Mana yang Kamu Pilih, OnePlus 2 atau Nexus 6?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 22:02

Bulan Juli lalu, dunia gadget kedatangan smartphone terbaru OnePlus 2 yang disebut-sebut sebagai phablet berkualitas dengan harga terjangkau. Dalam ponsel ini, OnePlus menghadirkan berbagai inovasi termasuk sensor sidik jari, mesin Octa core hingga kamera berkualitas.

Dikelas yang sama masih ada Motorola Nexus 6 yang juga masuk kategori phablet terbaik. Meski produk lama, phablet ini hadir dengan spesifikasi yang menjanjikan. Perangkat ini bahkan dibekali memori internal yang cukup besar hingga layar resolusi tinggi.

Lalu, bagaimana perbandingan spesifikasi dan fitur kedua phablet ini? Berikut data-datanya.

Desain

OnePlus 2 hadir dengan desain yang lebih elegan dan kokoh. OnePlus menghadirkan rangka berbahan aluminium serta magnesium dengan bodi plastik. Ponsel ini juga memiliki dimensi yang ramping 9,9 mm dengan berat 175 gram. Menariknya, bodi belakang ponsel ini dapat diganti-ganti.

Baca juga: Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Motorola Nexus 6 hadir dengan desain yang mirip tablet. Ponsel ini hadir juga dengan rangka aluminium dan bodi plastik. Sayangnya, dimensi ponsel ini cukup besar dan tebal yakni 10 mm dan berat 184 gram.

Layar

Untuk urusan layar. Nexus 6 tak diragukan lagi keunggulannya dibanding OnePlus 2. Nexus 6 hadir dengan layar 6 inci yang lebar dengan teknologi AMOLED dan resolusi QHD 2560 x 1440 pixels. Sementara itu, OnePlus 2 mengusung layar yang lebih rendah yakni 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels teknologi IPS.

Sistem operasi dan Hardware

Kedua ponsel sudah menggunakan OS Android Lollipop. Bedanya, OnePlus hadir dengan sistem operasi yang lebih update, Android 5.1 Lollipop. Di atas kertas, OnePlus 2 hadir dengan mesin yang powerfull. Ponsel ini mengusung  mesin Octa core teknologi 64-bit chipset Qualcomm Snapdragon 810. Prosesor ini disokong dengan pilihan RAM 3GB dan 4GB.

Sementara itu, Nexus 6 mengusung mesin kelas menengah yang juga powerfull. Ponsel ini menggunakan mesin Quad-core 2,7 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 805. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB.

Memori Internal

OnePlus 2 hadir dengan pilihan memori internal 16/64 GB. Sedangkan Nexus 6 hadir dengan memori internal 32/64 GB.

Kamera

Kedua phablet Android ini tampak mengusung resolusi sebanding. Kedua ponsel Android 4G LTE ini hadir dengan kamera utama 13MP dengan fitur OIS. Sementara itu, untuk kamera depan, OnePlus unggul dengan kamera depan 5MP, sementara Nexus hanya 2MP saja.

Kesimpulan

Dengan harga yang cukup murah, OnePlus 2 ternyata lebih baik dibanding Nexus 6. Ponsel OnePlus memiliki paket yang lebih lengkap seperti kamera depan mumpuni, mesin Octa-core hingga hadirnya fingerprint scanner yang tidak terdapat dalam Nexus series.   

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar

ariawan 11 Agustus 2015 - 11:11
nexuuuss dooong...