OnePlus 2 vs OnePlus One, Mari Lihat Apa Saja yang Beda

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 30 Jul 2015 | 10:33

Meski baru akan resmi dijual pada Agustus mendatang, kehadirkan OnePlus 2 cukup menyita perhatian. Pasalnya, smartphone yang disebut sebagai penantang ponsel premium saat ini hadir dengan berbagai perubahan yang cukup mengesankan, dibanding seri lama OnePlus One. Agar kamu tahu lebih jelas lagi perbedaan One Plus One dengan dengan generasi barunya, berikut kami hadirkan perbandingan keduanya.

Spesifikasi OnePlus One dan OnePlus 2

OnePlus One Spesifikasi OnePlus Two
5,5inch Layar 5,5inch
Android (4.4.4) CyanogenMod 11S UI OS Android (5.1) OxygenOS UI
Qualcomm Snapdragon 801 8974-AC Chipset Qualcomm Snapdragon 810 MSM8994
Quad core, 2500 MHz, Krait 400 CPU 8-core, 1800 MHz, ARM Cortex-A57
Adreno 330 GPU Adreno 430
64GB/3GB Internal/RAM 64GB/4GB
13MP & 5MP Kamera 13MP & 5MP
Li-Polymer 3100mAh Baterai Li-Polymer 3300mAh

Desain

Seperti dirilis phonearena.com, kedua ponsel ini hadir dengan desain yang tak berbeda jauh. OnePlus 2 mungkin tampil lebih mewah dan kuat berkat penambahan rangka metal. Tak hanya itu, ponsel terbaru OnePlus juga hadir dengan tombol home sebagai pemindai sidik jari. Mungkin itulah yang menjadi perbedaan kedua ponsel Android ini.

Namun, secara ukuran OnePlus 2 dan OnePlus one tak berbeda jauh. OnePlus 2 hanya tampil sedikit lebih tipis dan berat.

Baca juga: Aplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Layar

Meski mengusung perubahan impressive, ternyata pada sisi layar OnePlus masih mengandalkan layar yang sama. OnePlus 2 atau OnePlus One ternyata masih menggunakan layar berukuran 5,5 inci dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 pixels. Diluar dugaan, ponsel terbaru OnePlus tidak menggunakan layar QuadHD. OnePlus beralasan layar ini sudah cukup memadai untuk penggunaan harian dan tentu saja lebih hemat baterai.

Mesin

Pada sisi mesin, perubahan atau perbedaan kedua ponsel ini baru terlihat. Dalam varian baru, OnePlus sudah menggunakan chipset Snapdragon 801 dengan sokongan RAM 4 GB. Sementara dalam varian lama, ponsel ini hanya mengusung chipset Snapdragon 801 dengan RAM 2 GB. Tak hanya itu, dalam OnePlus 2, sudah terpasang prosesor berteknologi 64-bit, sementara pada OnePlus One masih mengusung prosesor 32-bit. Maka tak heran, performa OnePlus 2 lebih unggul.

Kamera

Kedua ponsel OnePlus menggunakan sensor kamera Sony IMX214 13 MP untuk kamera utama. Bedanya, pada varian baru, OnePlus menambahkan OIS dan Laser autofocus. Fitur ini membuat kamera pada OnePlus2 lebih unggul dibanding seri OnePlus One.

Sensor Sidik Jari

Satu lagi keunggulan OnePlus 2 ialah hadirnya fitur sensor sidik jari atau fingerprint sensor. Fitur ini membuat ponsel lebih aman.

Kesimpulan

Meski digadang-gadang mengalami perombakan yang besar, ternyata OnePlus 2 masih memiliki banyak kesamaan dengan varian lama OnePlus One. Namun, secara garis besar OnePlus 2 memang berbeda khususnya bagian mesin dan kamera. Walaupun demikian, OnePlus One tetap hadir sebagai ponsel pilihan yang menarik di pasar kelas menengah.

 

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophobia!

Artikel Lainnya

Komentar