Pilih mana, Alcatel One Touch Flash Atau Asus ZenFone 5

Oleh Aris Wibowo on Rabu, 03 Jun 2015 | 18:27

Tak hanya produsen asal Tiongkok saja yang memiliki produk berkualitas dengan harga terjangkau. Produsen asal Perancis bernama Alcatel juga memiliki beberapa line up smartphone yang memiliki kualitas premium dan dijual dengan harga terjangkau. Sebut saja Alcatel One Touch Flash yang hadir dengan kamera 13MP yang mumpuni.

Namun, dikelas harga yang sama terdapat Asus ZenFone 5 yang juga memiliki spesifikasi yang sepadan dengan mesin khas intel yang melekat di dalamnya.

Ponsel dari Asus ini bahkan dibekali RAM yang cukup besar untuk memberikan performa maksimal. Lantas manakah yang layak dibeli sebagai gadget harian Anda? Berikut perbandingannya:

Spesikasi Alcatel One Touch Flash dan Asus ZenFone 5

Alcatel One Touch Flash Spesifikasi Asus ZenFone 5
GSM/HSPA Jaringan GSM/HSPA
Capacitive touchscreen 5.5inch Layar Capacitive touchscreen 5.0inch
Android 4.4 KitKat OS Android 4.4 KitKat
MediaTek MT6592 Chipset Intel Atom Z2580
Octa Core ARM Cortex-A7/Mali-450M  CPU/GPU Dual-core 2 GHz/PowerVR SGX544MP2
1GB Memori  2GB
13MP & 5MP Kamera 8MP & 2MP
3200mAh Baterai 2110mAh
Rp. 1.800.000 Harga Rp. 1.470.000

 

Desain

Kedua vendor mengusung desain candy bar yang cukup menarik. Alcatel Touch Flash tampil lebih minimalis dengan material bodi plastik yang solid. Sementara itu, Asus hadir dengan desain yang elegan dan kokoh dengan material yang solid.

Baca jugaFitur Terbaru pada Android M yang Baru Saja Dirilis

Untuk dimensi, ternyata Alcatel One Touch Flash tampil lebih tipis dengan tebal 8,1 mm, sedangkan Asus ZenFone 5 10,3 mm. Walaupun demikian, keduanya tetap nyaman kala digenggam tangan.

Layar

Touch Flash  datang dengan ukuran layar yang lebih besar yakni 5,5 inci, sementara Asus hanya mengandalkan layar sentuh berukuran 5 inci. Kedua layar juga sudah menggunakan teknologi yang sama yakni IPS dan resolusi HD 1280 x 720 piksel. Namun, untuk urusan pelindungan, layar Asus lebih unggul dengan tambahan fitur corning Gorilla Glass 3, sementara Alcatel hanya fitur anti gores biasa.

Software dan hardware

Untuk sistem operasi, ponsel Touch Flash  lebih unggul karena sudah menggunakan OS Android 4.4 Kitkat. Sedangkan Asus ZenFone 5 masih mengandalkan OS Android 4.3 Jelly bean yang bisa diupgrade ke Android 4.4 KitKat.

Pada bagian mesin, Alcatel One Touch Flash hadir dengan prosesor Octa core MediaTek dengan kecepatan 1,4 GHz. Mesin ini sudah disokong RAM 1GB. Untuk Asus ZenFone 5, vendor memasang prosesor Dual core intel Atom dengan kecepatan 1,2 GHz. Mesin ini sudah disokong RAM 2GB.

Media penyimpanan

Tidak jauh berbeda, Alcatel One Touch Flash Atau Asus ZenFone 5 dengan harga di bawah Rp 2 juta ini hadir dengan memori internal 8GB. Asus menyediakan slot microSD 64GB dan Alcatel One Touch Flash memiliki kapasitas micro SD 32GB.

Konektivitas

Smartphone Asus ZenFone 5 ini hadir dengan fitur dual SIM card. Sedangkan Alcatel hanya single SIM card sehingga tidak membagi kinerja SIM card, mana yang buat data dan komunikasi.

Baca jugaAplikasi Password Manager Berbasis Sidik Jari Ada di Peluncuran Preview Android M

Kamera

Dari sisi kamera, Alcatel One Touch Flash tampak lebih unggul dengan kamera utama 13MP dan kamera depan 5MP. Sedangkan Asus ZenFone 5  hanya dibekali kamera belakang 8MP dan kamera depan 2MP.

Harga

Untuk harga, kedua ponsel tidak berbeda jauh, dari data yang Pricebook miliki, saat ini Alcatel One  yakni berkisar 1,8 juta, sedangkan Asus ZenFone 5 dengan RAM 2GB dengan internal 8G harganya Rp 1,7 juta. Jika ada dana lebih bisa pilih yang internalnya lebih besar.

Baca juga artikel

5 Tips Sederhana Agar Tidak Ketergantungan Handphone

Rumor: Asus Garap Zenfone 3 dengan Spesifikasi di Bawah Zenfone 2

Ukur Tingkat Ketergantungan Pada Handphone Lewat Tes Ini. Waspadai Sindrom Nomophob

Artikel Lainnya

Komentar