iPod Touch 6 Unggul dari iPad mini 3? Ini Alasannya!

Oleh Aris Wibowo on Senin, 10 Agu 2015 | 00:00

Pertengahan tahun 2015 ini, Apple merilis versi baru dari iPod. Perangkat mungil ini hadir dengan pembaharuan yang cukup banyak seperti hadirnya prosesor yang lebih besar dan kamera utama yang lebih baik. Pembaharuan ini disebut – sebut mengambil teknologi dari iPhone dan iPad.

Menariknya dari sisi mesin, IPod generasi baru ini tak berbeda jauh dengan iPad Mini 3. Maka tak heran, banyak yang menyandingkan iPod Touch dengan iPad mini 3. Lalu, manakah diantara kedua produk Apple ini yang lebih powerfull dan cocok untuk gadget harian saat ini? Berikut pembahasannya!

Desain

Kedua produk Apple ini tentu mengusung desain yang berbeda jauh. Ipod Touch generasi terbaru hadir dengan tampilan khas ala smartphone, sedangkan iPad mini 3 hadir dengan tampilan tablet. Kedua perangkat hadir dengan desain aluminium unibody yang solid. Menariknya, iPod generasi baru hadir dengan 6 pilihan warna yang menarik sementara iPad mini hanya mengusung 3 warna saja.

Baca juga: 4 Game iOS dengan Grafis Cantik

Layar

iPod touch hadir dengan layar berukuran 4 inci dengan teknologi IPS Retina display. Layar ini mengusung resolusi 1136 x 640 pixels dan fingerprint-resistant oleophobic coating. iPad mini 3 hadir dengan layar berukuran 7,9 inci dengan teknologi LED IPS Retina Display. Layar ini memiliki resolusi 2048 x 1536 pixels. Meski memiliki ukuran yang berbeda jauh, ternyata kedua perangkat Apple memiliki ketajaman layar yang sama.

Software dan Hardware

Kala menengok bagian mesin, iPod Touch mengusung mesin yang lebih bertenaga. Apple memasang mesin dual core, chipset Apple A8 dengan kecepatan 1,1 Ghz. Untuk iPad mini 3 terpasang mesin dual-core, chipset Apple A7 dengan kecepatan 1,3 Ghz. Kedua produk Apple ini juga menggunakan arsitektur 64-bit dan RAM 1 GB. Untuk sistem operasi, iPod touch dan iPad mini 3 hadir menggunakan iOS 8.

Baca juga: Lima Hal yang Beda di iPhone 6s dari Versi Sebelumnya

Memori

Apple terkenal akan produknya yang memiliki memori penyimpanan cukup besar. Dalam kedua produk iOS ini terpasang memori yang besar. iPod menawarkan memori 16/32/64/128 GB. sedangkan iPad mini mengusung memori 16/64/128 GB.

Kamera

Untuk urusan fotogafi, Apple telah memperbaharui iPod generasi baru dengan kamera utama 8 MP dan kamera depan 1,2 MP. Sedangkan, iPad mini 3 mengusung kamera utama 5 MP dan kamera selfie 1,2 MP. iPod Touch 2015 bahkan sudah dibekali LED Flash pada kamera utamanya.

Kesimpulan

Dengan ukuran yang berbeda jauh dan harga yang lebih murah, ternyata iPod generasi baru hadir dengan mesin yang lebih powerfull. Perangkat ini juga memiliki memori internal yang lebih besar hingga kamera utama yang berkualitas. Walaupun demikian, iPad mini 3 hadir dengan layar lebih besar dan adanya fitur konektivitas yang lebih lengkap.

 

Baca juga artikel

Aplikasi Ini Memberitahu Siapa yang Menghapus kamu di Facebook

Straight2Bank Wallet Perluas Layanan Dompetku Indosat

Kado Lebaran Anak, Kasih Tablet Android Murah 7 inci Saja!

Artikel Lainnya

Komentar