Duel Phablet Terbaik, Samsung Note 4 vs Xiaomi Note Pro

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 28 Jul 2015 | 15:25

Seperti yang diketahui, Samsung dalam waktu dekat ini akan merilis sebuah phablet baru untuk menggantikan Samsung Galaxy Note 4. Padahal Seri Note 4 ini hadir dengan spesifikasi yang sangat baik bahkan dibekali berbagai inovasi menarik.

Walau demikian, ternyata Samsung mendapat hadangan dengan hadirnya phablet lain yakni Xiaomi Mi Note Pro buatan Xiaomi. Phablet ini juga hadir dengan layar yang berkualitas hingga memori internal yang besar. Lalu, bagaimana bila kedua phablet terbaik dibandingkan, Berikut ulasannya!

Desain

Baik Samsung Note 4 maupun  Xiaomi Note Pro keduanya masuk dalam perangkat dengan desain premium. Samsung Note 4 hadir dengan desain khas yang minimalis mengandalkan bentuk bodi mengkotak dan sudut membulat. Sayangnya, ponsel ini masih mengandalkan bodi plastik dan frame metal, berbeda dengan seri Galaxy S6 yang menggunakan bodi metal. Sementara itu, Xiaomi Note Pro juga hadir dengan desain minimalis. Menariknya, ponsel Xiaomi Note Pro mengusung desain ramping yang kabarnya terinspirasi desain iPhone 6 plus.

Baca juga: Samsung Siapkan Update Android v5.1.1 Lollipop Galaxy S6 dan S6 Edge

Untuk dimensi, tampaknya Xiaomi Note Pro lebih unggul diketipisan bodi dengan tebal hanya 7 mm, sedangkan Samsung hanya setebal 8,5 mm. Walaupun demikian, Samsung juga unggul dengan adanya S-pen Stylus untuk memaksimalkan penggunaan Note 4.

Layar

Seperti yang tertera di phonearena.com, Samsung menggunakan layar berukuran 5,7 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi QHD 1440 x 2560 pixels. Samsung juga membekali layar ini dengan fitur anti gores Corning Gorilla Glass 4.

Tak berbeda jauh, Xiaomi Note Pro juga memiliki ukuran dan resolusi yang serupa, hanya saja untuk layarnya menggunakan teknologi IPS bukan Super AMOLED seperti punya Samsung.

Software dan hardware

Dalam tubuh Xiaomi Note Pro sudah terinstal sistem operasi Android terbaru,Android Lollipop, sedangkan Samsung Note 4 menggunakan sistem operasi yang lebih rendah yakni Android Kitkat.

Baca juga: Kencan Singkat Bersama ‘Si Cantik” Samsung Galaxy S6

Sementara untuk penggunan perakat keras, Galaxy Note 4 menggunakan chipset Exynos 5433 dengan prosesor Octa core, lalu mesin pengolah grafis Mali T760. Sedangkan Xiaomi Mi Note pro dibekali chipset Snapdragon 810, Octa core dan mesin grafis Adreno 430. Kapasitas RAM berada satu tingkat di atas RAM Galaxy Note 4, yakni 4GB.

Kamera

Di sektor ini, di atas kertas tampaknya Galaxy Note 4 agak lebih baik dibandingkan dengan apa yang dimiliki oleh Xiaomi Note Pro. Pasalnya untuk kamera belakang Galaxy Note 4 Pro sudah beresolusi 16MP dengan optical image stabilization dan LED flash. Sedangkan untuk kamera depannya hanya 3,7MP untuk memenuhi kebutuhan selfie penggunanya.

Sementara itu, Xiaomi Note Pro menantangnya dengan kamera utama 13MP dan untuk kebutuhan selfie menggunakan resolusi 4MP.  

Memori Internal dan baterai

Kelegaan ruang memori internal diungguli oleh phablet milik Xiaomi. Pasalnya Xiaomi Note Pro dibekali dengan memori internal 64GB, sedankan Galaxy Note 4 tepat berada di bawahnya yakni 32GB.

Sementara itu, untuk urusan daya tahan baterai masing-masing menggunakan kapasitas 3220 mAh untuk Galaxy Note 4 sedangkan untuk Xiaomi Note Pro 3000 mAh.

Kesimpulan

Dilepas dengan harga 7 jutaan rupiah, Samsung Galaxy Note 4 hadir dengan berbagai kelebihan termasuk Layar yang baik serta kamera beresolusi besar. Sedangkan Xiaomi Note Pro yang dilepas dikisaran harga 6,5 juta juga hadir dengan berbagai kelebihan seperti desain ramping dan memori internal yang lebih besar.

  

Baca juga artikel

Lupa Password Lock screen Galaxy S6? Ini Cara Atasinya

Samsung Galaxy S6 Mini Akan Bermesin Snapdragon 808?

Arti Warna Baru di Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge

Artikel Lainnya

Komentar