Pilih mana Tablet 8 Inci, Nokia N1 atau Xiaomi Mi Pad?

Oleh Aris Wibowo on Senin, 29 Jun 2015 | 11:40

Tablet layar lebar masih menjadi buruan beberapa konsumen di Indonesia. Salah satu ukuran layar tablet yang dianggap mumpuni untuk aktivitas harian ialah 8 inci. Ukuran layar ini dianggap tak terlalu besar dan tak terlalu kecil sehingga pas untuk browsing atau sekadar mengedit dokomen. Sayangnya, hanya beberapa vendor saja yang memiliki tablet 8 inci dengan spesifikasi mumpuni, sebut saja Xiaomi, LG dan Nokia.

Xiaomi sendiri memiliki varian Xiaomi Mi Pad yang diperkenalkan pada Juni tahun lalu. Tablet ini hadir dengan desain menarik serta spesifikasi mumpuni termasuk mesin powerfull dan kapasitas penyimpanan yang besar.

Sementara itu, Vendor Nokia yang lama menghilang juga menghadirkan tablet pertamanya, Nokia N1. Dalam tablet Android terbaru ini, Nokia menjanjikan desain tipis nan kokoh. Vendor ini juga menawarkan mesin dari Intel yang cocok untuk multitasking.

Lalu, seperti apa perbandingan kedua tablet Android 8 inci ini secara lengkap?

Tabel perbandingan spesifikasi Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Nokia N1 Spesifikasi Xiaomi Mi Pad
Android 5.0 Lollipop OS Android 4.4 KitKat
n/a Jaringan n/a
7.9 inch Layar 7.9 inch
Intel Atom Z3580 Chipset Nvidia Tegra K1
Quad-core 2.3 GHz/PowerVR G6430 CPU/GPU Quad-core 2.2 GHz Cortex-A15/ULP GeForce Kepler
32GB/2GB Internal/RAM 16/32GB/2GB
8MP & 5MP Kamera 8MP & 5MP
Non-removable Li-Ion 5300 mAh Baterai Li-Po 6700 mAh

Perbandingan Desain Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Kedua tablet ini hadir dengan desain yang tak jauh berbeda yakni elegan dan minimalis. Xiaomi Mi Pad dan Nokia N1 sama-sama menggunakan desain bodi mengkotak dengan sudut membulat. Perbedaan justru tampak pada dimensi perangkat, meski keduanya menggunakan layar yang sama.

Baca juga: Duel Tablet Layar Lebar Samsung Galaxy Tab 4 Versus Sony Xperia Z2

Nokia N1 tampil lebih ramping dengan ketebalan 6,9mm, sedangkan Xiaomi Mi Pad hanya 8,5 mm. karena lebih ramping, tablet Nokia lebih ringan dibandingkan tablet Xioami.

Perbandingan layar Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad  menggunakan layar berukuran sama yakni 7,9 inci. Layar tersebut sudah menggunakan resolusi layar 2K 1536 x 2048 piksel sehingga tampilan yang dihasilkan cukup detail. Kedua tablet, baik Nokia Ni atau Xiaomi Mi Pad juga sudah menggunakan fitur anti gores Corning Gorilla Glass 3.

Perbandingan hardware Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Sektor ini cukup manarik. Pasalnya kedua tablet Android ini mengusung mesin yang cukup powerfull. Xiaomi membenamkan prosesor Quad core NVIDIA Tegra K1 berkecepatan 2,2 GHz dengan RAM 2GB dan GPU Ge Force Kepler dalam tubuh Xiaomi Mi Pad. Mesin ini menawarkan performa gaming yang cukup cepat. Sedangkan Nokia N1 dipasangkan prosesor Quad core Intel Atom Z3580 dengan kecepatan 2,3 GHz. Prosesor ini akan disokong RAM 2GB dan GPU powerVR G6430.

Baca juga: LG G Pad F 8.0 Tablet Murah Terbaru LG

Perbandingan sistem operasi Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Xiaomi Mi Pad masih menggunakan OS Android 4.4 Kitkat dengan UI MI 6. Sedangkan, Nokia N1 sudah menggunakan OS Android Lollipop 5.0. Dalam hal ini tablet buatan Nokia menawarkan sistem operasi yang lebih update.

Perbandingan kamera Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Disektor kamera, Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad sama-sama menggunakan kamera dengan resolusi 8MP untuk kamera belakang dan untuk kebutuhan foto selfie dan videocall keduanya dibekali resolusi 5MP.

Perbandingan memori Nokia N1 dan Xiaomi Mi Pad

Xiaomi menawarakan dua pilihan varian yakni 16 dan 32 GB dengan sokongan slot micro sd. Sayangnya untuk Nokia, hanya dibekali memori internal 32 GB saja.

Kesimpulan

Xiaomi Mi Pad dan Nokia N1 memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dilepas dikisaran Harga 3 jutaan, Xiaomi tampak lebih unggul dari sisi memori penyimpanan dan baterai yang berkapasitas besar. Selebihnya, Nokia menghadirkan tablet yang cukup lengkap dengan mesin mumpuni. Tinggal pilihannya disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

 

Baca juga artikel

HP merilis Tablet Bisnis Terbaru, HP Pro Tablet 608

Sony Luncurkan Tiga Smartphone dan 1 Tablet untuk Pasar Indonesia

Untuk Hiburan Waktu Mudik, Pilih Tablet Atau Phablet?

Artikel Lainnya

Komentar