripada Snapdragon 810 yang sudah terbukti sering overheat dan masih diproduksi dengan teknologi 20nm.

Dengan kata lain, S6 Edge+ masih lebih baik dalam kinerja dan penghematan baterai karena diproduksi dengan manufaktur 14nm yang lebih maju, RAM lebih besar dan tak sering overheat.

Perbandingan Kamera dan Fitur Lain

Di sisi kamera, S6 Edge+ mendapat perlawanan yang berat karena Sony adalah rajanya sensor kamera untuk smartphone. Xperia Z5 Premium dibekali dengan kamera beresolusi 23MP dengan wide-angle lens berfitur HDR, SteadyShot, auto fokus dan juga kemampuan mereka dengan resolusi 4K. pada bagian depan terdapat kamera 5MP berlensa Exmor R Lens dengan fitur perekaman1080p. Sementara pada Galaxy S6 Edge+ terdapat kamera utama dengan resolusi 16MP dan kamera depan 5MP. Dari perbandingan tersebut, Z5 Premium tentu lebih keren.

Kedua perangkat akan dibekali dengan OS yang sama yaitu Lollipop dan bisa update ke Marshmallow namun S6 Edge+ hanya dibekali dengan baterai 3000mAh dan wireless charging, sementara Z5 Premium punya baterai 3430 mAh tanpa kehadiran wireless charging.

Jadi menurut kamu, manakah yang lebih bagus?.

 

Baca juga artikel

Sony Xperia Z5 Ultra Siap Dirilis Maret Tahun Depan

Sony Smartband 2 Resmi Dirilis dengan Sensor Baru dan Anti Air

Sony Walkman Mewah Seharga 15,5 Jutaan Edisi Metal Gear Solid V

Artikel Lainnya

Komentar