Adu Ponsel Lokal 5 inci, Advan M6 dan Evercoss Elevate Y

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 19:20

Baru-baru ini produsen lokal advan melepas varian smartphone kelas menengah di pasar Indonesia. Advan M6 hadir dengan layar 5 inci, desain premium dan mesin Powerfull. Advan menanamkan mesin Octa core guna memuaskan penikmat gadget Indonesia.

Evercoss juga memiliki ponsel 5 inci yang tidak bisa dipandang remeh. Evercoss memiliki Evercoss Elevate Y Power yang hadir dengan kamera tangguh dan baterai berkapasitas besar.

Berikut perbandingan Advan M6 dengan Evercoss Elevate Y Power

Desain

Advan M6 hadir dengan desain desain elegan dan premium. Kalau diperhatikan, desain bagian depan mirip dengan seri Asus Zenfone. Advan juga menghadirkan desain bodi kotak dengan sudut melengkung. Secara keseluruhan tampilannya lebih unggul dibanding ponsel lokal saat ini.

Baca juga: Advan M6 Mirip Zenfone Sudah Bisa Preorder Sekarang

Evercoss Elevate Y Power hadir dengan desain elegan dan minimalis. Desain nampak lebih solid dan kokoh dengan pinggiran bodi krom. Dimensinya terbilang tebal namun cukup nyaman untuk penggunaan harian.

Layar

Untuk urusan layar, kedua ponsel Android lokal ini hadir dengan spesifikasi serupa. Advan dan Evercoss sama-sama menggunakan layar sentuh berukuran 5 inci. Kedua layar juga mengusung resolusi 1280 x 720 pixels. Alhasil keduanya mampu menampilkan gambar dan video dengan lebih tajam dan baik. Sayangnya, kedua ponsel hanya dibekali anti gores biasa.

Sistem operasi dan Hardware

Untuk bagian mesin, Advan Vandroid M6 ini lebih unggul. Pasalnya, Advan memasang mesin octa-core dengan kecepatan 1,4 Ghz chipset Mediatek MT6592. Prosesor ini akan disokong RAM 2 GB dan pengolah grafis GPU Mali 450. Spesifikasi ini terbilang tinggi untuk ponsel lokal Indonesia.

Sementara itu, Evercoss Elevate Y Power dibekali mesin Quad core berkecepatan 1,3 GHz dengan chipset Mediatek MT6582. Prosesor ini akan disokong RAM 1GB dan pengolah grafis Mali 400.

Kedua ponsel layar 5 inci ini masih mengandalkan OS Android KitKat. Cukup disayangkan mengingat spesifikasi yang diusung lumayan berkelas.

Baca juga: Evercoss Berikan 90 Ribu Ponsel ke SMK Guna Program DNA

Memori penyimpanan

Pada bagian memori internal, Advan M6 dibekali memori 16GB. Sedangkan Evercoss hanya dibekali memori 8GB. Keduanya sudah dibekali  slot micro S sehingga tidak perlu kuatir akan kehabisan kapasitas memori.

Kamera

Untuk urusan kamera, Advan M6 sedikit mengecewakan. Pasalnya, ponsel Android KitKat ini hanya dibekali kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP. Sedangkan, Evercoss Y Power hadir dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP.

Harga

Advan Vandroid M6 kabarnya akan dijual dikisaran Rp1,7 Jutaan. Sedangkan Evercoss Elevate Y Power akan dijual dengan harga 1,5 jutaan.

Kesimpulan

Meski mengusung layar yang sama, ternyata Advan Vandroid M6 hanya unggul dibagian desain, mesin dan memori internal. Untuk penggunaan harian justru Evercoss Elevate Y Power hadir dengan keunggulan kamera dan baterai berkapasitas besar 4200 mAh.

 

Baca juga artikel

5 Smartphone Android Terbaik Harga 3 Jutaan

4 Smartphone Terbaik dengan Fitur Quick Charger

MediaTek Ciptakan Prosesor 10-Core, Skor AnTuTu-nya Capai 70.000

Artikel Lainnya

Komentar