iPhone 6 Plus vs Samsung Galaxy Note, Mana yang Cocok Buat Anda?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 19:31

iPhone 6 Plus merupakan salah satu smartphone terbaik yang pernah diproduksi Apple sejauh ini. Mengusung layar 5,5 inci, Apple mencoba bersaing di kelas phablet yang masih dikuasai HTC, Samsung, Sony hingga LG. Tak hanya layar yang lebar, iPhone seri ini juga mengusung mesin dan kamera yang lebih baik dari seri sebelumnya.

Namun, Samsung tak tinggal diam. Dikelas yang sama, Samsung memiliki Galaxy Note 4 yang ternyata memiliki layar yang lebih lebar yakni 5,5 inci. Ponsel Android ini bahkan mengusung mesin Quad core yang bertenaga disokong memori internal yang besar.

Lalu, manakah diantara kedua Phablet Apple dan Samsung ini yang layak dipilih?

Desain

Bicara mengenai desain, Apple hadir dengan desain yang khas seri iPhone. Dalam iPhone 6 Plus, Apple masih mempertahankan bodi aluminium yang kokoh dan solid. Menariknya, dalam varian ini, Apple menghadirkan desain yang cukup ramping hanya 7,1 mm.

Sementara itu, Samsung menghadirkan desain khas Galaxy yang elegan dan minimalis. Samsung menggunakan rangka metal dengan bodi belakang plastik. Ponsel ini hadir sedikit lebih besar dan tebal yakni 8,5 mm.

Layar

Apple mencoba menawarkan hal yang berbeda dalam ponsel iOS ini. Berbeda dengan seri sebelumnya, Apple menggunakan layar berukuran 5,5 inci IPS retina display Full HD 1920 x 1080 pixels. Layar ini tentu mampu menampilkan tampilan yang detail dan tajam.

Sementara itu, Samsung menghadirkan layar lebar yang berkelas. Samsung menggunakan layar berukuran 5,7 inci Super AMOLED dengan resolusi QHD 2560 x 1440 pixels. Dengan spek layar ini, jelas Samsung mampu menampilkan ketajaman gambar dan video lebih baik.

Baca juga: Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Sistem operasi dan Hardware

Apple telah memasang OS iOS 8.3 dalam iPhone 6 Plus sedangkan untuk Samsung Galaxy Note 4, oleh Samsung dipasangkan Android 4.4 KitKat dengan UI Touchwiz.

Apple iPhone 6 plus hadir dengan mesin yang lebih baik dibanding seri iPhone sebelumnya. Apple memasang mesin dual core berkecepatan 1,4 Ghz dengan chipset Apple A8. Prosesor ini akan disokong RAM 1GB dan GPU PowerVR GX6450.

Samsung juga tidak ingin tertinggal. Samsung Galaxy Note 4 menggunakan mesin Quad core berkecepatan 2,7 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 805. Prosesor ini akan disokong RAM 3GB dan GPU Adreno 420. Tentu ini menawarkan peforma cepat ketika mengakses berbagai aplikasi secara bersamaan.

Memori internal

Seperti biasa, Apple menghadirkan pilihan memori internal yang beragam yakni 16, 64 dan 128 GB. Sedangkan, Samsung hanya menawarkan memori 32 GB dan slot micro SD.

Kamera

Untuk bagian kamera, iPhone 6 plus menggunakan kamera utama 8MP dengan OIS dan Truetone Flash. Dibagian depan, terpasang kamera depan 1,2 MP. Sedangkan Samsung Galaxy Note 4 sudah dibekali kamera utama 16MP dengan OIS dan LED Flash. Pada kamera depan terpasang kamera 3,7 MP.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga Rp7 jutaan, Samsung Galaxy Note 4 cukup unggul dari berbagai sisi, baik layar, mesin, hingga kamera.  Namun, iPhone 6 Plus yang dijual dikisaran 9 jutaan juga unggul dengan pilihan memori internal dan sistem operasi yang cukup nyaman. Jadi, mana yang kamu pilih, semua kembali keselera kamu.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar