Membandingkan Fungsi Kinerja Windows 10 dengan Windows 8

Oleh Aris Wibowo on Kamis, 09 Jul 2015 | 15:42

Kehadiran sistem windows 10 semakin dekat. Beberapa pengguna di seluruh dunia bahkan sudah bisa merasakan versi Beta sistem terbaru Microsoft ini. Banyak yang menyebutkan bahwa sistem operasi ini menghadirkan kombinasi dari layar sentuh dan tampilan desktop. Microsoft juga menyematkan beberapa fitur baru dan tentu saja performa yang lebih cepat dibanding sebelumnya.

Namun, bukankah dalam sistem operasi Windows 8, Microsoft juga menawarkan kombinasi layar sentuh dan tampilan desktop? Jadi masih perlukah kamu upgrade sistem ke windows 10. Bila masih penasaran, berikut perbanding kedua sistem buatan Microsoft ini.

Start Screen dan Start Menu

Seperti yang sudah banyak dikabarkan sebelumnya, Windows 10 menghadirkan kembali start menu seperti Windows 7. Sementara itu, tampilan Start screen pada Windows 8 dirasa kurang nyaman kala digunakan menggunakan perangkat mouse dan keyboard.

 Baca juga: Daftar Aplikasi Alarm di Android untuk membangunkan Sahur

Tablet mode

Kedua sistem operasi ini juga hadir untuk perangkat mobile. Bedanya, Windows 10 menghadirkan mode tablet tidak hanya di perangkat mobile, namun juga di perangkat laptop hingga komputer desktop biasa. Ini tentu memberikan pengalaman yang berbeda dan menarik. Jadi pengguna bisa menggunakan mode tablet ini untuk memaksimalkan layar sentuh. Namun, bila kamu sedang bekerja dan membutuhkan mouse dan keyboard, kamu bisa beralih ke mode desktop dengan mudah. Sedangkan di Windows 8, tampilan versi desktop dan mobile tak jauh berbeda.

Notifikasi

Windows 10 sudah dibekali area notifikasi khusus. Hal ini memudahkan pengguna untuk memantau email baru, update aplikasi dan keamanan. Notifikasinya dibuat mirip dengan notifikasi smartphone pada umumnya. Pengguna bisa mengswipe layar dari kanan ke kiri untuk menampilkan notifikasi secara lengkap.

Hal ini berbeda dengan windows 8 yang hanya menghadirkan notifikasi sederhana.

Cortana

Cortana merupakan asisten digital buatan Microsoft yang sudah hadir di sistem Windows phone 8.1. Namun, dalam kenyataannya Cortana di Windows phone 8.1 hanya bisa digunakan secara sederhana. Berbeda di  Windows 10, aplikasi ini dibuat lebih baik dan terintegrasi sehingga membantu pengguna dalam berinteraksi dan bekerja di perangkat komputer.

 Baca juga: Aplikasi Alarm Terbaik di iPhone dan iPad untuk Bangunkan Sahur

Fitur Gaming

Banyak pengguna Windows 8 yang mengeluhkan bahwa sistem ini tidak nyaman kala digunakan bermain game. Alhasil, beberapa windows 8 justru kembali ke Windows 7 agar bisa bermain game.

Untungnya, dalam Windows 10, Microsoft memperharui hal tersebut. Bahkan dalam OS ini sudah terpasang Xbox App, DirectX 12 dan fitur gaming lain.

Kesimpulan

Walaupun mengungguli Windows 8 di berbagai sisi, ternyata Windows 10 belumlah sempurna. Performa dan booting sistem operasi ini dirasa tak berbeda jauh dengan sistem sebelumnya. Namun, jika versi resmi sudah dirilis tampaknya windows 10 layak digunakan.

 

Baca juga artikel

3 Aplikasi Ramadan untuk Perangkat iPhone dan iPad

Tiap Minggu Google Play Store Gratiskan Aplikasi Berbayar

Beli Aplikasi di Google Play Sekarang Bisa Pakai Pulsa XL

Artikel Lainnya

Komentar