Smartphone dengan Memori Besar, Pilih Xiaomi Mi 4 atau Huawei P8

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 19:21

Juli lalu, Xiaomi menghadirkan varian baru, Xiaomi Mi 4. Ponsel ini hadir sebagai penerus seri Mi yang cukup sukses dipasaran. Xiaomi menghadirkan memori penyimpanan yang cukup besar yakni 16 dan 64 GB. Tak hanya itu, Xiaomi juga menghadirkan RAM 3GB yang tentu memberikan peforma serba cepat.

Spesifikasi memori ini mungkin mengingatkan kamu pada varian Huawei P8 yang dirilis pada April lalu. Dalam ponsel premium ini, Huawei juga menghadirkan memori penyimpanan 16/64 GB serta sokongan RAM 3GB. Lalu, apakah spesifikasi keduanya juga sama? Biar tidak penasaran, berikut Pricebook sajikan perbandingan Xioami Mi 4 dengan Huawei P8?

Desain

Xiaomi masih tampil dengan desain khasnya yang minimalis, solid dan kokoh. Xiaomi masih mengusung bodi plastik pada bodi kotak dengan sudut melengkung. Untuk dimensi, ponsel ini cukup ideal di tangan dengan ketebalan 8,9 mm dan berat 149 gram.

Baca juga: 5 Smartphone Android Terbaik di Harga 2 Jutaan

Sedangkan Huawei menghadirkan desain yang mewah dan elegan. Seperti ponsel premium lainnya, ponsel ini hadir dengan bodi aluminium. Huawei juga menghadirkan bodi yang cukup ramping yakni 6,4 mm dan berat 144 gram.

Layar

Xiaomi Mi 4 mengusung layar sentuh berukuran 5 inci dengan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Layar ini juga sudah disokong teknologi IPS dan fitur anti gores.

Huawei P8 hadir dengan layar yang lebih lebar yakni 5,2 inci dengan teknologi IPS-Neo LCD. Huawei juga sudah menggunakan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels dengan fitur anti gores Gorilla Glass.

Hardware

Xiaomi Mi 4 menggunakan mesin kelas menengah yang cukup tangguh. Xiaomi memasang mesin quad-core dengan kecepatan 2,5 Ghz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 801. Prosesor Quad core ini akan disokong RAM 3GB dan pengolah grafis Adreno 330. Untuk sistem operasi, Xiaomi masih menggunakan OS Android kitkat 4.4.

Baca juga: 5 Smartphone Xiaomi Murah Berkamera 13MP

Bandingkan dengan Huawei P8 yang sudah menggunakan mesin Octa core dengan chipset Hisilicon Kirin 930. Prosesor Octa core ini akan disokong RAM 3GB dan Mali T628. Huawei juga unggul dengan pengunaan OS terbaru, Android Lollipop 5.0.

Memori internal

Kapasitas penyimpanan kedua ponsel memberikan pilihan yang cukup besar. Mulai dari kapasitas 16 hingga 64 GB da nada slot microSD untuk tambahan kapasitas memori jika di rasa kapasitas memori masih kurang.

Kamera

Xiaomi Mi 4 ataupun Huawei P8 juga sudah mengusung kamera utama 13MP dan kamera selfie 8MP. Resolusi yang cukup baik untuk saat ini, mengingat kebutuhan kamera sudah menjadi prioritas para pengguna ponsel yang cinta akan fotografi.

Baterai

Xiaomi Mi 4dibekali baterai berkapasitas 3080 mAh yang diklaim lebih awet. Sementara Huawei P8 hanya menggunakan baterai 2680 mAh. Cukup jauh bedanya dan ini tentu saja menarik untuk menjadi bahan pertimbangan.

Kesimpulan

Dengan harga yang lebih terjangkau, Xiaomi memiliki spesifikasi yang menjanjikan. Ponsel KitKat ini hanya kalah dari sisi desain dan mesin. Namun, bila kamu mencari performa tentu saja Huawei P8 menjadi pilihan yang tepat.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Android Quad Core Terbaik Dengan Harga 3 Jutaan

5 Smartphone Android Quad Core Terbaik Dengan Harga 2 Jutaan

5 Smartphone RAM 2 GB Terbaik Saat Ini Yang Ada di Pasar

Artikel Lainnya

Komentar