Kamera Buat Lebaran, Pilih Canon S120 atau Fujifilm XQ1?

Oleh Aris Wibowo on Selasa, 05 Jan 2016 | 17:12

Kamera digital pocket dengan fitur mumpuni memang sudah banyak ditemukan di pasar gadget. Namun, kebanyakan kamera saku tersebut hanya hadir dengan desain yang kompak tanpa dibekali lensa dan sensor yang berkualitas. Untungnya, beberapa produsen menyadari hal tersebut dan merilis kamera kompak dengan fitur premium. 

Sebut saja Canon PowerShot S120 yang hadir dengan desain kompak serta lensa yang apik agar hasil bidikan lebih tajam dan cerah. Kamera ini juga hadir dengan fitur zooming terbaik untuk menangkap objek jarak jauh.

Dipilihan berikutnya, ada FujiFilm FinePix XQ1 yang dibekali sensor besar sehingga bisa menangkap gambar dengan lebih detail dan cepat. Lalu, manakah diantara kedua kamera saku kelas atas ini yang cocok untuk Anda?

Perbandingan Desain Canon S120 dan Fujifilm XQ1

Seperti yang sudah diulas di atas, kedua kamera ini masuk dalam katergori kamera pocket. Canon S120 hadir dengan tampilan retro modern yang kokoh. Kamera ini juga mudah dibawa dan disimpan dengan dimensi 100 x 59 x 29mm dengan berat hanya 217 gram saja.

Sementara itu, Fujifilm XQ1 juga tak berbeda jauh. Kamera ini hadir dengan tampilan retro stylish yang nyaman digenggam. Kamera ini cukup praktis dibawa bepergian dengan ukuran 100 x 58 x 33 mm dengan berat 206 gram.

Baca jugaPilih Mana Kamera Pocket Rp 1 jutaan, Nikon Coolpix S3700

Perbandingan Layar Canon S120 dan Fujifilm XQ1

Dibagian belakang, kedua kamera sama-sama mengusung LCD berukuran 3 inci. Bedanya, Canon menawarkan fitur touch screen sehingga memudahkan pengoperasian.

Perbandingan Hardware Canon S120 dan Fujifilm XQ1

Meski mengusung bentuk yang mungil nan kompak, kamera – kamera ini hadir dengan mesin yang tangguh. Canon menggunakan sensor BSI CMOS (7,4 x 5.5 mm) dengan resolusi 12 MP. Mesin ini membuat kamera sanggup menangkap gambar dengan lebih jelas dan bagus.   Kamera ini juga sudah dibekali ISO 12800 sehingga cocok untuk memotret di kondisi gelap.

Sedangkan dalam Fujifilm XQ1 terpasang sensor 2/3 inci X-Trans CMOS II yang memiliki resolusi 12 MP. Sensor yang diusung cukup besar sehingga mampu menangkap gambar lebih detail dan berkualitas. kamera ini hanya dibelai ISO 3200 saja.

Baca juga5 Kamera Pocket Beresolusi 16-20 MP Harga di Bawah Rp 1 Juta

Perbandingan Lensa Canon S120 dan Fujifilm XQ1

Canon menggunakan lensa berukuran 24-120 mm dengan kemampuan 5x  optical zoom. Sedangkan, Fujifilm menggunakan lensa fujinon 25-100 mm dengan kemampuan hanya 4x optical zoom.

Kesimpulan

Canon PowerShot S120 yang dijual di kisaran 3,9 jutaan unggul dari sisi zooming dan layar sentuhnya. Sementara itu, Fujifilm Finepix XQ1 yang dijual dikisaran 5,4 jutaan, hadir dengan sensor yang lebih besar serta banyak fitur untuk mempercantik hasil bidikan.

Jadi, bila kamu mencari kamera pocket premium untuk teman perjalanan yang lengkap Fujifilm XQ1 lebih unggul dengan banyaknya fitur yang dihadirkan, desain yang kompak serta daya tahan baterai yang baik.

 

Baca juga artikel

Canon Mirrorless EOS M3 Dipersenjatai Prosesor DIGIC 6

5 Kamera Canon di Bawah 5 Juta yang Layak Dipilih

Daftar Kamera Pocket Murah Harga di Bawah Rp 2 Juta

Artikel Lainnya

Komentar