Adu Spesifikasi Meizu M2 Note dan Xiaomi Redmi Note

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 06 Agu 2015 | 22:33

Meizu baru saja mengenalkan varian terbaru untuk mengisi kelas phablet. Meizu akhirnya melepas Meizu M2 Note yang digadang-gadang sebagai phablet Android terbaik dengan harga terjangkau. Dalam ponsel ini, Meizu menghadirkan layar yang berkualitas, mesin bertenaga dan kamera terbaik.

Kehadiran Meizu M2 Note ini kabarnya siap menghadang laju Xiaomi Redmi Note yang dilepas Maret lalu. Xiaomi juga menghadirkan layar yang lebar, mesin Octa core dan dual kamera. Lalu seperti apa spesifikasi kedua phablet kelas menengah ini bila dibandingkan? Apakah Meizu berhasil melangkahi Xiaomi yang terkenal akan produk murah berkualitasnya? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Meizu M2 Note dan Xiaomi Redmi Note

Meizu M2 Note Spesifikasi Xiaomi Redmi Note
5.5inch Layar 5.5inch
Android Lollipop OS Android Jelly Bean
Mediatek MT6753 Chipset Mediatek MT6592
Octa-core 1,3GHz/Mali T720 CPU/GPU Octa-core 1.4/1.7 GHz/Mali-450MP4
16GB/2GB Internal/RAM 8GB/2GB
13MP & 5MP Kamera 13MP & 5MP

 

Desain

Kala membandingkan desain kedua perangkat akan tampak perbedaan desain yang menarik. Meizu menghadirkan desain yang cukup elegan dengan bodi kotak sudut melengkung. Sementara itu, Xiaomi hadir dengan desain solid dan kokoh dengan bodi kotak sudut melengkung yang lebih tegas. Perbedaan lainnya, Meizu mengusung satu tombol home di bawah layar. Sementara Xiaomi menawarkan tombol kapasitif.

Baca juga: Meizu MX5, Octa Core Murah dengan RAM 3GB

Layar

Beralih ke bagian layar, kedua ponsel Android ini mengusung layar yang sama lebar yakni 5.5 inci. Bedanya, Meizu M2 Note menghadirkan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels dengan teknologi IGZO panel. Sedangkan Xiaomi Redmi Note hanya mengusung resolusi HD 1280 x 720 pixels. Meizu juga mengusung anti gores Dragontail. Sedangkan Xiaomi memasang Corning Gorilla Glass.

Sistem operasi dan Hardware

Untuk sistem operasi, ponsel Android 4G Meizu lebih unggul karena akan menjalankan OS Android 5.0 Lollipop dengan Flyme UI. Sementara itu, ponsel Xiaomi masih menggunakan OS Android 4.4 KitKat. Dibagian hardware, Meizu M2 Note dibekali mesin Octa core 64 - bit berkecepatan 1,3 GHz dengan chipset Mediatek MT6753. Mesin ini akan disokong RAM 2 GB dan GPU Mali T720.

Baca juga: 5 Smartphone Android RAM 2GB Terbaik Dengan Harga 1 Jutaan

Bandingkan dengan mesin Xiaomi Redmi Note yang hanya mengusung prosesor Quad-core berkecepatan 1,6 GHz dengan chipset Qualcomm Snapdragon 400. Mesin ini telah didukung RAM 2GB dan GPU Mali 450. Untuk penyimpanan data, Meizu menyediakan memori internal 32GB, sedangkan Xiaomi hanya 8GB.

Kamera

Menengok resolusi kamera yang diusung keduanya seimbang, di atas kertas dengan masing-masing mengusung kamera beresolusi 13MP sebagai kamera utama dan 5Mp dibagian depan. Untuk hasil perlu pengujian lebih lanjut karena benda sensor beda pula kualitas gambar yang dihasilkan.

Kesimpulan

Meski mengusung layar yang sama, ternyata Meizu M2 Note cukup unggul dibanding Xiaomi Redmi Note. Meizu hadir dengan fitur lebih lengkap seperti layar resolusi tinggi, Mesin Octa core, fitur dual SIM, dan memori yang besar. Menariknya, Xiaomi juga unggul untuk urusan kecepatan mesin dan baterai.  

 

Baca juga artikel

Smartphone Dual SIM Terbaik Harga Rp 3 Jutaan

Meizu M2, Smartphone Versi Mini dari M2 Note

Smartphone Android dengan Skor AnTuTu Terbaik Tahun 2015

Artikel Lainnya

Komentar