Duel Tablet Layar Lebar Samsung Galaxy Tab 4 Versus Sony Xperia Z2

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 17 Jun 2015 | 11:23

 

Kehadiran tablet layar lebar memang cukup membantu. Desainnya yang lebih ringkas dibanding notebook dianggap menjadi perangkat mobile yang cocok untuk mobilitas tinggi. Apalagi. Beberapa tablet saat ini sudah dibekali berbagai teknologi menarik termasuk mesin yang handal sehingga bisa digunakan untuk bekerja atau bermain game dengan lebih leluasa tanpa lag.

Bila Anda mencari tablet layar lebar dengan spesifikasi mumpuni, berikut kami sajikan perbandingan dua tablet layar lebar 10 inci, Samsung Galaxy Tab 4 dan Sony Xperia Z2.

Spesifikasi tablet Samsung Galaxy Tab 4 dan Sony Xperia Z2

Samsung Galaxy Tab 4 Spesifikasi Sony Xperia Z2
LTE Jaringan LTE
Android (4.4.2) KitKat OS Android (4.4.4) KitKat
10.1 inches Layar 10.1 inches
Qualcomm Snapdragon Chipset Qualcomm Snapdragon
Quad core, 1200 MHz, ARM Cortex-A7/Adreno 305 CPU/GPU Quad core, 2300 MHz, Krait 400/Adreno 330
16GB/1.5GB Internal/RAM 16GB/3GB
3MP & 1.3MP Kamera 8.1MP & 2.2MP
6800mAh Baterai 6000mAh

Desain

Kedua tablet mengusung dimensi yang sama besar. Namun, untuk ketebalan dan berat, Tablet milik Sony lebih tipis dengan tebal hanya 6,4 mm dan berat 439 gram, berbeda dengan tablet milik Samsung yang tebalnya mencapai 7,9 mm dan berat 487 gram.

Untuk urusan bodi, Samsung Galaxy Tab 4 tampil dengan desain khas bodi kotak dengan sudut membulat. Desain ini terbilang membosankan bila dibandingkan desain Sony Xperia Z2 tablet yang tampil lebih modern berbodi mengkotak dengan sudut tegas khas Xperia.

Baca juga10 Game Android Gratis Terbaik yang Layak Anda Install

Layar

Samsung hadir menggunakan layar berukuran 10,1 inci dengan resolusi 1280 x 800 piksel. Layar ini cukup baik meski masih menggunakan teknologi TFT. Jauh berbeda dengan Sony yang ternyata sama menggunakan layar sentuh berukuran 10,1 inci dengan resolusi FULL HD 1200 x 1920 piksel. Bedanya layar ini menggunakan teknologi TFT serta Triliminos display, X-reality engine sehingga tampilan layar lebih nampak detail dan jernih dibanding tablet Android lainnya.

Mesin

Untuk dapur pacu, tablet Android Samsung hadir dengan prosesor Quad core berkecepatan 1,2 GHz disokong RAM 1,5GB dan GPU Adreno 305. Sementara itu, tablet Android Sony sudah dibekali prosesor Quad core dengan kecepatan 2,3 GHz dengan RAM 3GB dan GPU Adreno 330. Menariknya, kedua tablet menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon dengan seri berbeda.

Baca juga Asus Zenfone Anda Rusak? Kenali Garansi dan Tempat Perbaikinya.

Sistem operasi dan Memori

Kedua tablet 10 inci ini sudah menggunakan sistem operasi Android 4.4 Kitkat yang dapat diupdate ke OS Android 5.0. Untuk penyimpanan data, kedua tablet Quad core ini mengusung spesifikasi yang tak jauh berbeda yakni sama-sama menghadirkan memori internal 16 GB dan slot micro sd 64 GB.

Kamera

Tablet milik Sony kembali unggul dibanding tablet milik Samsung dalam urusan kamera. Sony menggunakan kamera utama 8 MP dan kamera depan 2 MP, sedangkan Samsung hanya menggunakan kamera depan 1,3MP dan kamera utama 3MP. Kamera Sony juga dibekali sensor yang lebih baik dibanding kamera Samsung.

Konektivitas dan harga

Kedua tablet hadir dengan versi WiFi dan 4G LTE, sehingga memudahkan pengguna ketika hendak berkomunikasi.Untuk urusan harga, Samsung tampaknya lebih ramah dikantong dengan harga 5,6 juta rupiah, sedangkan sony dikisaran harga 7,7 juta rupiah.

Kesimpulan

Tablet Sony Xperia Z2 tampaknya layak dipilih sebagai tablet harian maupun kantoran. Spesifikasinya yang lebih lengkap dibanding tablet Samsung Galaxy Tab 4 menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi, tablet Sony ini sudah dibekali anti debu dan anti air cocok untuk pengguna yang sering bepergian. Namun, bila Anda mencari tablet untuk harian yang mudah dioperasikan serta harga lebih terjangkau, Samsung Galaxy Tab 4 layak dipilih.

 

Baca juga artikel

Sambut Ramadhan, Xiaomi Tawarkan Redmi 2 dengan Harga Lebih Terjangkau

Vivo X5 Pro, Octa Core Seharga Rp 5 Juta Tapi RAM Cuma 2GB

Cara Mengoneksikan Perangkat Android ke TV

Artikel Lainnya

Komentar